Jakarta Dulu Tak Begini. Inilah 18 Foto Transformasi Jakarta yang Mengejoedkan. Beda Banget!

08 Februari 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
64SHARES

Jakarta sebagai Ibu Kota Republik Indonesia menjadi kota paling padat seantero Nusantara. Seluruh kegiatan perekonomian terpusat di kota yang satu ini. Masyarakat pedesaan pun banyak yang pergi mengadu nasib di sini. Jakarta tak ubah layaknya sebuah arena pertarungan antargladiator. Siapa yang tidak kuat, dia yang akan tersingkirkan. Mengerikan, ya?

Namun, jauh sebelum Jakarta tampak semegah ini, banyak sekali sejarah tercatat di bumi Betawi. Mulai dari zaman perjuangan melawan Belanda hingga ketika rezim Soeharto berkuasa. Para pahlawan banyak yang terkubur dalam kenangan. Namun, Jakarta tak sekejam itu terhadap para pencipta kemerdekaan di bumi Pertiwi. Mereka pun ditempatkan di sebuah tempat peristirahatan terakhir yang dikenal dengan sebutan Taman Makam Pahlawan, meski memang lokasinya gak cuma di Jakarta. Tanggal 10 November pun diperingati sebagai Hari Pahlawan. Selain itu, berbagai monumen pun dibangun agar sejarah perjuangan mereka tetap tercatat dan dapat disaksikan oleh anak cucu kita.  

Meski demikian, Jakarta yang dulu tidak seperti sekarang ini. Dulu Jakarta adalah kota yang tenang. Kendaraan pun masih sedikit yang berlalu lalang. Wajar sih, karena peradaban memang tak semaju sekarang. Bagi kamu yang penasaran tentang rupa Jakarta sebelum kamu dilahirkan, YuKepo udah punya beberapa potret transformasi Jakarta yang diambil dari berbagai sumber. Yuk, kepo!

1. Patung Pancoran

2. Bioskop Metropole

3. Nah, ini suasana para pengunjung bioskopnya

5. Jembatan Semanggi

6. Kunstkring Paleis

9. Ruas jalan biasa
10. Karet Tengsin

11. Gedung Pancasila, Pejambon

12. Perpustakaan Nasional

13. Foto tahunan anak SMA

14. Stasiun Tanjung Priok
15. Ini bentuk dari Pelabuhan Tanjung Prioknya

17. Pemandangan dari atas Monas, gedung-gedung bertingkat masih pada sepi, ya

18. Ondel-ondel

Itu dia transformasi Jakarta dulu dan sekarang. Sudah banyak perubahannya, ya! Dari yang sepi jadi rame. Dari yang gedungnya sedikit, jadi banyak banget sekarang. Ya namanya juga ibu kota. Dari sekian banyak perubahan, hanya satu yang tidak berubah dari wajah Jakarta, yakni banjir!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
64SHARES