Inilah Kecantikan Palangkaraya Sebagai Calon Ibu Kota Baru

14 Juli 2017
|Indana Putri
118SHARES

Wacana pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Palangkaraya kembali mencuat di era Presiden Jokowi setelah sebelumnya sempat digaungkan pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Bahkan wacana ini pertama kali dibuat oleh Presiden Indonesia pertama, Ir. Soekarno. Saat itu Bung Karno berpendapat agar ibu kota negara seharusnya dibangun sendiri oleh anak bangsa, bukan dari peninggalan penjajah. Karena Jakarta adalah bekas pusat pemerintahan Belanda di tanah air, sehingga struktur tata kota dan pemerintahannya pun bekas dari Belanda semua.

Sayangnya, wacana Bung Karno tidak sempat terwujud dan akhirnya posisi presiden tersebut digantikan oleh Soeharto. Pada kepemimpinan beliau selama 32 tahun, cita-cita Bung karno untuk memindahkan ibu kota urung dilaksanakan. Sebagai gantinya, pembangunan infrastruktur besar-besaran dilaksanakan di Pulau Jawa. Hal ini akhirnya menyebabkan banyak pendatang pindah ke Jawa dan menyebabkan kepadatan penduduk super parah. Liat aja gimana macetnya Jakarta sekarang. Soeharto pun sempat melaksanakan program transmigrasi dengan memindahkan penduduk Jawa menyebar ke beberapa pulau lain di Indonesia, tapi akhirnya tetep aja ada pendatang baru ke Jawa.

Bukan tanpa alasan Jokowi akhirnya kembali melirik Palangkaraya untuk menjadi ibu kota baru. Hal ini dikarenakan Palangkaraya terdapat di tengah-tengah Pulau Kalimantan yang mana pulaunya terdapat di tengah-tengah Indonesia. Jadi, kota ini dianggap paling strategis sebagai pusat pemerintahan. Selain tempat yang strategis, Palangkaraya pun memiliki bentang alam dan budaya yang sangat indah. kalau kamu pergi ke Palangkaraya, jangan lupa untuk mampir ke tempat-tempat ini, guys!

1. Rumah Adat Betang

Rumah adat khas Kalimantan Tengah bertipe rumah panggung.

2. Bundaran Besar Palangkaraya

Bundaran yang satu ini ngga butuh diet.

3. Tugu Soekarno

Ini nih tugu yang menandakan bahwa Soekarno pernah berwacana melakukan pembangunan untuk pemindahan ibu kota di tahun 1957.

4. Penangkaran Orang Utan

Ngga cuma soal budaya dan bangunan, Palangkaraya juga memiliki tempat yang mendukung konservasi orang utan yang hampir punah.

5. Taman Kota

Taman Kota yang asri, cocok buat lokasi pemotretan, terutama buat yang suka cosplay.

6. Danau Tahai

Pemandangan alam yang indah.

7. Wisata Susur Sungai Kahayan

Kalimantan dikelilingi oleh sungai yang luas, sehingga transportasi air lebih banyak digunakan, bahkan dijadikan objek wisata.

9. Taman Nasional Bukit Raya

Ada taman nasionalnya juga sebagai tempat konservasi cagar alam dan suaka marga satwa.

10. Bukit Tangkiling

Lha, ini cocok banget buat selfie.

Jadi, siapkah kalian jika ibu kota dipindah ke Palangkaraya?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Indana Putri
Gak Punya Quote Nih!
118SHARES