Inilah Fakta Unik Makassar yang Berhasil Melahirkan Tokoh Sebesar Jusuf Kalla

21 Juni 2017
|Atik Kencana S.
51SHARES

Keunikan Indonesia memang tidak akan habis dalam 1001 malam untuk membahasnya. Terlalu banyak dan terlalu unik soalnya. Pasalnya masing-masing daerah memang memiliki keunikannya masing-masing. Itulah kerennya Indonesia. Itu dia sebabnya kali ini YuKepo mau bahas mengenai fakta unik Makassar yang sudah berhasil mencetak tokoh-tokoh besar di Indonesia. Penasaran? Yuk langsung aja kita kepoin!

1. Kelihatannya berwatak kasar, padahal orang Makassar ramah-ramah lho

Mungkin bagi orang yang belum paham dengan karakteristik orang Makassar bisa langsung sakit hati ketika diajak berbicara. Logat orang Makassar memang cenderung kasar dan cenderung menggunakan nada tinggi seperti orang yang sedang marah-marah. Tapi sebenarnya mereka baik-baik lho. Sifat mereka ramah-ramah, cuma nada bicaranya aja yang tinggi.

2. Makassar punya aksara tradisional

Kalau di Jawa ada aksara tradisional yang bernama Aksara Hanacaraka, aksara tradisional yang dimiliki oleh Makassar adalah Aksara Lontara. Aksara ini digunakan dalam penulisan dokumen, peta, surat perjanjian, bahkan buku harian yang biasanya ditulis pada daun lontar. Unik banget ya.

3. Makassar menjadi salah satu macan Indonesia

Selain Jakarta dan Surabaya, Makassar juga dianggap menjadi salah satu macan Indonesia yang mampu bersaing bersama kota-kota besar lainnya. Hal ini memang dipengaruhi dengan pertumbuhan ekonomi dan sumber dayanya yang kaya. Pantesan banyak orang yang pengen menetap di sana.

4. Penggunaan akhiran “G” di akhiran kata “N”

Ini jadi kebiasaan bagi orang Makassar, bagi yang belum pernah mendengar mungkin akan terdengar menjadi lucu banget. Seperti kata “lain” menjadi “laing” dan “kapan” menjadi “kapang”. Unik banget ya bahasa orang Makassar ini.

5. Makassar banyak melahirkan tokoh hebat

Udah menjadi rahasia umum kalau Makassar banyak melahirkan tokoh-tokoh berpengaruh baik di Indonesia maupun di dunia. Sebut saja seperti Jusuf Kalla yang kini menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia saat ini. Selain itu juga ada Mario Teguh yang menjadi motivator ulung di Indonesia hingga Abraham Samad yang pernah menjabat sebagai pimpinan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Mantap ya?

6. Ada masjid terapung khas Kota Makassar

Gak mau kalah dengan Masjid Ar-Rahmah yang berada di Jeddah, Masjid Amirul Mukmin menjadi salah satu landmark Kota Makassar yang unik. Pasalnya, masjid ini merupakan masjid terapung yang berada di Pantai Losari. 

7. Julukan bagi Kota Makassar

Sama seperti kota-kota lainnya, seperti sebutan Kota Pelajar untuk Yogyakarta dan Kota Pahlawan untuk Kota Surabaya, Kota Makassar juga memiliki julukan lho. Bedanya julukan untuk Kota Makassar ini gak hanya satu, yaitu Kota Daeng, Kota Seribu Benteng, Kota Angin Mamiri, dan Kota Pelaut.

Nah itulah tadi 7 fakta unik Makassar yang bikin keeksotisan Kota Makassar semakin menjadi-jadi. Memang sudah tidak bisa ditawar lagi mengenai Kota Daeng ini. Maklum, namanya juga Indonesia. Masing-masing kota memang memiliki keunikannya masing-masing. Setuju?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
51SHARES