Heboh Sam Aliano Nyapres, Ini 5 Hal Selain Baliho yang Ia Butuhkan Untuk Berpolitik!

bangka.tribunnews.com

Indonesia memasuki tahun-tahun panas menjelang pemilihan presiden tahun 2019 mendatang. Sampai beberapa waktu yang lalu, belum ada nama calon presiden yang mengemuka, meski nama beberapa kandidat mencuat ke permukaan seperti Prabowo dan Agus Harimurti Yudhoyono. Tagar #2019GantiPresiden pun mulai memenuhi linimasa berbagai media sosial. Rakyat masih bersikap biasa saja, sampai kemudian muncul satu nama lagi yaitu Sam Aliano. Tentu kamu juga sudah mendengarnya, bukan?

1. Sam Aliano menjadi bahan perbincangan hangat karena janji kampanyenya yang antimainstream

travel.tribunnews.com

Jika selama ini janji-janji kampanye sebatas menuntaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan, Sam Aliano membuat janji yang cukup membuat orang-orang mengernyitkan dahi bermenit-menit, takut salah baca. “Indonesia Bebas Hutang” begitu yang tertulis di baliho-baliho bergambar dirinya yang telah terpampang di beberapa titik di ibukota. Padahal utang Indonesia mencapai Rp 9.000 Triliun terdiri dari utang pemerintah pusat dan utang luar negeri. Apakah Sam akan membayar utang tersebut dengan kekayaan pribadinya?

2. Selain itu, Sam juga berjanji akan mengumrahkan orang-orang yang memilihnya sebagai presiden

www.viva.co.id

Jumlah pemilih di Indonesia mencapai lebih dari 190 juta jiwa. Mari kita berimajinasi sejenak. Seandainya hanya ada dua calon presiden di tahun 2019, maka untuk menjadi presiden, seseorang harus memenangkan suara setidaknya 51%. Tinggal kalikan saja 51% (kali) 190 juta (kali) 20 juta (biaya rata-rata umrah per orang). Tak sulit menilai apakah janji ini masuk akal atau tidak.

3. Mencalonkan diri sebagai presiden tak sebatas mengiklankan diri sendiri lewat baliho

kumparan.com

Ada banyak syarat yang harus dipenuhi untuk mencalonkan diri sebagai presiden. Dilansir dari Kompas, syarat menjadi capres dan cawapres sebagaimana diatur Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2014 adalah sebagai berikut.

1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Warga Negara Indonesia sejak kelahirannya dan tidak pernah menerima kewarganegaraan lain karena kehendaknya sendiri.

3. Tidak pernah mengkhianati negara serta tidak pernah melakukan tindak pidana korupsi dan tindak pidana berat lainnya.

4. Mampu secara rohani dan jasmani untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai presiden dan wapres.

5. Bertempat tinggal di wilayah NKRI.

6. Telah melaporkan kekayaannya kepada instansi yang berwenang memeriksa laporan kekayaan penyelenggara negara.

7. Tidak sedang memiliki tanggungan utang secara perseorangan dan/atau secara badan hukum yang menjadi tanggung jawabnya yang merugikan keuangan negara.

8. Tidak sedang dinyatakan pailit berdasarkan putusan pengadilan.

9. Tidak pernah melakukan perbuatan tercela.

10. Terdaftar sebagai pemilih.

11. Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan telah melaksanakan kewajiban membayar pajak selama lima tahun terakhir yang dibuktikan dengan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi.

12. Belum pernah menjabat sebagai presiden atau wapres selama dua kali masa jabatan dalam jabatan yang sama.

13. Setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945, dan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

14. Tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara lima tahun atau lebih.

15. Berusia minimal 35 tahun.

16. Berpendidikan paling rendah tamat SMA atau bentuk lain yang sederajat.

17. Bukan bekas anggota organisasi terlarang Partai Komunis Indonesia, termasuk organisasi massanya, atau bukan orang yang terlibat langsung dalam G30S/PKI.

18. Memiliki visi, misi, dan program dalam melaksanakan pemerintahan.

4. Itu baru syarat individu, belum termasuk syarat yang terkait dengan partai politik
www.tribunnews.com

Sam Aliano merupakan Bendahara Partai Idaman. Partai yang didirikan oleh H. Rhoma Irama ini tergolong masih baru di Indonesia. Sementara itu ada ketentuan ambang batas untuk dapat mengajukan seseorang menjadi calon presiden, yaitu parpol telah mencapai 20% atau 25% pada pileg dan pilpres sebelumnya, dalam hal ini tahun 2014. Meski masih menimbulkan pro dan kontra, jika aturan ini diterapkan pada pilpres mendatang, diprediksi hanya partai-partai besar seperti PDIP, Golkar, Nasdem dan Gerindra yang dapat memenuhi syarat, itupun masih harus berkoalisi.

5. Partai-partai baru atau yang anggotanya belum banyak terpilih dalam pilpres serta pileg periode sebelumnya harus berjuang ekstra
www.telegram.co.id

Berjuang ekstra dalam hal ini bergabung dalam koalisi besar. Dengan ambang batas yang ditentukan, prediksi yang muncul adalah kelak tahun 2019 hanya akan ada dua koalisi yang terbentuk. Peluang Sam Aliano tentu saja lebih kecil jika dibandingkan dengan capres yang diusung partai besar. Partai Idaman sendiri baru didirikan pada 2015 dan dideklarasikan pada 2016. Dilansir dari Tirto, saat ini Idaman memiliki 34 pengurus di tingkat provinsi, dan 400-an cabang pengurus di kabupaten/kota serta 3.000-an pengurus di kecamatan. Untuk yang terakhir, Partai Idaman masih membutuhkan tambahan pengurus.

Jika partainya saja masih memerlukan banyak perbaikan di sana-sini, pencalonan Sam Aliano menjadi presiden jadi terasa membingungkan. Kecuali jika ia maju sebagai calon independen, barangkali keadaan jadi berbeda. Semoga masyarakat tak langsung percaya janji kampanye yang tidak masuk akal dan tidak realistis. Yuk jadi pemilih cerdas.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tak Pernah Mengaku Muslim, Ini Jawaban Zayn Malik Soal Keyakinannya - Keepodotme

Tak Pernah Mengaku Muslim, Ini Jawaban Zayn Malik Soal Keyakinannya - Keepodotme

Nggak Terduga, Ternyata 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia Ini Pernah Gemparkan Dunia!

Nggak Terduga, Ternyata 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia Ini Pernah Gemparkan Dunia!

Sakit Tapi Tak Berdarah! Baru Ambil Uang Rp 47 Juta dari Bank, nggak Lama Uang Ini Raib Digondol Maling. Nyesek!  - Keepodotme

Sakit Tapi Tak Berdarah! Baru Ambil Uang Rp 47 Juta dari Bank, nggak Lama Uang Ini Raib Digondol Maling. Nyesek! - Keepodotme

Prabowo Vs Jokowi Babak 2: Inilah 5 Calon Potensial Pendamping Mereka dalam Pilpres 2019!

Prabowo Vs Jokowi Babak 2: Inilah 5 Calon Potensial Pendamping Mereka dalam Pilpres 2019!

Selain Bekas Jerawat, Inilah 5 Hal “Membekas” yang Sulit Dihilangkan - Keepodotme

Selain Bekas Jerawat, Inilah 5 Hal “Membekas” yang Sulit Dihilangkan - Keepodotme

Wajib Waspada, Inilah 5 Coretan Kode Rahasia Komplotan Maling di Dinding Rumah. Rawan!

Wajib Waspada, Inilah 5 Coretan Kode Rahasia Komplotan Maling di Dinding Rumah. Rawan!

loading