Inilah 7 Jajanan SD yang Selalu Bikin Kita Kangen, Beberapa Udah Punah

14 Oktober 2017
|Atik Kencana S.
Indonesiaku
0SHARES

Masa-masa SD emang jadi masa yang paling ngangenin. Gimana gak ngangenin, selama enam tahun waktu kita dihabiskan untuk menggunakan seragam merah putih. Waktu SD, pelajaran memang gak begitu dipikirin, beda kayak SMP dan SMA. Selama enam tahun, yang menyita pikiran kita hanyalah main dan jajan. Soal belajar, itu sih nomer sekian.

Kali ini, YuKepo mau bahas mengenai beberapa jajanan SD yang dulu sering kita konsumsi. Beberapa makanan ini sudah ada yang punah, namun beberapa juga masih jadi konsumsi favorit anak SD zaman now. Penasaran? Yuk, langsung aja kepoin bareng YuKepo!

1. Rambut nenek

Namanya juga anak SD, pasti lebih suka makan makanan yang manis-manis gitu. Gak jarang ditemukan kasus gigi bolong pada anak usia SD. Makanan yang bernama rambut nenek ini menjadi salah satu favorit anak SD. Selain rasanya manis khas anak-anak, harganya juga murah meriah. Jangankan gigi bolong, tenggorokan radang dan batuk juga jadi akibatnya nih.

2. Telur gulung

Dulu siapa sih yang bisa menahan godaan makanan ini? Makanan yang terbuat dari telur kocok ini emang jadi yang paling rame di kalangan anak SD. Jangankan anak SD, kadang guru-gurunya juga demen banget makan telur gulung ini. Murah meriah mantab pokoknya.

3. Sate kanji

Karena sate ayam harganya gak masuk sama kantong anak SD, akhirnya para penjual jajanan memutar otak untuk membuat makanan serupa dengan budget yang lebih murah. Jauh lebih murah malahan. Makanya, terbuatlah sate kanji. Kirain sih terbuat dari daging ayam, gak taunya cuma terbuat dari adonan tepung kanji yang ditusuk, kemudian disiram sambel kacang. Mirip sih rasanya.

4. Cilok

Siapa yang doyan banget makan cilok? Sebelum bervariasi seperti sekarang, cilok memang sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Kalau sekarang udah ada cilok dengan isi keju, daging, telur, dan sebagainya, dulunya cilok polosan aja tanpa isi. Adonan tepung yang dibentuk bulat, kemudian disiram sambel kacang bikin anak SD salah fokus deh. Enak banget.

5. Es gabus

Keberadaan es gabus sekarang sudah semakin jarang ditemukan. Namun, dulunya es gabus ini pernah menjadi primadona bagi anak-anak SD, baik pagi maupun petang. Hal yang bikin mencolok adalah warnanya yang bisa mengalihkan perhatian. Soal rasa, dijamin seger deh. Kayak makan kue, tapi beku. Seru deh.

6. Es potong

Es potong hingga kini masih sering berseliweran, baik di SD-SD setempat maupun di jalanan. Karena peminatnya banyak, makanya es potong ini gak kunjung punah. Es potong ini tersedia dengan berbagai rasa. Mulai dari cokelat, stroberi, hingga kacang ijo. Enak banget! Apalagi dicelupin ke coklat cair. Makin enak rasanya.

7. Es wawan

Siapa dulu yang pernah merasakan es wawan ini? Waduh, ketahuan deh umurnya sekarang. Es yang satu ini hampir gak pernah bikin anak SD bosen untuk menyantapnya. Pokoknya enak banget. Es wawan ini sekarang udah punah karena masa kejayaannya berada di tahun 90-an. Pokoknya yang pernah nyobain es ini harusnya udah pada nikah, bro.

Gimana nostalgianya? Deretan jajanan SD di atas emang bikin kita kangen banget. Zaman SD dulu gak pernah mikirin makanan itu sehat apa enggak, asalkan enak ya hajar terus deh pokoknya. Kalau jajanan SD favoritmu yang mana aja nih, guys?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
0SHARES