Inilah Perbedaan Suasana Perkeretaapian di Indonesia Zaman Dahulu hingga Sekarang. Sudah Beda Banget!

www.yukepo.com

Kereta api merupakan salah satu sarana transportasi yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain murah, transportasi ini juga memungkinkan kita untuk sampai pada tempat tujuan tepat waktu. Semakin parah dan semrawutnya jalanan di Indonesia membuat masyarakat lebih beralih ke moda transportasi yang satu ini daripada harus terjebak berjam-jam dalam kemacetan. Kamu sendiri merupakan salah satu dari mereka bukan nih?

Nah, berbicara mengenai moda transportasi yang satu ini, ada beberapa dan bahkan banyak sekali perubahan yang dilakukan oleh pemerintah untuk terus mendukung penggunaan sarana transportasi masal oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari pengaturan tata ruang gerbong hingga cara pembelian tiket kereta. Semuanya dilakukan demi memenuhi kebutuhan masyarakat. Nah, kamu penasaran gak sih gimana bentukan awal dari kereta api di Indonesia pada zaman dahulu? Bagaimana suasana yang terjadi ketika masyarakat tengah melakukan antrean pembelian tiket, dan sebagainya? Kalau kita sih penasaran. Oleh karena itu, kali ini YuKepo akan menyajikan beberapa potret tentang kehidupan perkeretaapian di Indonesia pada masa dulu dan membandingkannya dengan masa sekarang. Langsung aja kita kepoin bareng-bareng. Yuk, kepo!

1. Jalur lintasan

www.yukepo.com

Ternyata pada zaman dahulu jalur lintasan kereta api itu lebih panjang dari yang sekarang, lho, yakni mencapai 8.159 km. Jalur ini berada di wilayah Jawa dan Sumatra. Hampir seluruh lintasan yang ada di jalur ini aktif digunakan, baik untuk angkutan barang maupun penumpang. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan juga permasalahan iklim global membuat jalur lintasan kereta api sekarang banyak yang sudah tidak aktif. Kurang lebih sekitar 3.343 km jalur lintasan yang ‘mati’. Alasan penon-aktifan jalur itu sendiri karena adanya bencana yang telah membuat jalur rel menjadi rusak. Ada juga jalur lintasan yang dinon-aktifkan karena kalah pamor dengan moda transportasi darat lainnya. 

2. Pembelian tiket

www.yukepo.com

Kalau zaman dulu mah suasana pembelian tiket kereta api yaa seperti ini. Kamu harus super ekstra sabar dan tahan banting karena harus berdesak-desakan dengan calon penumpang lain yang juga turut mengantre. Bagi kamu yang gak mau capek-capek ngantri, biasanya kamu akan lebih memilih tiket dari para calo meskipun harganya jauh lebih mahal.

Nah, saat ini pembelian tiket kereta api bisa dilakukan melalui online dengan harapan para calon penumpang dapat dengan tenang ketika memasuki gerbong tanpa harus berdesak-desakan karena takut tidak kebagian tiket. Selain itu, hal ini juga bertujuan menghindari calo yang kerap kali berkeliling mencari mangsa di sekitar stasiun. Para calon penumpang dapat membeli tiket online melalui aplikasi ataupun biro partner yang terdaftar dari PT KAI, seperti OTA, minimarket, dan lain-lain. Kamu pun bisa membeli tiket jauh-jauh hari, mulai dari H-90 hingga H-3 sebelum jadwal keberangkatan. 

3. Bonek vs milenial

www.yukepo.com

Bonek merupakan sebuah akronim dari bocah nekat. Kenapa masyarakat Indonesia dahulu dikenal sebagai bonek ketika menggunakan kereta api sebagai moda transportasi mereka? Ya, kamu bisa lihat dan nilai sendiri deh, mereka yang lebih memilih duduk di atas atap kereta. Untungnya sekarang ini masyarakat Indonesia lebih dewasa dan lebih bersikap bijak dalam menggunakan moda transportasi ini. Buat keselamatan kamu juga, kan?

4. Cangcimen pengamen vs pramugari/pramugara
www.yukepo.com

Kalau dulu ketika kita melakukan perjalanan jauh maupun dekat selalu saja ada pedagang asongan maupun para pengamen yang berada di dalam gerbong. Suasana gerbong saat itu benar-benar sangat tidak kondusif. Namun, pemerintah melalui PT KAI pun segera berbenah dan akhirnya melarang para pedagang maupun pengamen untuk masuk ke dalam gerbong. Sebagai gantinya, para pramugari maupun pramugara akan selalu siap melayani kebutuhan dari para penumpangnya.

5. Lokomotif uap vs lokomotif mesin
www.yukepo.com

Pada zaman dahulu kala, kepulan uap menjadi pemandangan yang biasa tatkala lokomotif berbunyi tanda keberangkatannya. Namun, sekarang pemandangan tersebut menjadi pemandangan yang luar biasa karena kamu hanya bisa mendapati pemandangan tersebut di sebuah tempat wisata seperti museum kereta api di Ambarawa. Yap! Semakin ke sini, PT KAI juga semakin mengadaptasi bentuk kereta yang tadinya menggunakan lokomotif uap berubah menjadi lokomotif mesin.

Itu dia sekilas tentang perbandingan antara dunia perkeretaapian di Indonesia pada masa lampau dan masa sekarang. Menurut YuKepo sendiri sih dunia perkeretaapian kita udah semakin maju dan tertata sehingga masyarakat yang tadinya ogah menggunakan kereta api kini berubah pikiran dan malah menjadikannya sebagai moda transportasi favorit. Maju terus perkeretaapian Indonesia!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Dari Perampok Sampai Pembunuh Berantai, Inilah 5 Penjahat Legendaris di Indonesia yang Menakutkan!

Dari Perampok Sampai Pembunuh Berantai, Inilah 5 Penjahat Legendaris di Indonesia yang Menakutkan!

Kaki Bocah Dirantai Karena Menolak Mengemis, Inilah 7 Fakta Miris Pengemis di Indonesia!

Kaki Bocah Dirantai Karena Menolak Mengemis, Inilah 7 Fakta Miris Pengemis di Indonesia!

8 Kali Lebih Dahsyat dari Krakatau, Inilah Sejarah Letusan Gunung Samalas. Mirip Kiamat!

8 Kali Lebih Dahsyat dari Krakatau, Inilah Sejarah Letusan Gunung Samalas. Mirip Kiamat!

Kebijakan "Tenggelamkan!" Menteri Susi Pudjiastuti Ditentang Luhut, Gimana Sih Koordinasi Antar-Kementerian?

Kebijakan "Tenggelamkan!" Menteri Susi Pudjiastuti Ditentang Luhut, Gimana Sih Koordinasi Antar-Kementerian?

Pecinta Kopi Pasti Tahu, Ini 7 Kopi Asli Indonesia yang Sudah Mendunia. Bangga!

Pecinta Kopi Pasti Tahu, Ini 7 Kopi Asli Indonesia yang Sudah Mendunia. Bangga!

Dari Gita Gutawa Sampai Rudi Hartono, 5 Orang Ini Masuk Guinness World Records!

Dari Gita Gutawa Sampai Rudi Hartono, 5 Orang Ini Masuk Guinness World Records!

loading