Heboh Perempuan Mengaku Nabi dari Makassar, Inilah 7 Nabi Palsu di Indonesia!

10 Agustus 2017
|Romlah Sundari
7.5 KSHARES

Belakangan ini, beredar sebuah video di dunia maya mengenai seorang perempuan di Makassar yang mengaku sebagai nabi setelah Nabi Muhammad. Perempuan yang diketahui bernama Hadasari ini mendatangi kantor Kementerian agama yang berada di Rapoccini, Makassar, Sulawesi Selatan dan menyatakan dirinya sebagai nabi dan telah menerima firman Tuhan. Ia mengklaim mendapatkan firman yang berupa bisikan dari dalam dan ditugaskan Tuhan untuk menyebarkannya. Ia bukan hanya menghimbau seluruh manusia agar menjadi islam, namun juga menghimbau semua orang untuk berhijrah ke Makassar. Ibu Hadasari ini sebenarnya sudah muncul dan menghebohkan dunia maya sejak tahun 2015 lalu, saat dirinya mengaku sebagai nabi dan mengubah namanya menjadi “Hidasari Nabiyulla Putri Mahkota Raja Gowa”.

Keberadaan ibu Hadasari yang tersebar melalui grup facebook Info Kejadian Kota Makassar ini bukanlah yang pertama kali terdengar di Indonesia. Sebelumnya, sudah ada beberapa orang di Indonesia yang pernah mengaku sebagai nabi atau utusan Tuhan. Bahkan ada yang mengklaim dapat memasukkan siapapun ke surga asal membayar sebanyak dua juta rupiah kepadanya. Hmm, siapa saja sih nabi palsu di Indonesia? Ini 7 nabi palsu yang berhasil Yukepo kumpulkan!

1. Ashriyanti Samuda

Ashriyanti adalah seorang perempuan asal Kepulauan Sula, Maluku, yang pernah mengaku mendapat bisikan gaib dari Tuhan. Wahyu ini menyatakan bahwa ia adalah seorang nabi terakhir setelah Nabi Muhammad. Perempuan yang pernah menjabat sebagai PNS ini lantas menuangkan wahyu yang diterimanya dengan cara menulis sebuah buku. Namun klaim Ashriyanti ini justru berujung membawanya ke meja pengadilan pada tahun 2012 lalu.

2. Ahmad Musaddeq

Pernah dengar tentang organisasi Gerakan Fajar Nusantara atau Gafatar? Nah, Ahmad Musaddeq adalah nabi yang diikuti oleh organisasi menyimpang ini. Awalnya, Musaddeq telah mengaku sebagai nabi sejak tahun 2006 silam. Ia menjadi nabi dan rasul bagi sebuah aliran sesat yang bernama Al-qiyadah Al-Islamiyah. Namun pernyataan yang berujung pada penahanannya ini membuatnya mengaku bertaubat pada tahun 2007 silam. Beberapa tahun lalu, nama Musaddeq kembali mencuat sebagai nabi dan rasul dari organisasi Gafatar.

3. Cecep Solihin

Salah satu nabi palsu yang kontroversial adalah Cecep Solihin. Pria kelahiran 1965 ini mengaku sebagai nabi palsu dan menyuruh pengikutnya untuk melaksanakan hal-hal yang melanggar hukum seperti meminjam uang di bank tanpa perlu mengembalikannya, hingga menolak untuk mengakui NKRI. Tidak hanya itu, Cecep juga menghimbau pengikutnya untuk berhijrah ke Aceh. Cecep akhirnya ditangkap di Bandung pada tahun 2014 lalu.

4. Eyang Ended

Eyang kontroversial yang satu ini merupakan seorang dukun yang dikenal sakti di Serang, Banten. Selain menjadi dukun, ia juga mengaku sebagai nabi dan mendapatkan wahyu untuk menyelamatkan manusia dari bencana yang akan terjadi dengan cara membangun sebuah pondok bambu di Serang, Banten. Meski pengakuannya ini sudah bersifat kontroversial, namun yang lebih kontroversial lagi adalah kasus pencabulan yang ia lakukan terhadap 30 lebih perempuan yang berobat atau berkonsultasi kepadanya. Akhirnya,  Eyang Ended berhasil ditangkap di Lampung pada tahun 2005 silam.

5. Sri Hartati

Perempuan asal Pekalongan ini pernah mengakui dirinya sebagai utusan Tuhan. Pengakuan ini berawal dari perjalanan spiritual yang dialaminya saat menderita sakit parah di tahun 2009. Sebagai tindak lanjut dari pengakuannya, ibu yang pernah menjadi guru ini menulis sebuah kitab suci yang digunakan sebagai pedoman. Kitab dengan 317 halaman ini lantas diberinya nama Alkitab Na’sum.

6. Abdul Muhjib

Abdul Muhjib adalah salah satu nabi komersil yang menjual surga dengan harga dua juta rupiah. Nabi palsu yang satu ini menyatakan dapat memasukkan siapa saja ke surga selama ia menjadi pengikutnya dan membayar dua juta rupiah kepadanya. Ia juga menyampaikan tata cara beribadah yang baru yang katanya didapatkan langsung dari Malaikat Jibril. Pria dari Karawang, Jawa Barat ini lantas dianggap meresahkan warga sekitar dan lantas dilaporkan ke pihak kepolisian untuk ditindaklanjuti.

7. Lia Eden

Siapa yang tidak tahu sepak terjang nabi palsu yang paling kontroversial ini? Lia Eden adalah salah satu nabi palsu paling sukses di Indonesia dengan banyak sekali orang menjadi pengikutnya, bahkan dari kalangan selebritis dan cendekiawan. Lia Eden, atau yang memiliki nama asli Lia Aminuddin ini mendirikan ajaran baru yang dinamainya Salamullah. Ia mengaku sebagai messiah yang ditunjuk oleh Tuhan melalui wahyu yang diberikan oleh Malaikat Jibril kepadanya. Tidak hanya itu, ternyata Lia Eden merangkap peran selain sebagai messiah, ia juga merupakan titisan Bunda Maria sehingga anaknya, Ahmad Mukhti menjadi titisan dari Yesus.

Entah apa sebenarnya yang menyebabkan orang-orang ini percaya bahwa dirinya adalah utusan Tuhan, namun nampaknya menjadi utusan Tuhan merupakan profesi yang cukup menghasilkan di Indonesia. Nyatanya, surga saja dapat dijual oleh Nabi Palsu ini. Belum lagi buku-buku yang lantas harus dibeli oleh para pengikutnya.  Namun, pengakuan sebagai Nabi ini jelas menyalahi agama dan berisiko melanggar hukum karena dianggap sebagai penipuan terhadap masyarakat.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
7.5 KSHARES