Jadi Saksi Bisu Sejarah Perjuangan Rakyat, Inilah 10 Benteng di Maluku yang Heroik!

yukepo.com

Seperti yang telah dipelajari dalam sejarah, Kepulauan Maluku, yang kini terdiri dari Provinsi Maluku dan Maluku Utara, adalah salah satu wilayah potensial di Nusantara yang pernah diduduki oleh pemerintah kolonial, terutama Portugis, Spanyol, dan Belanda. Dalam mendukung segala kepentingan kekuasaannya saat itu, mereka pun membangun benteng di Maluku yang salah satu tujuan utamanya adalah sebagai basis pertahanan. Karena itu, hampir di semua wilayah di Kepulauan Maluku pun berdiri benteng-benteng buatan mereka. Sungguh banyak benteng di Maluku, peninggalan kolonial yang hingga kini masih dapat kita saksikan. Berikut YuKepo bahas sepuluh di antaranya. Yuk, kepo!

1. Benteng Amsterdam

www.lihat.co.id

Bangunan utama dari benteng yang terletak di perbatasan antara Negeri Hila dan Negeri Kaitetu, Leihitu, Maluku Tengah, ini dibangun oleh Portugis pada tahun 1512. Setelah Belanda menguasai Ambon, benteng di Maluku tengah ini diambil alih dan dibangun lagi pada tahun 1637. Setelah sekian lama, benteng yang berada di samping pantai ini kemudian dipugar oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1944 dan menjadi salah satu situs penting di Maluku.

2. Benteng Kastela

www.lihat.co.id

Benteng Kastela adalah reruntuhan benteng yang berada di Kota Ternate, Maluku Utara. Benteng pertahanan ini dulu dibangun pada tahun 1522 oleh Portugis. Benteng di Maluku Utara yang lebih dikenal oleh masyarakat setempat sebagai Benteng Kastela ini memiliki beberapa nama, yaitu São João Batista (dalam Bahasa Portugis), Ciudad del Rosario (dalam bahasa Spanyol), dan Gammalamma (dalam bahasa Ternate dan Belanda).

3. Benteng Kota Janji

www.lihat.co.id

Benteng di Maluku yang satu ini dibangun oleh Portugis pada tahun 1522 dengan nama Benteng San Jão. Benteng ini terletak di Laguna, Fitu, Ternate Selatan, Maluku Utara. Benteng ini lalu dikenal dengan nama Benteng Kota Janji karena di sini dulu menjadi tempat perjanjian antara Sultan Khaerun (Raja Ternate ke-23) dan Gubernur Portugis, Diego Lopez de Muspito. Akan tetapi, pihak Portugis kemudian berkhianat lalu membunuh Sultan Khaerun di Benteng Kastela.

4. Benteng Nassau
ryanvbontheroad.wordpress.com

Ini adalah benteng Belanda pertama yang dibangun di Pulau Banda Neira, Kepulauan Bangka, Kabupaten Maluku Tengah. Benteng ini didirikan di atas bekas fondasi yang telah dibangun Portugis pada tahun 1529. Waktu itu, Portugis tidak meneruskannya karena keberadaannya ditolak oleh penduduk setempat. Benteng di Maluku Tengah ini digunakan Belanda sebagai tempat untuk mengontrol perdagangan pala, pertahanan, dan sekaligus kantor administrasi.

5. Benteng Kalamata
www.indonesiakaya.com

Benteng yang awalnya bernama Benteng Santa Lucia ini dibangun oleh Portugis pada tahun 1540. Benteng ini kemudian lebih dikenal dengan Benteng Kalamata, yang berasal dari nama Pangeran Kalamata, adik Sultan Ternate, Madarsyah. Benteng Kalamata terletak di Kelurahan Kayu Merah, Ternate Selatan. Benteng yang pernah diduduki Spanyol dan Belanda ini kemudian dipugar pemerintah pada tahun 1994.

6. Benteng Tolukko

www.kamerabudaya.com

Nama lain benteng di Maluku ini adalah Benteng Hollandia. Benteng Tolukko dulu dibangun pada tahun 1540 untuk dijadikan pertahanan bagi Portugis. Sama seperti benteng-benteng lainnya, benteng ini juga kemudian diambil alih oleh Belanda dan direnovasi. Pada tahun 1996—1997, benteng yang berlokasi di Sangadji, Ternate Utara, Kota Ternate, Maluku Utara, ini kemudian dipugar oleh pemerintah.

7. Benteng New Victoria

suaramalukudotcom.wordpress.com

Benteng yang terletak di Kecamatan Sirimau, Ambon, ini menjadi saksi bisu akhir dari perjuangan salah satu pahlawan Indonesia, Kapitan Pattimura. Di benteng inilah Kapitan Pattimura akhirnya dihukum gantung oleh Belanda. Benteng di Maluku yang dibangun pada tahun 1575 oleh Portugis ini adalah benteng tertua di Ambon, yang awalnya bernama Nossa Senhora Annucida sebelum akhirnya direbut oleh Belanda.

8. Benteng Belgica

backpackerjakarta.com

Sama halnya dengan Benteng Nassau, benteng Belgica juga berlokasi di Pulau Banda Neira. Awalnya benteng ini dibangun Portugis dan kemudian dibangun kembali oleh Belanda pada tahun 1611 di bawah komando Pieter Both. Tujuan dibangunnya Benteng Belgica waktu itu adalah untuk menghadapi perlawanan masyarakat Banda yang menentang monopoli perdagangan yang dilakukan oleh VOC.

9. Benteng New Zeelandia
bandanaku.wordpress.com

Benteng yang dibangun pada tahun 1626 dengan nama awal Zeelandia ini terletak di Haruku, Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah. Setelah diperluas dan disempurnakan pada tahun 1655, benteng kemudian dinamai sebagai Benteng New Zeelandia. Akan tetapi, sejak tahun 1862, benteng ini hanya difungsikan sebagai gudang cengkih. Benteng ini dulu juga pernah diserang oleh pasukan Pattimura pada tahun 1817.

10. Benteng Duurstede
kebudayaan.kemdikbud.go.id

Benteng Duurstede dibangun Portugis pada tahun 1676. Benteng yang terletak di Saparua, Maluku Tengah, ini kemudian direbut Belanda dan dijadikan sebagai pertahanan sekaligus pusat pemerintahan VOC di wilayah Saparua. Benteng ini pernah diserbu oleh Kapitan Pattimura dan rakyat Saparua pada tanggal 16 Mei 1817 dan berhasil dikuasai. Akan tetapi, Belanda menyerang balik dan berhasil mengambil alih enam bulan kemudian.   

Dibandingkan dengan wilayah-wilayah lain di Indonesia, jumlah benteng yang berada di Kepulauan Maluku lebih banyak. Selain menjadi saksi bisu peninggalan kolonial, benteng-benteng di Maluku juga menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Maluku dalam melawan penjajahan. Jadi, walaupun sekarang banyak yang sudah tidak utuh dan indah seperti dulu, benteng-benteng di Maluku ini tetap menjadi peninggalan bersejarah yang mesti terus kita rawat keberadaannya.

 

 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Polemik Perda Syariah dan Perda Injil - Keepodotme

Polemik Perda Syariah dan Perda Injil - Keepodotme

Anggun dan Gagah, Begini Penampakan Lokomotif Tertua di Blora. Dibuat Pada Tahun 1928!

Anggun dan Gagah, Begini Penampakan Lokomotif Tertua di Blora. Dibuat Pada Tahun 1928!

CIA : Putra Mahkota Arab Berperan Penting dalam Pembunuhan Khashoggi - Keepodotme

CIA : Putra Mahkota Arab Berperan Penting dalam Pembunuhan Khashoggi - Keepodotme

Menarik Minat Pemuda Menjadi Pengusaha dalam Acara Ide & Entrepreneurs Annual Meeting 2018

Menarik Minat Pemuda Menjadi Pengusaha dalam Acara Ide & Entrepreneurs Annual Meeting 2018

4 Fakta Unik dari Angel Falls, Air Terjun Tertinggi di Dunia - Keepodotme

4 Fakta Unik dari Angel Falls, Air Terjun Tertinggi di Dunia - Keepodotme

Diserang di Udara, Pesawat Ini Mendarat Darurat di Medan, Siapa Sih yang Nyerang?

Diserang di Udara, Pesawat Ini Mendarat Darurat di Medan, Siapa Sih yang Nyerang?

loading