Indonesia Patut Bangga, Prestasi Kontingen Garuda Berhasil Ciptakan Perdamaian Dunia

www.hariandeteksi.com

Pernah gak sih kamu mendengar yang namanya Kontingen Garuda atau Pasukan Garuda? Kontingen (Konga) Garuda adalah pasukan elit Tentara Nasional Indonesia yang bertugas sebagai pasukan perdamaian di negara-negara lain. Indonesia sudah mengirim pasukannya untuk menjaga kestabilitasan perdamaian PBB sejak tahun 1957.

Tahukah kamu bahwa Kontingen Garuda berhasil menyelesaikan misi-misi perdamaian di berbagai belahan dunia. Bangga? Tentu saja dong. Prestasi tentara Indonesia memang bisa disandingkan dengan tentara-tentara elit negara lain. Bagi kamu yang gak percaya tentang kehebatan Kontingen Garuda dalam misi perdamaiannya, YuKepo udah merangkum beberapa misi yang berhasil dilakukan oleh Kontingen Garuda. Penasaran? Langsung aja yuk kepoin.

1. Menangkap pemberontak di Kongo pakai “hantu”

infrastrukturnews.com

Ini adalah salah satu pertempuran yang paling unik yang pernah dilakukan oleh Konga. Pada tahun 1962 di Kongo sedang ada pergolakan dengan aksi separatis pimpinan Moises Tsommbe yang ingin melepaskan diri dari Republik Demokratik Kongo. Otomatis terjadilah pertempuran antara kubu Tsommbe dengan pemerintah. Rakyat sipil pun banyak yang menjadi korban. Oleh karena itu Kontingen Garuda III di bawah pimpinan Kolonel Kemal Idris berangkat ke Kongo sebagai pasukan perdamaian di bawah United Nations Operation in the Congo (UNOC).

Gak tanggung-tanggung, sekitar 2.000an gerilyawan Kongo menyerang Pasukan Garuda yang hanya dijaga 300 tentara. Untungnya tidak ada korban pada pasukan Indonesia. Pimpinan Konga, Kolonel Idris memerintahkan untuk melakukan serangan balasan dengan sebuah trik hantu spritesses (yang sangat gerilyawan takuti karena percaya takhayul). Trik itu pun berhasil, padahal Kolonel Idris hanya mengutus 30 prajurit untuk menangkap 3.000 gerilyawan tanpa jatuh korban. Sungguh cara yang unik.

2. Selamatkan tentara Spanyol

garudamiliter.blogspot.co.id

Prestasi Kontingen Garuda kali ini terjadi pada saat mereka sedang bertugas untuk menjaga perdamaian di Lebanon. Kejadiannya adalah ada sekitar 60 tentara Spanyol yanng sedang patroli mengendarai 10 panser. Pada saat berpatroli mereka mencurigai kabel saluran air yang mereka duga adalah jalur komunikasi milik kelompok Hizbullah dan difotolah kabel itu.

Kelompok Hizbullah mengetahui kejadian itu dan langsung terjadi aksi kejar-kejaran di antara mereka. Kelompok Hizbullah sudah siap dengan membawa 10 motor, mobil lengkap dengan senjata AK-47 dan roket antitank. Terpaksa dong para tentara Spanyol itu meminta bantuan kepada Konga. Akhirnya dengan ditengahi oleh pasukan Indonesia, tentara Spanyol meenyerahkan memory card kamera tersebut kepada Hizbullah. 

3. Cegah bentrokan Lebanon – Israel

sumbawanews.com

Suasana tegang ini disebabkan oleh sebuah pohon tumbang yang ada di garis biru perbatasan Lebanon dan Israel. Rupanya ada ketidaksepakatan di antara tentara IDF (Israel Defence Force) dan LAF (Lebanese Armed Force) mengenai pohon yang tumbang tersebut. Tentara IDF berniat untuk memotong pohon tumbang tersebut sementara LAF tidak setuju. Kedengarannya sepele banget ya.

Mendengar hal itu Konga langsung bergerak berjaga di sepanjang garis biru perbatasan tersebut. Konga segera menempatkan diri di tengah-tengah antara perbatasan tersebut. Setelah dilakukan penjagaan oleh Konga, tentara IDF memotong pohon yang tumbang tersebut dengan 2 tentara penjaga yang siap menembak ke arah LAF. Sebaliknya, LAF juga sudah bersiap dengan senjatanya yang mengarah ke IDF. Untung ada Konga, insiden ini bisa dilewati tanpa pertumpahan darah.

4. Penemuan alat mata-mata di perbatasan Lebanon dan Israel

tanahairnews.com

Kontingen Garuda berhasil menemukan dua kotak misterius yang berada di perbatasan Lebanon dan Israel. Setelah diselidiki, 2 kotak misterius itu adalah alat mata-mata. Mengetahui hal itu, kedua kubu Israel dan Lebanon menjadi menegang.

Sigapnya pasukan Indonesia, mereka langsung membentuk barikade dengan menggunakan kendaraan tempur seperti ANOA dan VAB di tengah perbatasan Lebanon dan Israel. Dengan dibentuknya barikade seperti ini sama saja mencegah baku tembak di antara kedua belah pihak sampai 2 kota misterius itu berhasil diidentifikasi.

5. Keahlian diplomasi, satu remaja Lebanon selamat

www.boombastis.com

Seorang remaja Lebanon berusia 15 tahun ditangkap oleh tentara Israel karena ketahuan melempari pagar perbatasan Israel. Konga berupaya untuk membebaskan anak itu dengan mengutus beberapa anggota Konga untuk mencoba berdiplomasi dengan pihak Israel. Pihak Konga berusaha meyakinkan Israel bahwa pelaku pelemparan itu adalah bocah di bawah umur. Negosiasi yang berlangsung alot selama 4 jam tersebut akhirnya bisa membebaskan bocah itu.

Mengetahui kapabilitas dari Kontingen Garuda dalam kancah militer dunia memang gak bisa diragukan lagi. Selain harus menguasai berbagai strategi ternyata juga harus menguasai bidang diplomasi. Bangga ya?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Predator Seksual di Dating Apps Kembali Terkuak, Sudah Makan Korban Hingga 150 Orang! | Keepo.me

Predator Seksual di Dating Apps Kembali Terkuak, Sudah Makan Korban Hingga 150 Orang! | Keepo.me

Ngeri! Di Tempat-tempat Inilah Soekarno Menikmati Kekejaman Pemerintah Belanda

Ngeri! Di Tempat-tempat Inilah Soekarno Menikmati Kekejaman Pemerintah Belanda

Mengira Dibawakan Bekal Makanan Idaman, Isinya Justru Bikin Warganet Auto Ngakak | Keepo.me

Mengira Dibawakan Bekal Makanan Idaman, Isinya Justru Bikin Warganet Auto Ngakak | Keepo.me

Apa Jadinya Indonesia Jika Rencana Tata Negara Presiden Soekarno Dilaksanakan?

Apa Jadinya Indonesia Jika Rencana Tata Negara Presiden Soekarno Dilaksanakan?

Inilah Sosok Dewi Keke, Wanita yang Jadi Istri Kedua Azis Gagap | Keepo.me

Inilah Sosok Dewi Keke, Wanita yang Jadi Istri Kedua Azis Gagap | Keepo.me

Selain Megawati, Ternyata Masih Ada 10 Lagi Anak Dari Presiden Soekarno

Selain Megawati, Ternyata Masih Ada 10 Lagi Anak Dari Presiden Soekarno

loading