Inilah Fakta Menarik tentang Pitung, Jawara Betawi yang Bikin Kocar-Kacir Kompeni

redaksipos.blogspot.co.id

Nama Pitung memang sudah tidak asing lagi bagi seluruh masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Betawi. Memang sih, Pitung bukan termasuk sebagai salah satu dari deretan pahlawan nasional seperti Pangeran Diponegoro maupun Tuanku Imam Bonjol. Namun hebatnya, nama beliau hingga kini tetap dikenang, apalagi oleh masyarakat Betawi. Kiprahnya dalam dunia ilmu bela diri tradisional tidak bisa diragukan lagi. Bahkan, ada beberapa rumor yang menyebutkan bahwa kisah Pitung hampir sama dengan kisah Robin Hood, yakni merampok orang kaya dan membagikan harta curian tersebut untuk orang miskin.

Pitung memang bukan tokoh yang berasal dari negeri dongeng. Beliau benar-benar pernah hidup dalam kehidupan nyata dan membuat para kompeni gigit jari akibat kepiawaiannya dalam bela diri. Bahkan, banyak rumor yang beredar bahwa Pitung kebal dari serangan peluru. Beliau juga pernah pula tertangkap, namun selalu saja berhasil meloloskan diri. Lalu, bagaimana fakta mengenai Pitung sang jawara Betawi ini? Yuk, langsung aja kepoin!

1. Asal usul Pitung

juragancipir.com

Menurut cerita dari mulut ke mulut, Pitung berasal dari sebuah kampung bernama Rawabelong di kawasan Jakarta Barat. Sang ayah bernama Bang Piung, sedangkan ibunya bernama Mpok Inah. Kehidupan Pitung hampir sama dengan bocah seusianya pada saat itu. Seperti belajar agama dengan Kyai Haji Naipin. Nama Pitung sebenarnya hanyalah julukan, nama aslinya adalah Salihun atau Salihoen. Sementara itu, asal usul nama Pitung ini berasal dari bahasa Sunda “Pitulung” yang berarti tolong atau penolong.

2. Pitung terkenal jago bikin kompeni gigit jari

www.flickriver.com

Pitung mendapatkan kemampuannya dalam bela diri silat dari guru ilmu agamanya, yakni Haji Naipin. Selain itu, Pitung juga bisa digolongkan sebagai orang yang sakti. Ia mendalami ilmu Rawa Rontek yang membuatnya tak bisa mati. Kesaktian dan kehebatannya dalam bela diri tentunya sering membuat kompeni kocar-kacir. Sering kali Pitung merepotkan para kompeni akibat ulahnya. Para serdadu Belanda tersebut selalu frustasi kalau berurusan dengan Pitung.

3. Walaupun sakti, Pitung tetap memiliki kelemahan

www.boombastis.com

Banyak yang bercerita bahwa walaupun Pitung sakti dan jago bela diri, tampaknya Pitung tetaplah manusia biasa. Ia tetap memiliki kelemahan. Ada versi yang mengatakan bahwa jawara Betawi ini tidak kebal terhadap peluru emas. Versi lainnya mengatakan bahwa kelemahan Pitung ada pada rambutnya. Ketika rambutnya dipotong dengan paksa, kesaktian Pitung akan hilang. Selain itu, versi ketiga mengatakan bahwa Pitung memiliki sebuah jimat berbentuk keris yang ketika jimat ini diambil, maka kesaktian Pitung akan hilang seketika.

4. Pitung mati karena dikhianati teman
www.triptrus.com

Pitung memang sering kali ditangkap oleh kompeni. Namun, karena kesaktian yang dimiliki, ia selalu berhasil lolos. Sebuah versi mengatakan bahwa Pitung kabur dengan menggunakan tenaga dalam, namun ada juga yang mengatakan bahwa Pitung kabur dengan bantuan seseorang. Setelah pelariannya dari penjara inilah keberadaan Pitung bagai hilang begitu saja bak ditelan bumi. Pitung diketahui bersembunyi di sebuah tempat rahasia. Sayangnya para kompeni mulai bisa melacak keberadaan jawara ini. Para kompeni mendapatkan kabar dari keberadaan Pitung ini melalui perantara teman dekatnya Pitung. Akibat pengkhianatan temannya ini, Pitung mati tertembak peluru emas.

5. Walaupun Pitung sudah mati, kompeni masih dalam sikap waspada
pustakadigitalindonesia.blogspot.co.id

Tampaknya rasa aman belum bisa dirasakan oleh para kompeni Belanda walaupun Pitung sudah meninggal. Pengaruh sosial dari Pitung yang begitu besar membuat Belanda menyembunyikan makam jagoan Betawi tersebut karena khawatir akan ada gerakan dari massa. Sebuah versi mengatakan bahwa tubuh Pitung dibelah menjadi dua dan dikubur dalam dua tempat yang berbeda. Tentu saja ini ada hubungannya dengan ilmu Rawa Rontek yang bisa membuat pemiliknya hidup lagi, bahkan setelah dikubur. 

Nah, itulah tadi fakta mengenai Pitung, jawara Rawabelong yang menjadi kebanggaan masyarakat Betawi dari dulu hingga kini. Kisah mengenai Pitung memang selalu menarik untuk dibahas dan begitu menginspirasi banyak pihak.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Istana Negara Diramaikan Pejabat Berbusana Adat, Yuk Intip Uniknya Penampilan 7 Pejabat Ini!

Istana Negara Diramaikan Pejabat Berbusana Adat, Yuk Intip Uniknya Penampilan 7 Pejabat Ini!

7 Kota Paling Romantis di Indonesia yang Bakalan Bikin Kamu Susah Move On

7 Kota Paling Romantis di Indonesia yang Bakalan Bikin Kamu Susah Move On

Inilah Fakta Mengejutkan Kemiskinan di Indonesia sebagai Hadiah 72 Tahun Kemerdekaan

Inilah Fakta Mengejutkan Kemiskinan di Indonesia sebagai Hadiah 72 Tahun Kemerdekaan

8 Foto TNI di Medan Tugas Ini Bikin Mata Berkaca-kaca

8 Foto TNI di Medan Tugas Ini Bikin Mata Berkaca-kaca

Selain di Soekarno-Hatta Indonesia, Bandara Ini Juga Punya Skytrain Lho!

Selain di Soekarno-Hatta Indonesia, Bandara Ini Juga Punya Skytrain Lho!

48 Patung di Dasar Laut Gili Meno ini Tuai Kontroversi. Ada Apa Sebenarnya?

48 Patung di Dasar Laut Gili Meno ini Tuai Kontroversi. Ada Apa Sebenarnya?

loading