Jalan Trans Papua Sebagai Titik Cerah Bagi Masyarakat Papua, Bagaimana Wujudnya?

17 April 2017
|Atik Kencana S.
898SHARES

Pembangunan di Indonesia memang sedang gencar-gencarnya. Tak hanya di Indonesia bagian Barat namun juga di bagian Timur. Hal itu memang dilakukan oleh pemerintah pusat untuk menratakan pembangunan, bahkan di wilayah yang jauh sekalipun dari ibukota.

Seperti yang dilakukan dalam membangun daerah Papua. Pemerintah memang sedang getol membangun jalanan yang totalnya mencapai 3.259,45 km ini. Jalanan yang terbagi atas dua segmen ini menghubungkan Sorong, Kambuaya dan Manokwari dengan panjang 534,91 km serta menghubungkan Manokwari, Wasior dan Batas Provinsi Papua yang memiliki panjang 475,81 km.

Target penyelesaian jalan Trans Papua ini memang akan dirampungkan hingga tahun 2019. Tentunya kendala yang ditemukan di lapangan juga banyak. Salah satunya adalah keterbatasan informasi untuk membuka lahan baru. Selain itu, tidak jarang pengerjaan proyek akbar ini memang banyak mendapatkan gangguan keamanan dari oknum warga setempat hingga terjadi aksi penculikan dan penyanderaan. Gak heran kalau proyek ini melibatkan pengamanan dari TNI agar hal tersebut tidak trulang lagi. 

Yukepo kali ini mau ajak kamu jalan-jalan melihat perkembangan Jalan Trans Papua yang digadang-gadangkan dapat menjadi salah satu jalan terindah karena kondisi alamnya yang masih asri. Penasaran? Yuk langsung kepoin aja!

1. Pemandangannya yang indah memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri di sini

2. Jalan Trans Papua dari kejauhan, seperti berjalan di atas hutan kelihatannya

4. Posko-posko pembangunan jalan ini memang terlihat seadanya, harus punya mental baja kalau mau jadi pembuatnya

5. Tentu aja adik-adik ini nantinya gak akan kesulitan lagi untuk sekolah dan lain-lainnya

6. Kebayang gak sih kalau jalanan ini mesti menembus gunung dan bukit? Ngeri ya

7. Kelihatannya seperti jalur motor cross, tapi ini juga salah satu wujud jalan trans papua yang belum rampung

Dengan adanya jalan Trans Papua yag menghubungkan daerah-daerah di Papua, semoga bisa membantu para masyarakat Papua dalam soal ekonomi. Selain itu, jalan Trans Papua ini bisa membantu distribusi bahan-bahan pokok dan infrastruktur sehingga masyarakat Papua bisa hidup lebih baik lagi. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
898SHARES