Indonesia Akan Segera Memiliki 'Kapal Induk' dari 3 Pulau Terluarnya. Wah, Gimana Tuh?

01 Januari 2018
|Pandu Rijal Pasa
2SHARES

Ketahanan Nasional sangat erat kairannya dengan infrastruktur militer dalam suatu negara. Oleh karenanya, pembangunan fasilitas yang berkaitan dengan keperluan Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus menerus dikembangkan. Salah satu yang hendak dibangun adalah Kapal Induk bagi militer Indonesia. Namun tidak seperti kapal induk yang dimiliki oleh negara lain, Indonesia akan menggunakan tiga pulau terluarnya sebagai ‘kapal induk’ atau pangkalan militer angkatan lautnya. Ketiga pulau itu adalah Pulau Natuna, Pulau Bitung dan Pulau Selaru.

Seperti ditegaskan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi, ‘kapal induk’ ini nantinya akan difungsikan sebagai benteng pertahanan paling luar untuk mencegah ancaman di wilayah perbatasan. Setiap tahun, anggaran pertahanan negara yang disiapkan oleh Pemerintah Indonesia bisa dibilang cukup besar. Dan anggaran untuk merealisasikan proyek ini pun telah disiapkan, meskipun sampai saat ini baru pangkalan yang ada di Natuna saja yang telah memulai pembangunan, sedang yang dua pulau lainnya akan menyusul sesegera mungkin.

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, menjelaskan bahwa ketiga pulau ini dipilih, dari belasan ribu pulau yang dimiliki oleh Republik Indonesia, adalah karena dinilai memiliki peran strategis yang kaitannya dengan lokasi pulau tersebut. Natuna, misalnya, berbatasan dengan Tiongkok dan Filipina. Bitung yang terletak di utara ini juga berbatasan secara langsung dengan Filipina. Sedangkan Selaru akan menjadi batas paling luar Indonesia dengan Australia. Seperti diketahui bahwa Indonesia berbatasan langsung dengan cukup banyak negara, sehingga pemilihan pulau yang tepat untuk dijadikan 'kapal induk' menjadi hal yang sangat penting dan perlu banyak pertimbangan yang matang.

Saat ini, TNI AL tercatat memiliki 74 ribu personil baik dari pelaut maupun marinir. Angkatan Laut juga memiliki 4 Kapal Selam serta 151 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI). Jumlah ini menjadikannya sebagai salah satu yang terbesar di Asia Tenggara, dan dengan dibangunnya ‘kapal induk’ sebagai benteng terluar Indonesia membuat harapan yang diberikan ke TNI AL untuk menjaga NKRI menjadi semakin besar.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Pandu Rijal Pasa
Gak Punya Quote Nih!
2SHARES