Gak Hanya di Luar Negeri, Ternyata Indonesia Juga Punya Kampung Warna-warni

proklamasi.co

Kalau di artikel YuKepo beberapa hari yang lalu kamu disuguhkan dengan informasi mengenai pemandangan kota-kota di dunia yang penuh dengan warna, beda dengan kali ini. Kali ini YuKepo mau membahas mengenai kampung warna-warni yang ada di Indonesia. Kampung warna-warni yang ada di Indonesia bahkan sebelumnya merupakan perkampungan yang kumuh dan jauh dari kata indah.

Mungkin sebagian dari kamu gak percaya dengan keberadaan kampung warna-warni ini mengingat perubahannya yang cukup drastis. Dari perkampungan yang kumuh menjadi perkampungan yang indah. Otomatis tingkat kebahagiaan masyarakat yang tinggal di sana pastinya meningkat. Penasaran sama kampung warna-warni ini? Yuk langsung aja kepoin!

1. Kampung Jodipan, Malang, Jawa Timur

forum.liputan6.com

Kampung Jodipan ini berada di tepi sungai Brantas. Di kampung ini disuguhi berbagai warna tembok yang tidak monoton alias warna-warni. Kampung ini menjadi begitu berwarna atas prakarsa delapan orang mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang yang menggandeng kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) sebuah perusahaan cat demi melaksanakan tugas kuliahnya. Karena tugas yang berhubungan dengan hubungan masyarakat itu, kampung yang awalnya kumuh ini menjadi begitu indah.

2. Kampung Code, Yogyakarta

firefrox.blogspot.co.id

Kampung Code ini terletak di Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta atau di sebelah timur Kali Code yang membelah Kota Yogya. Kampung yang awalnya merupakan kampung yang biasa saja ini kemudian disulap oleh seorang pemuka agama Katolik sekaligus arsitek yaitu Romo Y.B. Mangunwijaya. Pada awal tahun 1980-an kampung ini merupakan perumahan bambu-bambu yang cenderung kumuh. Baru pada pertengahan tahun 1980 Romo Mangunwijaya bersama beberapa mahasiswanya untuk menyulap kampung ini. Gak hanya menjadikan kampung ini lebih berwarna, Romo Mangunwijaya bersama para mahasiswanya juga membangun sumur, MCK dan balai pertemuan warga.

3. Kampung Bulak, Surabaya

www.boombastis.com

Surabaya rupanya gak mau ketinggalan dengan menyulap sebuah perkampungan biasa menjadi penuh warna. Kampung Bulak ini berada di pesisir pantai Kenjeran yang merupakan pusat jual beli ikan di Surabaya Utara. Kampung nelayan yang awalnya biasa banget itu kemudian disulap menjadi kampung warna-warni yang diprakarsai oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Gak heran kalau sekarang Kampung Bulak jadi ramai dikunjungi para wisatawan bahkan sudah menjadi ikon di Surabaya.

4. Kampung Kali Werno, Semarang

travelingyuk.com

Kampung Kali Werno berada di Desa Bejalen, Kecamatan Ambarawa, Semarang. Kampung ini berada di sebelah Sungai Kalipanjang. Kampung yang dulunya kumuh karena kebiasaan masyarakatnya yang membuang sampah sembarangan ini kemudian disulap menjadi kampung warna-warni dan penuh motif yang beragam. Dulunya masyarakat Kampung Kali Werno pernah memimpikan kampung ini menjadi tempat wisata. Jadilah mimpi itu kenyataan karena perharinya kampung ini kedatangan ratusan wisatawan. 

5. Teluk Seribu, Balikpapan

wisatabloid.com

Kali ini kampung warna-warni yang terakhir datang dari Balikpapan, Kalimantan Timur. Bedanya dengan kampung warna-warni di daerah lain yaitu konsepnya yang terapung. Mungkin pemerintah Balikpapan memang mau membuat semacam Venice di daerahnya. Kampung terapung ini merupakan sebuah jalan masuk ke tempat wisata yang bernama Teluk Seribu. Untuk menemani perjalanan masuknya, para wisatawan disuguhi pemandangan lukisan dari beberapa pelukis lokal. 

Nah, itulah tadi beberapa kampung warna-warni yang ada di Indonesia. Gimana? Gak kalah kan dengan kota-kota penuh warna yang ada di luar negeri? Dengan keindahan yang dimiliki tiap kampungnya, otomatis tingkat kebahagiaan para masyarakatnya meningkat dong. Selanjutnya, kampung mana lagi ya yang mau dibikin warna-warni kayak gini? 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Inilah 6 Artis Indonesia yang Banting Setir Jadi PNS | Keepo.me

Inilah 6 Artis Indonesia yang Banting Setir Jadi PNS | Keepo.me

7 Kerajaan Misterius ini Ada di Indonesia dan Tak Bisa Dibuktikan Ilmiah

7 Kerajaan Misterius ini Ada di Indonesia dan Tak Bisa Dibuktikan Ilmiah

Siapa Sangka, Deretan Seleb Tanah Air Ini Berasal dari Keluarga Bangsawan | Keepo.me

Siapa Sangka, Deretan Seleb Tanah Air Ini Berasal dari Keluarga Bangsawan | Keepo.me

Inilah Jenis-jenis Kerupuk di Indonesia yang Bikin Kamu Makan Lebih Nikmat

Inilah Jenis-jenis Kerupuk di Indonesia yang Bikin Kamu Makan Lebih Nikmat

Sebelum Sukses Dan Terkenal, 5 Artis Indonesia Ini Ternyata Pernah Jadi  Pembantu | Keepo.me

Sebelum Sukses Dan Terkenal, 5 Artis Indonesia Ini Ternyata Pernah Jadi Pembantu | Keepo.me

Kontribusi Pejuang Kemerdekaan Ini Top Banget, Walaupun Jarang Tertulis di Buku Sejarah

Kontribusi Pejuang Kemerdekaan Ini Top Banget, Walaupun Jarang Tertulis di Buku Sejarah

loading