Inilah Kisah Den Harin, Pasukan Rahasia Indonesia yang Ditakuti Dunia. Hoax Bukan Ya?

27 November 2017
|Galih Wisnu Brata
2.1 KSHARES

Indonesia memiliki beberapa pasukan khusus yang mempunyai tugas masing-masing. Misalnya saja, Detasemen Khusus (Densus) 88 yang bertugas menangani teroris, Detasemen Jala Mengkara (Den Jaka) yang menjadi satuan anti teror, dan Komando Pasukan Khusus (Kopasus) yang mengintai dan menangani teror. Para personel dari pasukan khusus tersebut tentunya memiliki kemampuan yang luar biasa yang berbeda-beda.

Tapi tahukah kamu? Ternyata Indonesia juga memiliki pasukan khusus bernama Den Harin yang mampu membuat dunia merinding. Kira-kira sseperti apa ya kehebatan pasukannya?

Detasemen Harimau Indonesia atau disingkat Den Harin menjadi pasukan khusus Indonesia yang ditakuti di seluruh dunia. Keberadaan pasukan ini sangat rahasia. Tidak ada yang tahu siapa anggotanya dan di mana mereka. Saking rahasianya, antar personelnya pun tidak saling mengenal nama dan latar belakang. Mereka menggunakan nama samaran saat sedang bertugas.

Den Harin kabarnya dibentuk oleh L.B. Moerdani tahun 1986, dua tahun sebelum ia menjabat sebagai Panglima TNI. Anggota Den Harin diseleksi dari angkatan darat, angkatan laut, angkatan udara, dan kepolisian. Seleksi yang dilakukan sangat ketat. Mereka juga dilatih dengan sangat ketat agar bisa diandalkan kapan pun, di mana pun, dan dalam keadaan apapun.

Para personelnya harus mempunyai dua kemampuan utama, yaitu kombatan dan nonkombatan. Kombatan berkaitan dengan cara bertarung. Pasukan ini harus memiliki kemampuan bertarung yang mumpuni. Nonkombatan berkaitan dengan pemahaman permasalahan yang berkaitan denhan  kenegaraan, baik di bidang sosial, politik, budaya, teknologi maupun yang lainnya. Selain itu, mereka juga harus cerdas, terampil berkomunikasi, berani, dan memiliki loyalitas yang penuh.

Awalnya, Den Harin bertugas untuk penanggulangan dan antisipasi berbagai teror yang mengacam Indonesia yang berasal dari pihak luar. Namun seiring berjalannya waktu, tugas mereka berubah. Tugas utamanya adalah menjaga Indonesia dari berbagai ancaman, baik dari dalam maupun luar. Selain itu, mereka juga bertugas menjaga presiden dan keluarganya, tentunya di luar lingkaran Paspampres. Bisa dikatakan, jika mereka adalah penjaga rahasia untuk presiden.

Karena menjadi pasukan rahasia dengan tanggung jawab yang besar, kucuran dana untuk Den Harin yang diterima dari pemerintah pun besar. Kabarnya, Presiden Soeharto pun pernah memberikan uang pribadinya.

Sayangnya, Den Harin dikabarkan telah dibubarkan pada tahun 1995 oleh Presiden Soeharto. Pembubaran tersebut dilakukan karena muncul isu yang mengatakan akan ada kudeta dan penggulingan masa pemerintahan Soeharto dengan kekuatan Den Harin. Meski telah dibubarkan, para mantan personelnya masih diperbolehkan melakukan misi. Tak lama setelah kabar pembubarannya, jelas reformasi, sekitar tahun 1999, Den Harin kembali diaktifkan meskipun tidak diketahui siapa yang mengaktifkan kembali.

Saat bertugas, Den Harin akan bertindak sangat diam-diam untuk meringkus targetnya. Karena ketangguhannya, Den Harin menjadi legenda militer yang mendunia. Pasukan ini juga mendapat julukan "Raja dari Raja Pasukan Khusus". Bahkan kabarnya, kekuatannya setingkat dengan pasukan pembunuh milik Amerika, Phoenix Raven. Hmm, memang pemberitaan mengenai Den Harin nggak benar-benar diketahui oleh masyarakat sih jadi kisah mengenai pasukan rahasia ini terdengar seperti kisah konspirasi dan bualan belaka. Beberapa pihak bahkan telah menyatakan kalau kisah kelompok ini merupakan Hoax dan tidak memercayai kisah ini. Tapi jika pasukan rahasia ini benar-benar ada, mereka pasti lebih senang dianggap sebagai Hoax belaka. Kalau kamu percaya nggak dengan keberadaan pasukan ini?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
Gak Punya Quote Nih!
2.1 KSHARES