Harus Bangga! Sumber Daya Alam Indonesia Memiliki Predikat Terbaik di Dunia

commons.wikimedia.org

Kamu pasti tahu Indonesia adalah Negara dengan sumber daya alam yang luar biasa, sampai-sampai Koes Plus menciptakan lagu untuk menggambarkannya. Masih ingat lagu "Kolam Susu"? 'Orang bilang tanah kita tanah surga. Tongkat kayu dan batu jadi tanaman'. Yup, itu adalah bagian dari lirik lagu tersebut. Kamu percaya? Harus! Karena potensi sumber daya alam Indonesia pun telah diakui di dunia. Berikut ini buktinya!

1. Penghasil Emas Terbanyak Ke-9 di Dunia

kokorosot.info

Data ini dikeluarkan oleh US Geological Survey (USGS) pada Januari 2015. Tiap tahunnya, Indonesia mampu memproduksi sebanyak 10 ton emas. Tambang emas Indonesia yang paling besar adalah Grashberg yang terletak di Puncak Jaya. Sayangnya, sebagian besar sahamnya masih dimiliki oleh perusahaan asing asal Amerika.

2. Penghasil Teh Terbanyak Ke-7 di Dunia

www.wego.co.id

Sebelumnya Indonesia menempati peringkat kelima sebagai penghasil teh terbanyak di dunia, tapi peringat tersebut menurun karena banyak kebun teh yang dialihkan fungsinya. Menurut Food and Agriculture Organization of United States (FAO), produksi teh Indonesia mencapai 130 ribu ton (2015)  dan hampir 50%-nya menjadi komoditi ekspor.

3. Penghasil Tembakau Terbanyak Ke-6 di Dunia

beritagar.id

Bukan hanya kuatitas, tetapi kualitas tembakau Indonesia juga menjadi yang terbaik di dunia kedua setelah Kuba. Tembakau dengan kualitas terbaik itu dibudidayakan di Jember , Jawa Timur.

4. Penghasil Kopi Terbanyak Ke-4 di Dunia

www.pikiran-rakyat.com

Belanda membawa kopi masuk ke Indonesia pada tahun 1669. Pada abad ke-17, Indonesia menjadi penghasil kopi terbanyak pertama di dunia, sampai-sampai jawa dibaca java menjadi bahasa gaul untuk kopi. Sayangnya produksi menurun karena serangan hama.

5. Penghasil Beras Terbanyak Ke-3 di Dunia

beritadaerah.co.id

Menurut FAO, pada tahun 2015 Indonesia mampu menghasilkan beras sebanyak 70,8 juta ton, menempati peringkat ketiga setelah China dan India. Namun, bukannya mengekspor, Indonesia justru masih mengimpor beras sebanyak 1 juta ton. Wah, kira-kira penduduknya yang terlalu banyak atau produksinya yang masih terlalu kecil ya?

6. Penghasil Batubara Terbanyak Ke-3 di Dunia

mapio.net

Dengan produksi sebanyak 281,7 ton, Indonesia menempati peringkat ketiga penghasil batubara terbanyak di dunia setelah China dan Amerika Serikat. Indonesia juga menempati peringkat kedua eksportir batubara di dunia.

7. Penghasil Kakao Terbanyak Ke-3 di Dunia

www.cnnindonesia.com

Siapa, sih, yang nggak tahu kakao? Biji buah ini difermentasi untuk menghasilkan coklat. Ternyata, negara kita adalah penghasil kakao terbanyak ketiga di dunia lho! Sayangnya, Indonesia belum mampu menjadi produsen coklat terenak di dunia. Hmmm, mungkin membuat brand coklat dalam negeri bisa jadi peluang bisnis kamu guys.

8. Penghasil Tembaga Terbanyak Ke-3 di Dunia

www.voaindonesia.com

Di mana ada emas, di situ pasti ada tembaga. Kalimat ini cocok banget untuk Indonesia. Sayangnya salah satu tambang tembaga terbesar di Indonesia masih dikelola oleh perusahaan asing. Seandainya perusahaan negara yang mengelola tambang in, apakah produksi emas Indonesia akan bertambah banyak?

9. Penghasil Karet Alam Terbanyak Ke-2 di Dunia

novernachristylovita.wordpress.com

Meskipun terdapat banyak hambatan, seperti anjloknya harga karet dunia dan gangguan cuaca, jumlah produksi karet alam Indonesia tetap tinggi. Semoga hambatan tersebut dapat segera diatasi dam Indonesia juga mampu mengolah karet alamnya secara mandiri, ya!

10. Penghasil Vanili, Kayu Manis, Lada Putih dan Cengkeh Terbanyak Pertama di Dunia

www.jaminenak.com

Masih ingat tujuan Portugis dan Belanda menjajah Indonesia? Yup! Mereka ingn menguasai perdagangan rempah-rempah Indonesia. Ternyata sampai saat ini rempah-rempah Indonesia masih menjadi nomor satu di dunia!

11. Pengasil Kelapa Sawit Terbanyak Pertama di Dunia

www.kebunpedia.com

Ternyata kelapa sawit bukan hanya membawa tinggi nama Indonesia di dunia, tetapi juga menyumbangkan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia karena produksi dan pengolahannya membuka begitu banyak lapangan pekerjaan. Tertarik untuk bekerjadi kebun kelapa sawit?

Bagaimana guys? Apakah informasi barusan menambah kecintaan kamu kepada Indonesia? Well, di tengah-tengah politik dan hukum Indonesia yang bikin pusing, ternyata Negara kita memiliki potensi yang luar biasa ya! Mari kita anak muda semangat untuk membangun Indonesia kita.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Rekomendasi 10 Laptop Toshiba Terbaik dan Terbaru 2019 | Keepo.me

Rekomendasi 10 Laptop Toshiba Terbaik dan Terbaru 2019 | Keepo.me

Sensasi Nonton Layar Tancep, Dari Gerimis Langsung Bubar Hingga Duduk Beralaskan Koran Bekas

Sensasi Nonton Layar Tancep, Dari Gerimis Langsung Bubar Hingga Duduk Beralaskan Koran Bekas

100% Ampuh! 9 Cara Mengobati Ambeien Secara Alami Tanpa Operasi | Keepo.me

100% Ampuh! 9 Cara Mengobati Ambeien Secara Alami Tanpa Operasi | Keepo.me

Sudah Lama di Indonesia, Berita Hoax Zaman Soekarno Hingga Jokowi Ini Bikin Repot

Sudah Lama di Indonesia, Berita Hoax Zaman Soekarno Hingga Jokowi Ini Bikin Repot

Cara Download Foto di Instagram Paling Lengkap dan Anti Rempong | Keepo.me

Cara Download Foto di Instagram Paling Lengkap dan Anti Rempong | Keepo.me

Sudah Koleksi Uang Baru Indonesia? Simak Dulu Latar Belakang Pahlawan di Uang Baru

Sudah Koleksi Uang Baru Indonesia? Simak Dulu Latar Belakang Pahlawan di Uang Baru

loading