Inilah 6 Benda Pusaka yang Presiden Soekarno Gunakan dalam Kegiatan Kenegaraan

06 Juni 2017
|Fatwah Diniaty
10SHARES

Siapa yang tak tahu dengan sosok yang satu ini, Ir. Soekarno, seorang bapak proklamator dan seorang tokoh protagonis yang memerdekakan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Namanya sudah malang melintang di kancah perpolitikan Indonesia, bahkan dunia pun sangat mengenal sosok Soekarno. Dan hari ini bertepatan dengan hari lahirnya Soekarno, yakni tanggal 6 Juni 1901 di Surabaya, Jawa Timur.

Soekarno adalah presiden pertama Republik Indonesia yang menjabat pada periode 1945-1966, beliau orang pertama yang mencetuskan konsep Pancasila sebagai konsep utama bagi Negara Indonesia. Pada masa pergerakan nasionalnya, Soekarno banyak menerima cobaan dan rintangan. Dia pernah beberapa kali diasingkan karena dianggap membahayakan bagi pergerakan penjajah di Tanah Air. Pada masa revolusi, Soekarno bersama tokoh-tokoh lainnya mulai mempersiapkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, dan terjadilah proklamasi kemerdekaan itu pada tanggal 17 Agustus 1945.

Setelah memproklamirkan kemerdekaan, Soekarno bersama Muhammad Hatta diangkat menjadi Presiden dan Wakil Presiden oleh segenap rakyat Indonesia. Pada masa kepemimpinannya Soekarno banyak melakukan kerjasama diplomatik dengan negara-negara asing, hal ini bertujuan untuk memperkuat ketahanan dan perkembangan Negara Indonesia.

Semasa kepresidenannya banyak hal unik yang dapat dibahas dari sosok pemimpin yang satu ini, salah satunya adalah benda-benda pusaka yang sering dipakai oleh Soekarno ketika beliau menjalankan tugasnya menjadi pemimpin negara. Mau tau apa saja benda-benda pusaka itu? Ini dia benda-benda pusaka yang menjadi ciri khas Presiden Soekarno.

1. Tongkat Komando

Jika kalian perhatikan, hampir di setiap perjalanan dinasnya Soekarno tidak pernah lepas dari tongkat komando ini. Ternyata Soekarno punya tiga tongkat komando yang masing-masing ada kegunaannya, yakni satu tongkat dipergunakan untuk perjalanan luar negeri, tongkat kedua saat betemu dengan para jenderal, dan tongkat terakhir Soekarno pergunakan saat dia menyampaikan pidato kenegaraan.  

2. Tongkat Monyet

Nah tongkat yang satu ini dinamakan Tongkat Monyet. Tongkat ini beliau peroleh saat menjalani pengasingan di Ende, Flores. Di sana Soekarno bersemedi di Kawah Tiwy Ata Polo dan Tiwu Nua Muri Koo Faai. Di bagian tongkat tersebut terdapat ukiran monyet yang sering Soekarno gunakan untuk menunjuk para penjajah Belanda saat bertemu dengannya.

3. Pusaka Keris

Keris pusaka ini beliau dapat dari Keraton Yogyakarta, konon keris ini memiliki kekuatan magis di dalamnya. Bukan hanya satu keris, Bung Karno disebut-sebut memiliki tiga keris lainnya lho.

4. Batu Merah Delima

Soekarno juga memiliki batu akik kesayangan yang senantiasa beliau gunakan ke mana pun ia menjalankan tugas. Batu akik berwarna merah delima ini memiliki keindahan tersendiri dan menjadi hiasan yang sering menempel di jarinya. 

5. Peci Hitam

Soekarno juga sering mengenakan peci yang selalu menempel di kepalanya. Peci berwarna hitam ini menjadi ciri khas Soekarno ketika beliau menjalankan tugas kenegaraan. Peci ini merupakan simbol perlawanan terhadap para penjajah. Mungkin ini pula yang menjadi alasan kenapa para presiden RI selalu mengenakan peci dari dulu hingga sekarang.

6. Jas Putih

Terakhir adalah jas. Yap, dalam berpenampilan Soekarno juga seseorang yang sangat memperhatikan pakaiannya. Di beberapa kegiatan kenegaraan Soekarno mengenakan jas putih yang menambah kegagahan dari Presiden Soekarno.

Itulah beberapa benda pusaka yang sering digunakan oleh Presiden Soekarno saat menjalankan kegiatan kenegaraan. Apakah kamu tertarik melihat langsung benda-benda peninggalan Soekarno ini? Beberapa benda ini dapat kamu temui di museum-museum demi terjaganya kelestarian sejarah yang terdapat pada benda tersebut.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Fatwah Diniaty
Gak Punya Quote Nih!
10SHARES