Istana Negara Diramaikan Pejabat Berbusana Adat, Yuk Intip Uniknya Penampilan 7 Pejabat Ini!

21 Agustus 2017
|Romlah Sundari
0SHARES

Perayaan hari kemerdekaan Indonesia kamis lalu terlihat begitu semarak. Mulai dari tradisi tiap desa yang mengadakan berbagai perlombaan khas tujuh belasan hingga upacara resmi kenegaraan yang dilangsungkan di istana negara pada pagi kamis lalu. Upacara bendera dan acara perayaan kemerdekaan Indonesia yang dilangsungkan di Istana Negara merupakan tradisi yang selalu ada dari tahun ke tahun. Namun, ada yang berbeda dari acara perayaan HUT RI di Istana Negara kali ini. Pasalnya, tamu-tamu undangan mengenakan berbagai pakaian adat Nusantara dan bukan mengenakan pakaian formal seperti jas dan batik seperti tahun-tahun sebelumnya.

Istana Negara jadi tampak begitu warna-warni dan semakin meriah dengan kehadiran para pejabat dalam balutan busana adat. Bahkan, Presiden Jokowi menghadiahkan lima sepeda bagi lima tamu undangan yang berpenampilan terbaik. Penasaran seperti apa penampilan unik para pejabat di acara perayaan kemerdekaan di Istana Negara kemarin? Berikut Yukepo telah kumpulkan tujuh Pejabat yang berpenampilan paling unik. Yuk, kepo!

1. Susi Pudjiastuti – Baju Adat Dayak

Menteri Kelautan dan Perikanan kita yang satu ini memang terkenal nyentrik, unik, dan berkepribadian kuat. Karakter ini berhasil ia tunjukkan pada acara perayaan kemerdekaan RI di Istana Negara kemarin dengan mengenakan busana adat Dayak berwarna hitam. Tidak hanya berbusana unik, Susi juga melengkapinya dengan kacamata hitam yang membuat penampilannya jadi semakin menarik. Sayang, meski sudah berpenampilan nyentrik, namun Susi tidak berhasil mendapatkan sepeda dari Presiden Jokowi.

2. Yasonna Laoly – Baju Adat Nias

Jika kamu menemukan seseorang yang mengenakan baju adat berwarna merah dan kuning mentereng dengan hiasan kepala dari logam berwarna kuning di foto-foto perayaan kemerdekaan di Istana Negara kamis kemarin, ketahuilah bahwa itu adalah sosok Menteri Hukum dan HAM Indonesia, Yasonna Laoly. Penampilan menteri yang satu ini sangat susah dilewatkan saking uniknya. Tidak banyak yang mengetahui pakaian adat yang dikenakannya tersebut. Ternyata, beliau mengenakan busana Perang dari Nias meskipun tidak dalam versi lengkapnya. Karena keunikannya, Yasonna berhasil mendapatkan penghargaan busana terbaik dari Presiden dan membawa pulang sebuah sepeda.

3. Tito Karnavian dan Istrinya – Baju Adat Papua

Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan istrinya, Tri Karnavian, menghadiri acara HUT RI di Istana Negara dalam balutan busana adat Papua. Busana adat Papua yang sebenarnya cukup terbuka dimodifikasi oleh Tri Karnavian agar dapat dipakai olehnya yang berhijab. Meski begitu, Tri Karnavian tampak begitu memesona hingga ia berhasil mendapatkan sepeda dari Presiden Jokowi.

4. Agati Sulie Mahyudin – Baju Adat Dayak

Anggota DPR sekaligus istri dari Wakil Ketua MPR RI, Agati Sulie, berhasil menyabet penghargaan busana terbaik dari Presiden Jokowi. Pada kesempatan tersebut, perempuan ini terlihat cantik mengenakan baju adat Dayak yang merupakan baju adat di kota kelahirannya, Palangkaraya. Ia didampingi dengan suaminya yang mengenakan baju adat Kutai. Sejoli ini memang sebelumnya sudah sepakat akan menggunakan pakaian adat yang merepresentasikan keragaman daerah asal mereka, Kalimantan.

5. BJ Habibie – Baju adat Bugis

Mantan presiden ketiga RI, BJ Habibie, terlihat begitu sumringah saat menghadiri acara HUT RI di Istana Negara. Ia begitu gemar menebar senyum kepada siapa pun yang hadir di acara tersebut. Tidak kalah ceria dari senyumannya, Mantan Presiden yang satu ini juga mengenakan pakaian adat Bugis dengan warna cerah yang menambah keceriaannya di hari itu.

6. Oesman Sapta Odang – Baju Adat Minangkabau

Ketua DPD, Oesman Sapta Odang menghadiri acara HUT RI di Istana Negara didampingi oleh istrinya. Pasangan ini terlihat begitu serasi dan unik dalam balutan pakaian tradisional Minangkabau dari Sumatera Barat. Meski beliau merupakan putra Kalimantan, namun ia tidak sungkan mempromosikan kebudayaan Sumatera Barat melalui pakaiannya. Pakaian adat Oesman yang tampak menarik ini berhasil membuatnya mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden Jokowi di kesempatan tersebut.

7. Jokowi – Baju Adat Banjar, Kalimantan Selatan

Jika di atas telah kita bahas berbagai keunikan pejabat-pejabat negara dan pilihan baju adatnya, maka bagaimana dengan Presiden RI? Tentu saja Jokowi juga mengenakan baju adat. Pada kesempatan kali ini, Jokowi mengenakan pakaian tradisional Banjar dari Kalimantan Selatan, meskipun beliau berasal dari Solo, Jawa Tengah. Sementara istri Jokowi, Iriana, terlihat anggun dengan pakaian adat Minang yang dikenakannya. Ini bukanlah kali pertama Jokowi terlihat menghadiri acara kenegaraan dengan menggunakan baju adat. Sebelumnya, ia pernah menghadiri sidang tahunan MPR dalam balutan busana adat Bugis.

Penggunaan pakaian adat ini merupakan ide yang diprakarsai oleh Jokowi selaku Presiden Indonesia yang sedang menjabat. Menurut beliau, penggunaan pakaian adat di acara resmi kenegaraan ini dilakukan untuk merayakan keberagaman budaya Indonesia. Bagaimana menurutmu? Apakah inisiatif Jokowi ini dapat memberikan perubahan positif? Apa mungkin lebih baik acara kenegaraan dihadiri dengan pakaian formal seperti jas dan batik?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES