Inilah Fakta Sejarah Indonesia yang Tidak Pernah Dibeberkan di Buku Sejarah

aatifajournalist.blogspot.co.id

Sejarah mengenai zaman pra dan pascakemerdekaan Republik Indonesia memang sudah banyak kita konsumsi, baik dalam jenjang sekolah ataupun lainnya. Terhitung sejak zaman SD kita sudah banyak belajar tentang sejarah bangsa ini. Mulai dari zaman kerajaan hingga zaman reformasi yang terjadi akhir 1990-an lalu. Namun apakah itu sudah semua terbahas?

Nyatanya setelah lahir dan besar di Indonesia, gak semua dari kita mengetahui fakta sejarah Indonesia selain yang dibahas dalam buku pelajaran sekolah. Entah karena malas atau bosan. Tentunya semua punya alasan masing-masing. Untuk itu, kali ini YuKepo mau kasih tau mengenai beberapa fakta sejarah Indonesia yang tidak pernah dibeberkan di buku sejarah. Penasaran apa aja fakta sejarah Indonesia tersebut? Yuk langsung aja kepoin bareng YuKepo!

1. Koran Bataviase Nouvelles menjadi koran pertama yang terbit dan dibredel di Indonesia

www.pojokpitu.com

Jan Pieterszoon Coen, Gubernur Jenderal Hindia Belanda, memerintahkan kepada anak buahnya untuk membuat selembaran berisi informasi kedatangan dan keberangkatan kapal niaga. Lembaran berita yang ditulis tangan sebanyak 4 halaman tersebut bernama Memorie der Nouvelles yang menjadi cikal bakal terbitnya koran Bataviase Nouvelles. Koran Bataviase Nouvelles tersebut pertama kali terbit pada 7 Agustus 1744. Koran berisi 4 halaman yang terbit seminggu sekali inilah yang menjadi koran terbitan pertama di Batavia dan Hindia.

2. Marco Polo pernah bertemu dengan kelompok masyarakat kanibal selama menjelajah Nusantara

www.aglobalreach.com

Penjelajah dunia, Marco Polo, melakukan penjelajahannya ke Nusantara di tahun 1292. Ia terkejut dengan penemuannya terhadap masyarakat kanibal di pesisir Sumatera. Saat sedang berada di daerah Pidie, Aceh, tepatnya di Kerajaan Dagroian ia melihat sekelompok manusia yang memakan daging kerabatnya sendiri yang sedang sakit namun tidak dapat disembuhkan lagi. Pada zaman itu keberadaan penyihir memang masih banyak. Penyihir tersebutlah yang mengetahui kondisi seseorang yang sakit masih bisa disembuhkan atau tidak. Kalau tidak bisa disembuhkan, orang yang sakit itu akan dibunuh dan dagingnya dimasak untuk dimakan bersama warga lainnya.

3. Soekarno ternyata tidak puasa saat membacakan teks proklamasi

www.goodnewsfromindonesia.id

Saat 17 Agustus 1945 memang bertepatan dengan bulan Ramadan, bulan yang suci bagi umat Islam. Di bulan tersebut setiap muslim memang diwajibkan untuk berpuasa dari sebelum fajar hingga petang. Hal yang berbeda terjadi pada momentum pembacaan teks proklamasi tersebut. Ternyata Soekarno pada saat itu sedang tidak berpuasa. Bukan karena malas lho ya, melainkan karena beliau sedang terkena gejala malaria. Saat dibangunkan, Soekarno merasa tidak enak badan seperti meriang. Setelah minum obat dan disuntik, ia kembali tidur dan bangun pada pukul 09.00 WIB dan bersiap untuk memproklamirkan kemerdekaan Republik Indonesia pada pukul 10.00 WIB. 

4. Draf naskah proklamasi sempat hilang

krjogja.com

Naskah proklamasi yang ditulis tangan oleh Soekarno dan dibantu oleh Mohammad Hatta dalam permasalahan diksinya ternyata pernah menghilang setelah dibacakan di depan umum. Untungnya ada BM Diah, wartawan senior, yang menemukan draf naskah tersebut di dalam tempat sampah. Kemudian draf tersebut disimpan oleh BM Diah selama 46 tahun 9 bulan 19 hari sebelum diserahkan pada pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 29 Mei 1992.

5. Penulis naskah pidato bahasa Inggris Soekarno ternyata bedarah Viking

sejarahbali.com

Soekarno memercayakan penulisan pidato bahasa Inggrisnya yang pertama pada K’tut Tantri, seorang warga negara Amerika Serikat yang lahir di Skotlandia. Wanita yang bernama asli Muriel Stuart Walker ini masih memiliki darah Viking yang cukup kental dalam darahnya. Ia juga ternyata pernah berperang bersama Bung Tomo di Jawa Timur sebelum memutuskan untuk tinggal di Yogyakarta, Ibu Kota Indonesia saat itu.

6. Permen jahe pernah menjadi komoditas utama di Batavia

www.hipwee.com

Salah satu hal yang menarik para bangsa Eropa untuk datang dan menjajah Indonesia memang karena rempah-rempahnya yang tumbuh subur. Rempah-rempah tersebut termasuk dalam golongan yang terbaik di dunia. Rempah-rempah seperti lada dan jahe memang bisa tumbuh subur dan baik di kawasan Batavia yang sekarang menjadi Jakarta. Uniknya, di tahun 1778 Batavia harus memproduksi sekitar 4,5 ton permen jahe untuk kemudian diekspor ke Belanda. 

7. Tim sepak bola Hindia Belanda menjadi tim Asia pertama yang masuk Piala Dunia

thesoccerforces.blogspot.co.id

Di tahun 1938, tim sepak bola Hindia Belanda pernah bertanding dalam ajang bergengsi yaitu Piala Dunia. Tim Hindia Belanda inilah yang menjadi pionir bagi tim sepak bola Asia lainnya. Koran asal Perancis, L Equipe edisi 6 Juni 1938, pernah memberitakan sepak terjang tim Hinda Belanda tersebut yang sangat brilian di lapangan, namun kurang lihai untuk menjaga pertahanan. Tim sepak bola Hindia Belanda ini ada di bawah naungan Nederlandsche Indische Voetbal Unie (NIVU). 

Nah itulah tadi 7 fakta sejarah Indonesia yang tidak pernah dibeberkan dalam buku sejarah di sekolah. Ternyata masih banyak fakta tentang negara ini yang belum diketahui oleh banyak orang. Entah memang kelupaan untuk dibahas atau memang sengaja untuk dihilangkan. Tiada yang tau.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Bisa Dijadikan Pengganti Mentega, Berikut Sederet Fakta Buah Alpukat - Keepodotme

Bisa Dijadikan Pengganti Mentega, Berikut Sederet Fakta Buah Alpukat - Keepodotme

Guling sebagai Warisan Budaya dan Bukti "Kesetiaan yang Pelit" dari Orang Belanda

Guling sebagai Warisan Budaya dan Bukti "Kesetiaan yang Pelit" dari Orang Belanda

Hal Menyenangkan yang Biasa Dilakukan ketika Hujan Turun, di Masa Kecil vs Sekarang - Keepodotme

Hal Menyenangkan yang Biasa Dilakukan ketika Hujan Turun, di Masa Kecil vs Sekarang - Keepodotme

Identik sebagai Makanan Khas Lebaran, Inilah Filosofi Ketupat yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Identik sebagai Makanan Khas Lebaran, Inilah Filosofi Ketupat yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Miliki Wajah dan Tampilan Baru, Pinterest Disebut Melirik Gaya Khas Instagram - Keepodotme

Miliki Wajah dan Tampilan Baru, Pinterest Disebut Melirik Gaya Khas Instagram - Keepodotme

Ada di Indonesia, Pulau Ini Dinobatkan sebagai Pulau Terkecil di Dunia oleh PBB

Ada di Indonesia, Pulau Ini Dinobatkan sebagai Pulau Terkecil di Dunia oleh PBB

loading