Inilah Bukti Kreativitas Dalang Indonesia yang Bikin Tokoh Wayang Kulit Sendiri

4hdwallpapers.com

Ada yang pernah melihat pertunjukan wayang kulit? Bayangan-bayangan boneka yang dikendalikan oleh seorang dalang, bergerak sesuai dengan alur cerita yang menarik, diiringi suara tabuhan gamelan. Bagi kamu yang pernah menonton wayang, pasti setuju bahwa pertunjukan wayang itu sangat syahdu dan tidak terlupakan. Meski wayang merupakan budaya asli Indonesia, namun kisah yang dibawakan di pertunjukan wayang bukanlah kisah-kisah dari Indonesia.Ya, kisah-kisah wayang yang selama ini kita ketahui, diambil dari epos legendaris India yang berjudul Mahabharata dan Ramayana. Makanya tidak heran jika kini di televisi muncul sinetron Mahabharata yang diproduksi oleh India.

Walaupun cerita wayang diambil dari epos India, namun dalang Indonesia tetap memberikan sentuhan warnanya sendiri ke dalam kisah wayang dengan menyematkan tokoh-tokoh wayang asli Indonesia didalamnya. Tokoh wayang gubahan dalang Indonesia ini memiliki filosofinya masing-masing dan bertujuan untuk memberikan sentuhan warna lain dalam kisah wayang yang sudah ada. Penasaran? Ini dia 7 tokoh wayang asli gubahan dalang Indonesia!

1. Semar

inset.or.id

Semar merupakan salah satu tokoh Punakawan yang diciptakan oleh Sunan Kalijaga sebagai salah satu metode memperkenalkan nilai-nilai Islam di masyarakat. Semar dan tiga anaknya dikisahkan sebagai tokoh penasihat para kesatria. Mereka adalah simbol dari kebijaksanaan rakyat jelata. Dalam pertunjukan-pertunjukan wayang, kemunculan tokoh Punakawan seperti Semar seringkali memberi sentuhan komedi dalam alur cerita. Sentilan dan kritik dari rakyat jelata kepada penguasa disampaikan melalui tokoh-tokoh Punakawan ini.

Meski terkesan konyol, Semar sebenarnya merupakan penjelmaan salah satu Dewa yang bernama Batara Ismaya. Ia diturunkan dari kahyangan ke bumi karena dianggap melakukan kesalahan, karena itu Semar dihukum menjadi pengasuh sekaligus penasihat anak cucu keturunan Batara Guru.

2. Gareng

web.unikal.ac.id

Meski dikenal sebagai anak Semar, namun Gareng bukanlah anak kandung dari Semar. Gareng awalnya adalah seorang satria yang sakti namun sombong, ia selalu mengajak satria lain untuk berduel sehingga ia dapat memamerkan kesaktiannya. Hingga suatu saat ia melakukan duel dengan satria lain, namun mereka berdua sama-sama sakti sehingga tidak kunjung muncul pemenang dari pertarungan tersebut hingga Semar datang melerai. Karena kagum akan Semar dan petuah-petuahnya, kedua satria tersebut meminta diangkat sebagai anak dari Semar. Semar pun setuju dan ia menjadikan Gareng sebagai anak sulungnya.

3. Petruk

javanesepuppet.blogspot.co.id

Perkelahian yang dilerai oleh Semar memberikan Semar dua anak, jika Gareng menjadi anak sulung, maka lawan Gareng di perkelahian tersebut, Petruk, menjadi anak kedua dari Semar. Seperti halnya Gareng, Petruk pada awalnya merupakan satria yang sakti dan tampan. Akan tetapi akibat dari pertarungannya dengan Gareng, rupa Petruk menjadi hancur tidak karuan. Beruntung Petruk tetap memiliki istri yang bernama Dewi Ambarwati. Tokoh Petruk dalam pewayangan Jawa merupakan tokoh yang lucu. Ia menjadi sentuhan humor dalam kisah wayang yang begitu serius.

4. Bagong

sdn3karangmojo.blogspot.co.id

Jika Gareng dan Petruk awalnya adalah satria, lain halnya dengan Bagong. Tokoh Punakawan yang satu ini merupakan bayangan Semar yang dihidupkan oleh Sanghyang Tunggal atas permintaan Semar. Ceritanya, saat Semar diminta untuk turun ke Mayapada, atau dunia ini, Semar meminta diberikan seorang teman untuk menemani. Karena itu, Sanghyang Tunggal lantas bertanya kepada Semar, siapa teman manusia yang paling setia? Semar menjawab dengan kata ‘bayangan’. Oleh karena itu bayangan Semar dihidupkan menjadi Bagong.

5. Wisanggeni
www.pitoyo.com

Wisanggeni yang perkasa dikisahkan sebagai anak dari Arjuna dengan seorang bidadari bernama Batari Dresanala. Meski merupakan pernikahan yang sah, namun hubungan antara Arjuna dan Dresanala menuai banyak tentangan, bahkan dari ayah Dresanala sendiri yang bernama Brama. Karena ketidaksukaannya, Brama mengeluarkan janin yang sedang dikandung Dresanala dengan paksa dan membuang janin tersebut ke dalam Kawah Candradimuka. Namun api kawah alih-alih membunuh Wisanggeni, justru memulihkannya. Wisanggeni yang lahir dari api ini begitu sakti dan pemberani. Kesaktiannya bahkan dapat diadu dengan kesaktian ayahnya sendiri, Arjuna.

6. Antasena
okegituaja.blogspot.co.id

Jika Wisanggeni adalah anak dari Arjuna, Antasena merupakan anak dari Bima yang juga merupakan salah satu anggota Pandawa. Antasena, seperti saudaranya dan ayahnya, juga memiliki kesaktian yang menakjubkan. Anak dari Bima dan Dewi Urangayu ini seperti halnya Gatotkaca, dikenal memiliki kesaktian yang membuatnya dapat terbang, menyelam, dan masuk ke dalam lapisan bumi. Meski sakti, namun Antasena juga digambarkan sebagai tokoh yang sangat lugu, polos, dan memegang teguh prinsip pribadinya.

7. Antareja

www.pitoyo.com

Jika Antasena adalah putra dari Bima dan Dewi Urangayu, maka lain halnya dengan Antareja. Antareja merupakan anak dari Bima dengan Nagagini. Dari pernikahan ini, Nagagini mengandung Antareja. Namun Bima harus mengemban tugasnya sebagai anggota Pandawa sehingga Bima meninggalkan Nagagini saat ia sedang hamil besar. Karena kepergian Bima, Antareja lahir tanpa mengetahui siapa ayahnya. Sehingga pada usia dewasa, Antareja memutuskan untuk mencari ayahnya, Bima. Perjalanan Antareja tersebut membawanya kepada silsilah keluarganya. Tokoh wayang yang satu ini memiliki kesaktian menghidupkan kembali orang mati dan ia tidak akan pernah bisa mati selama ia masih jatuh ke bumi. 

Tokoh-tokoh wayang asli Indonesia ini menunjukkan kreatifitas dalang tanah air yang berhasil memberikan sentuhan khas Indonesia dalam kisah-kisah India. Tokoh-tokoh gubahan dalang tanah air ini pun bukanlah tokoh sembarangan. Apalagi tokoh-tokoh Punakawan.

Setiap dari tokoh Punakawan sarat akan makna dan filosofi jawa. Seperti kaki Gareng yang pincang melambangkan bahwa kita harus berhati-hati dalam melangkah, dan wajah pucat Semar yang melambangkan Semar tidak mengumbar hawa nafsu. Banyak hal dapat kita pelajari dari tokoh-tokoh wayang jawa. Budaya Indonesia yang kaya memang menakjubkan, ya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Materi Ospek Mahasiswa Diganti Materi Bela Negara? Kira-kira Seperti Ini Kegiatannya

Materi Ospek Mahasiswa Diganti Materi Bela Negara? Kira-kira Seperti Ini Kegiatannya

Wow, Film Indonesia Menuai Pujian di Festival Film Internasional Cannes!

Wow, Film Indonesia Menuai Pujian di Festival Film Internasional Cannes!

Hebat! 3 Bandara di Indonesia Berhasil Menduduki Peringkat 10 Besar Terbaik di Dunia!

Hebat! 3 Bandara di Indonesia Berhasil Menduduki Peringkat 10 Besar Terbaik di Dunia!

Bawa Bus Transjakarta Sampai ke Pekalongan, Ini Hal Gila yang Maling Ini Lakukan

Bawa Bus Transjakarta Sampai ke Pekalongan, Ini Hal Gila yang Maling Ini Lakukan

Yuk Intip Pasar Triwindu di Solo yang Bikin Pengunjungnya Nostalgia

Yuk Intip Pasar Triwindu di Solo yang Bikin Pengunjungnya Nostalgia

KBBI Punya Kata-kata Baru, 10 Kata Ini Wajib Kamu Ketahui

KBBI Punya Kata-kata Baru, 10 Kata Ini Wajib Kamu Ketahui

loading