Inilah Rangkuman Kebiasaan Buruk Pengendara Motor di Indonesia yang Paling Bikin Risih

ridertua.wordpress.com

Keberadaan sepeda motor di Indonesia memang diibaratkan seperti dua sisi mata koin. Dampak baik dan dampak buruknya memang tidak bisa dipisahkan begitu saja. Kendaraan roda dua ini sudah menjadi budaya yang melekat pada bangsa Indonesia. Bagaimana tidak? Keberadaan sepeda motor di jalanan sudah seperti gerombolan semut yang memperebutkan gula.

Gak semua hal mengenai sepeda motor selalu tentang buruk-buruknya saja. Perilaku buruk pengendara motor bukan akibat motornya, namun memang karena karakteristik pengendaranya saja. Moda transportasi favorit ini memang sudah banyak membantu masyarakat untuk mempermudah mobilisasinya sehari-hari. Namun masih juga terdapat banyak pelanggaran dalam berkendara sepeda motor. Namun apalah guna peraturan yang mengikat apabila memang penggunanya tidak memiliki sikap disiplin? Hasil pelanggarannya bukan saja mengenai hukuman, seringkali juga mengantar nyawa.

Sebagai refleksi diri, kali ini YuKepo mau bahas mengenai rangkuman kebiasaan buruk yang dilakukan pengendara motor di Indonesia. Semoga aja kamu gak pernah memiliki kebiasaan buruk ini ya. Yuk kita simak bareng.

1. Naik motor bonceng 3 atau lebih dan gak pake helm

www.lucu.me

Kebiasaan buruk pengendara motor ini paling sering dilakukan oleh para remaja tanggung. Ya kisaran usia SMP lah ya. Naik motor boncengan memang gak menyalahi aturan, cuma gak sampe 3 orang yang ada di satu motor dong? Jelas itu menyalahi aturan. Naik motor bonceng 3 aja udah salah, apalagi ditambah gak pake helm. Duh sudah melanggar peraturan, membahayakan pula. Kalau sampai celaka kan kasihan. Jangan ditiru ya yang begini. Malu dong.

2. Gak mau ngalah sama penyeberang jalan

misterbayoe.blogspot.co.id

Naik motor memang bisa dibilang menghemat waktu tempuh sih. Namun apalah artinya mempersingkat jarak tempuh kalau kita gak bisa menunggu sebentar aja supaya orang yang nyeberang bisa lewat dulu? Pasti yang kayak gini sering banget kan kita temui di jalan? Pasti deh.

3. Naik trotoar

www.kompasiana.com

Mentang-mentang badan motor bisa dibilang ramping dan bisa nyelip di jalan saat kemacetan menyerang, bukan berarti kamu bisa naik motor di trotoar kan? Ya sih pasti alasannya buru-buru dan sudah capek karena macet. Padahal trotoar kan haknya pejalan kaki. Kalau yang naik motor lewat trotoar juga, bisa dibilang mengambil hak orang gak ya?

4. Melawan arus jalan

poskotanews.com

Namanya juga jalanan ibu kota udah pasti macet dong? Udah pasti. Apalagi kalau jam berangkat dan pulang kantor. Kita pasti udah sering banget ngeliat orang yang lawan arus jalanan biar mereka terbebas dari kemacetan. Trik ini lumayan berhasil, cuma kalau lagi apes ya pasti berbahaya lah. Bukan hanya bahaya untuk diri sendiri tapi juga buat orang lain juga.

5. Menerobos lampu lalu lintas

kaltara.prokal.co

Menerobos lampu lalu lintas juga termasuk kebiasaan buruk pengendara motor di Indonesia. Sekali-sekali mungkin bisa aja lolos, tapi kebiasaan buruk ini juga mengancam nyawa pengendara dan orang lain lho. Jangan sampe deh ya.

6. Parkir liar

beritadaerah.co.id

Parkir liar atau parkir sembarangan juga jadi penyakit bagi para pengendara motor di Indonesia lho. Memang sih tarif parkirnya memang sedikit lebih murah daripada biaya parkir resmi. Hanya saja keberadaan parkir liar ini merugikan banyak orang lho karena jadi biang macet. Selain itu motor juga jadi gak aman, rawan pencurian.

7. Pacaran di pinggir jalan

ceriwis.net

Nah, yang ini nih yang kadang suka ganggu banget ketertiban di jalan raya. Memang sih, namanya cinta lagi bersemi, pacaran di mana juga jadi. Dunia serasa milik berdua, sedangkan yang lain ngontrak. Kenapa gitu gak ngobrol di warung-warung kopi aja kan lebih enak. Daripada di pinggir jalan, kasihan kan jomblo yang lewat jalan atau jembatan itu? Hargai sedikitlah para jomblo.

Nah, itulah tadi rangkuman kebiasaan buruk pengendara sepeda motor di Indonesia yang kadang suka bikin risih. Padahal kan sudah ada peraturannya mengenai berkendara. Kayaknya sih bukan salah peraturannya, salah pengendaranya yang masih kurang bisa disiplin. Disiplin memang gak mudah, tapi masa gak mau belajar? 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Dulu ‘Exist’ Sekarang ‘Exit’, Inilah 10 Artis Dadakan yang Lenyap Ditelan Bumi! | Keepo.me

Dulu ‘Exist’ Sekarang ‘Exit’, Inilah 10 Artis Dadakan yang Lenyap Ditelan Bumi! | Keepo.me

10 Pemandangan Asli Pada Uang Rupiah Ini Bakal Bikin Kamu Takjub

10 Pemandangan Asli Pada Uang Rupiah Ini Bakal Bikin Kamu Takjub

Bikin Gregetan! Bocah Pesan 100 Porsi Mie Pakai HP Ayah, Tagihannya Menguras Kocek | Keepo.me

Bikin Gregetan! Bocah Pesan 100 Porsi Mie Pakai HP Ayah, Tagihannya Menguras Kocek | Keepo.me

Keren, Jokowi Jajal Jalan Trans Papua Naik Motor Trail!

Keren, Jokowi Jajal Jalan Trans Papua Naik Motor Trail!

Viral Video TNI AL Selamatkan Bocah 14 Tahun yang Terombang Ambing Di Tengah Laut | Keepo.me

Viral Video TNI AL Selamatkan Bocah 14 Tahun yang Terombang Ambing Di Tengah Laut | Keepo.me

Dunia Internasional Memberikan Beberapa Julukan untuk Indonesia Ini Karena Keindahannya

Dunia Internasional Memberikan Beberapa Julukan untuk Indonesia Ini Karena Keindahannya

loading