Inilah Beberapa Langkah yang Dilakukan Indonesia untuk Menghapus Penindasan Etnis Rohingya

07 September 2017
|Atik Kencana S.
5SHARES

Pemberitaan mengenai diskriminasi yang dialami oleh etnis muslim Rohingya yang terjadi di Rakhine, Myanmar ini semakin santer dibicarakan. Perseteruan ini tentu menyita sebagian besar perhatian penduduk dunia, tak terkecuali Indonesia. Memang sudah beberapa tahun belakangan, banyak etnis Rohingya yang mengungsi ke beberapa negara tetangga Myanmar, contohnya Indonesia. Tentunya, hal ini perlu diselesaikan mengingat hal ini merupakan salah satu pelanggaran kemanusiaan yang sedang terjadi saat ini.

Pemerintah Indonesia tentunya tidak diam begitu saja dalam menanggapi kasus ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) didesak untuk berperan aktif dalam menangani kasus kemanusiaan ini. Mengingat hal ini memang sudah terlalu lama terjadi dan bahkan PBB sudah dilibatkan, namun kasus kemanusiaan ini masih harus dirampungkan. Berikut ini adalah beberapa langkah yang akan dilakukan Indonesia untuk menghentikan penindasan terhadap etnis Rohingya.

Dilansir dari laman Tempo.co, dalam jumpa pers yang dilakukan pada, Minggu (3/9) lalu, Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia memiliki komitmen untuk membantu dalam mengatasi krisis kemanusiaan yang terjadi pada etnis Rohingya di Myanmar. Langkah yang dibutuhkan merupakan sebuah aksi yang nyata, bukan pernyataan dan kecaman. Dalam komitmennya tersebut, pemerintah Indonesia juga memohon kerja sama masyarakat Indonesia dan juga masyarakat internasional. 

Aksi nyata juga sudah dilakukan Presiden Jokowi, salah satunya adalah dengan mengutus Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno L.P. Marsudi, untuk datang ke Dhaka, Bangladesh, guna menyiapkan bala bantuan kemanusiaan yang dibutuhkan oleh para pengungsi Rohingya. Selain itu, pemerintah Indonesia juga tetap mengupayakan perdamaian dengan melakukan diplomasi melalui Menlu ke Myanmar. Menlu Retno Marsudi juga menyampaikan beberapa poin yang penting pada State Counsellor Myanmar, Daw Aung San Suu Kyi untuk segera menghentikan penindasan yang kini masih berlangsung. Beberapa poin penting tersebut adalah Myanmar harus segera mengembalikan kestabilan keamanan, Myanmar harus mampu menahan diri dan tidak menggunakan kekerasan, Myanmar harus mampu memberikan perlindungan kepada semua warga di Rakhine, serta membuka akses seluas-luasnya untuk distribusi bantuan.

Dalam aksi penanganan kasus kemanusiaan di Rakhine, pemerintah Indonesia tidak hanya memberikan tempat bagi pengungsi Rohingya di Indonesia. Pemerintah juga sudah memberikan serangkaian bantuan, baik makanan maupun obat-obatan sebanyak sepuluh kontainer pada periode Januari dan Februari lalu. Selain itu, pemerintah Indonesia juga telah membangun sebuah sekolah di Rakhine dan akan dilanjutkan dengan pembangunan rumah sakit pada Oktober mendatang. 

Nah, itulah tadi serangkaian langkah yang diambil Indonesia demi mewujudkan perdamaian bagi etnis Rohingya. Hingga kini sudah tak terhitung lagi korban akibat konflik ini. Apa yang sudah dilakukan Indonesia untuk Rohingya rupanya menjadi sorotan bagi dunia internasional. Semoga saja apa yang sudah dilakukan Indonesia akan diikuti oleh beberapa negara lain. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
5SHARES