Industri Film Indonesia Semakin Membanggakan, 3 Film Ini Berhasil Go Internasional Tahun Ini!

30 Desember 2017
|Pandu Rijal Pasa
0SHARES

Para pegiat film Indonesia sepertinya tidak pernah berhenti untuk membanggakan tanah air. Setiap tahunnya, selalu saja ada film yang bisa sukses di dunia global lewat festival film. Contohlah seperti Laskar Pelangi (2008), Lovely Man (2011) serta sederet film lainnya yang tentu saja tidak bisa disebutkan satu per satu disini.

Tahun ini, kita memiliki beberapa film yang sukses di kancah lokal serta menjadi perbincangan di kancah internasional, bahkan hingga di putar di festival film di luar Indonesia. Berikut ini adalah tiga film yang menjadi perbincangan menarik tahun ini :

1. Ziarah

Untuk kamu yang tidak terlalu suka dengan film indie, mungkin judul film ini tidak akan terdengar familiar. Film independen ini memang sejatinya tidak disiapkan untuk bioskop Indonesia, dan percaya atau tidak, nyatanya film ini malah sukses baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Pada tahun 2017 ini saja, film Ziarah sukses mendapat penghargaan Film Terbaik Pilihan Juri dan Skenario Terbaik di ASEAN International Film Festival and Awards (AIFFA) 2017. Film yang isinya menceritakan tentang perjalanan seorang nenek berusia 95 tahun yang mencari makam suaminya ini juga sudah tayang di Tokyo International Film Festival (TIFF) 2017.

2. Marlina Si Pembunuh Empat Babak

Film ini memang baru tayang di Indonesia pada November kemarin, yang merupakan kolaborasi Indonesia dengan beberapa negara seperti Prancis, Malaysia, Singapura serta Thailand. Namun, film Marlina si Pembunuh Empat Babak ini sempat masuk dalam seleksi Festival Film Cannes pada Mei kemarin. Selain itu, film ini juga telah tampil di New Zealand International Film Festival, Melbourne Film Festival, Toronto International Film Festival dan yang terakhir tampil di Five Flavours Film Festival, Polandia pada September 2017 lalu. Sudah banyak penghargaan yang diraih oleh film ini baik dari segi film, aktor maupun untuk sutradara.

3. Pengabdi Setan

Film Pengabdi Setan (2017) ini banyak merebut atensi dari penonton bioskop yang ada di Indonesia. Setidaknya, sudah ada 4 juta penonton sejak awal penayangannya di bioskop dan telah menjadi film terlaris di Indonesia sepanjang tahun 2017. Setelah sukses di dalam negeri, film yang dibesut oleh Joko Anwar ini juga mengikuti tiga festival film internasional, yaitu Toronto International Film Festival, American Film Market dan Hawaii Film Festival pada November tahun ini. Selain tayang di beberapa festival film internasional, film horor ini direncanakan akan tayang juga di 23 negara di seluruh dunia.

Tidak hanya ketiga film tersebut, sebenarnya masih banyak film-film Indonesia yang dihargai di luar negeri dengan baik. Film-film ini sebenarnya hanya sebagian kecil dari yang meraih kesuksesan di tahun 2017 ini. Semoga ini tidak lantas membuat sineas film Indonesia berpuas diri, namun justru seharusnya in imenjadi pelecut untuk terus berkarya di dunia film supaya industri film Indonesia semakin maju di kancah perfilman global.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Pandu Rijal Pasa
"Be The Best Version of You"
0SHARES