Inilah Fakta Mengejutkan Kemiskinan di Indonesia sebagai Hadiah 72 Tahun Kemerdekaan

benedictsakti.blogspot.co.id

72 tahun Indonesia merdeka, 72 tahun juga bangsa Indonesia tumbuh sebagai bangsa yang mampu menentukan sendiri masa depannya. Banyak dari para generasi muda yang berhutang jasa atas kemedekaan tersebut. Namun, banyak juga yang masih saja mempertanyakan mengenai apa definisi dan esensi dari kemerdekaan bangsa Indonesia itu sendiri.

Ada orang bijak yang bilang bahwa “Jangan bicara esensi kalau tidak mengerti apa itu definisi”. Rasanya hal tersebut memang benar. Kemerdekaan bangsa Indonesia rasanya memang belum bisa dirasakan oleh semua pihak. Ada yang bilang bahwa kini kita masih dijajah, bukan lagi oleh bangsa putih dan kuning, melainkan bangsa sawo matang alias bangsa sendiri.

Bagi orang yang hidup di bawah garis kemiskinan mungkin menganggap dirinya masih jauh dari definisi merdeka. 72 tahun negara kita medeka, inilah beberapa fakta mengejutkan yang ada mengenai kemiskinan di negara kita, Indonesia.

1. Jumlah penduduk miskin naik hampir 7000 orang dalam 6 bulan

news.detik.com

Badan Pusat Statistik (BPS) mengeluarkan laporan yang menyatakan bahwa pada bulan Maret 2017 jumlah penduduk miskin di Indonesia mencapai 27,77 juta jiwa. Jumlah tersebut naik sebesar 10,64% atau dengan kata lain bertambah sebanyak 6.900 orang dibandingkan dengan kondisi per bulan September 2016, yakni sebesar 27,76 juta orang atau sebanyak 10,70% dari total penduduk Indonesia.

2. Harta 100 juta orang miskin = harta 4 orang terkaya di Indonesia

www.bbc.com

Berbagai lembaga salah satunya Oxfam Indonesia dan International NGO Forum on Indonesia Development membuat slogan "menuju Indonesia yang lebih setara". Upaya tersebut adalah dengan meluncurkan laporan berbagai ketimpangan yang ada di Indonesia. Tujuannya adalah mendorong pemerintah untuk mengurangi segala ketimpangan yang ada. Dalam laporan tersebut, Oxfam dan INFID mencatat bahwa Indonesia berada di peringkat ke-6 terbawah dalam perihal ketimpangan. Dengan kata lain, harta 100 juta orang miskin setara dengan harta 4 orang terkaya di Indonesia.

3. Kenapa utang negara ribuan triliun, namun masih belum bisa mengentaskan kemiskinan?

www.maschun.com

Eks Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution, mengatakan bahwa walaupun pemerintah menaikkan hutang negara hingga ribuan triliun, sayangnya hal tersebut masih belum bisa menurunkan angka kemiskinan di Indonesia. Hal itu disebakan utang tersebut difokuskan untuk pembangunan infrastruktur. Sebenarnya, infrastruktur memang memiliki manfaat jangka panjang. Ketika pembangunan infrastruktur selesai, maka diprediksi bahwa perekonomian Indonesia akan melesat.

4. Orang miskin di Indonesia royal soal rokok
mmc.tirto.id

World Health Organization (WHO) pernah merilis sebuah data yang menarik pada tahun 2105. Hal ini tentu saja mengenai korelasi antara rokok dan kemiskinan. Organisasi kesehatan di bawah naungan PBB ini mencatat bahwa kebanyakan perokok di seluruh dunia, khususnya Indonesia berasal dari masyarakat menengah ke bawah. Sementara di Indonesia sendiri, posisi rokok memang hampir sederajat dengan beras sebagai kebutuhan primer. Bahkan, rokok merupakan komoditas kedua penyumbang kemiskinan setelah beras. 

5. Rata-rata pengeluaran penduduk miskin hanya sebesar Rp 374.478 per kapita tiap bulannya
abul-jauzaa.blogspot.co.id

Garis kemiskinan ditetapkan untuk mematok kelompok penduduk yang masuk dalam kategori miskin dan tidaknya. Orang-orang yang tergolong miskin adalah yang rata-rata pengeluarannya hanya sebesar Rp 374.478 per kapita tiap bulannya. Sementara itu, BPS sendiri pernah menyatakan bahwa jumlah tersebut sebanyak Rp 274.544 dialokasikan untuk makanan, sedangkan sisanya untuk keperluan lainnya.

Nah, itulah tadi beberapa fakta mengejutkan mengenai kemiskinan yang ada di Indonesia. Bicara mengenai pengentasan kemiskinan memang tidak bisa diwujudkan dalam sekejap mata. Butuh proses yang paripurna demi terciptanya kemasyarakatan yang sejahtera. Semoga saja kemiskinan di Indonesia perlahan bisa berkurang. Paling tidak, semua komponen masyarakat dapat merasakan kemerdekaan yang sempurna. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
8 Foto TNI di Medan Tugas Ini Bikin Mata Berkaca-kaca

8 Foto TNI di Medan Tugas Ini Bikin Mata Berkaca-kaca

Selain di Soekarno-Hatta Indonesia, Bandara Ini Juga Punya Skytrain Lho!

Selain di Soekarno-Hatta Indonesia, Bandara Ini Juga Punya Skytrain Lho!

48 Patung di Dasar Laut Gili Meno ini Tuai Kontroversi. Ada Apa Sebenarnya?

48 Patung di Dasar Laut Gili Meno ini Tuai Kontroversi. Ada Apa Sebenarnya?

7 Kebiasaan Unik Orang Indonesia yang Bikin Bule Heran dan Gelengin Kepala!

7 Kebiasaan Unik Orang Indonesia yang Bikin Bule Heran dan Gelengin Kepala!

Bangga! Tari Saman Massal di Gayo ini Pecahkan Rekor MURI dengan 12.262 Penari!

Bangga! Tari Saman Massal di Gayo ini Pecahkan Rekor MURI dengan 12.262 Penari!

Inilah Alasan Mengapa Bali Lebih Terkenal Daripada Negara Indonesia Sendiri

Inilah Alasan Mengapa Bali Lebih Terkenal Daripada Negara Indonesia Sendiri

loading