Gemasnya Keterlaluan, Tapi 6 Kucing Asli Indonesia Ini Terancam Punah. Bikin Pengen Mewek!

18 April 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Kucing menjadi salah satu hewan yang dipilih untuk dipelihara. Kelakuan yang menggemaskan dan tampang yang lucu menjadi alasannya. Ada beberapa jenis kucing yang dikenal oleh masyarakat luas. Misalnya, kucing Angora, kucing Persia, hingga kucing Sphynx. Nah, bicara soal jenis kucing, ternyata ada lho kucing-kucing asli Indonesia. Sayangnya, beberapa sudah terancam punah. Untuk itu, kali ini kita akan membahas 6 kucing asli Indonesia yang terancam punah. Yuk, kepo!

1. Kucing merah

Seperti namanya, kucing asli Kalimantan ini memiliki bulu berwarna merah. Kucing Merah atau Bornean Bay Cat menjadi salah satu kucing asli Indonesia yang terancam punah. Pernyataan tersebut dituturkan oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN). Meski dinyatakan hampir punah, belum ada data terkait jumlah populasi kucing ini.

2. Kucing berkepala datar

IUCN menyatakan bahwa kucing berkepala datar (flat headed cat) terancam punah. Pernyataan tersebut dilontarkan sejak tahun 2008. Kucing asli Indonesia yang memiliki penampilan seperti berkepala datar ini tersebar di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Kabarnya, sejak tahun 2008, jumlah populasi yang tersisa hanya sekitar 2.500 ekor.

3. Kucing hutan

Penampilan kucing hutan menyerupai leopard sehingga tak salah jika kucing ini disebut Asian Leopard Cats.  Kucing ini memang tersebar di beberapa negara Asia. Untuk wilayah Indonesia, kita bisa menjumpainya di Jawa, Bali, Sumatera, dan Kalimantan. Karena termasuk hewan hampir punah, keberadaannya pun dilindungi undang-undang.

4. Kucing bakau

Kucing bakau atau dikenal juga dengan nama fishing cat berhabitat di bakau, rawa, atau tepian sungai yang terkena pasang surut air laut. Kucing jenis ini tersebar di Pulau Jawa. Berbeda dengan kucing pada umumnya, kucing bakau bisa menyelam. Lapisan selaput pada kukunya membantu kucing bakau menyelam untuk mencari mangsa. Sayangnya, kucing ini juga terancam punah. Kabar baiknya, kucing ini telah ada di Way Kambas, suaka marga satwa di Sumatra.

5. Kucing batu

Kucing batu bisa ditemukan di negara-negara Asia Tenggara dan Asia Selatan. Untuk wilayah Indonesia, kucing batu atau marble cats bisa dijumpai di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Keahlian kucing ini adalah memanjat pohon. Bahkan, kucing batu akan betah berlama-lama di pohon. Diperkirakan jumlah kucing ini hanya sekitar 10.000 ekor di seluruh dunia.

6. Kucing emas

Kucing emas pernah dianggap punah di tahun 2005. Namun, potret kucing emas di Way Kambas berhasil menepis kabar buruk tersebut. Sejak saat itulah, keberadaannya dilindungi undang-undang.  Kucing emas memang sering dijadikan hewan peliharaan karena dianggap memiliki kekuatan magis.

 

 

 

Nah, sekarang sudah tahu kan ada jenis kucing asli Indonesia yang hampir punah. Kalau kalian melihatnya, jangan diambil lalu dibawa pulang ya meskipun mereka sangat lucu. Berikan mereka ke konservasi hewan yang ada di Indonesia. Yuk selamatkan hewan-hewan asli Indonesia!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES