Gak Habis Pikir, Inilah Deretan Nama SD yang Aneh di Indonesia

30 Juni 2017
|Atik Kencana S.

Dunia pendidikan di Indonesia memang gak habis-habis dalam menyajikan hal-hal unik. Mulai dari kurikulum yang silih berganti, tingkah guru yang unik, hingga deretan nama sekolah yang cenderung aneh. Ada-ada saja ya. Seperti yang kali ini akan dihadirkan oleh YuKepo mengenai deretan nama Sekolah Dasar (SD) yang cenderung aneh bin ajaib. Penasaran seperti apa sih nama SD yang aneh tersebut? Yuk langsung aja kita kepoin!

1. SD Negeri Bokong, Sleman – Yogyakarta

Sekilas agak kurang senonoh ya, tapi ya mau gimana lagi? Sekolah ini dinamakan seperti ini sesuai dengan nama dusunnya. Sekolah ini berada di Desa Sonoharjo, Margokaton, Seyegan, Sleman, Yogyakarta. Jadi ternyata dulunya Desa Sonoharjo bernama Dusun Bokong. Mungkin karena agak gak sopan makanya diganti. Tapi nama sekolahnya dipertahankan seperti ini. Mungkin untuk melestarikan apa yang sudah ada di masa lalu kali ya. 

2. SD Negeri 6 Danger, Lombok – Nusa Tenggara Barat

Tenang-tenang, ini bukan sekolah untuk para pelaku kriminalitas kok. Nama 'Danger' yang kalau di terjemahkan ke Bahasa Indonesia berarti bahaya ini tidak semata-mata merupakan sekolah untuk menciptakan marabahaya. Sama seperti Sekolah Dasar pada umumnya, sekolah ini rupanya terletak di Jalan Raya Mataram-Kayangan, Paok Motong, Masbagik, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. So, tenang aja udah pasti anti kriminal kok sekolah ini.

3. SD Negeri Setan, Magelang – Jawa Tengah

Waduh ngeri juga ya kalau ada yang nanya “Kamu sekolah di mana” eh dijawabnya “aku sekolah di SD Negeri Setan”. Jangan-jangan ini memang sekolah yang diperuntukkan untuk para makhluk halus? Hiiii ngeri. Padahal nama SD Negeri Setan ini memang dinamakan berdasarkan nama lokasinya yaitu Desa Setan Candiretno, Secang, Magelang, Jawa Tengah. Jadi jangan takut ya untuk masuk ke sekolah ini. 

4. SD Negeri Pocong, Bangkalan – Jawa Timur

SD Negeri ini bukan semata-mata diperuntukkan untuk para makhluk halus yang menyerupai permen. SD ini memang berada di Desa Pocong, Bangkalan, Jawa Timur. Jadi jangan takut untuk mendaftarkan anak atau ponakan di sekolah ini. Isinya semua manusia kok, hanya saja nama sekolah tersebut dinamai berdasarkan nama desa, yaitu Desa Pocong. 

5. SD Negeri Siluman 2, Tasikmalaya – Jawa Barat

Tadi ada SD Negeri Setan dan SD Negeri Pocong, kali ini ada juga SD Negeri Siluman 2. Memang sekilas kayaknya kok serem banget ya. Sekolah-sekolah ini kok menggunakan nama-nama makhluk halus begini? Jadi ngeri. Tapi jangan salah, SD Negeri Siluman 2 ini gak ada bedanya kok dengan sekolah-sekolah pada umumnya. Yang bikin heran adalah pengambilan nama sekolah ini bukan berdasarkan nama desa atau lokasi di mana sekolah ini berada. Buktinya SD Negeri Siluman 2 ini berada di Desa Setiajaya, Kecamatan Cibeureum, Tasikmalaya, Jawa Barat. Sama sekali gak ada nama “Siluman”-nya kan? Semoga aja gak ada siluman yang bersemayam di sekolah ini ya.

6. SD Negeri 1 Mengangkang, Banyumas – Jawa Tengah

Kalau kalian yang piktor alias “pikiran kotor” pasti bakalan senyam-senyum sendiri saat liat nama SD yang aneh ini. Jangan ngeres dulu ya. Penamaan sekolah ini memang berdasarkan pada nama lokasi sekolah, yaitu di Desa Somakaton, Mangangkang, Somagede, Banyumas. Pokoknya jangan lihat dari namanya aja, perhatiin lokasinya juga ya. 

7. SD Negeri Kolor II, Sumenep – Jawa Timur

Mentang-mentang nama SD ini adalah SD Negeri Kolor II, bukan berarti boleh menggunakan kolor saja di sekolah. Salah besar tuh. Nama sekolah ini diambil berdasarkan nama desa di mana sekolah ini berada. Sekolah ini berada di Desa Kolor Jl. Trunojoyo No. 210, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Jadi jangan salah sangka ya, semua siswa dan guru di sini tetap menggunakan seragam yang selayaknya. Bukan hanya menggunakan kolor semata. 

Nah itulah tadi deretan nama SD yang aneh di Indonesia. Mungkin ternyata masih banyak lagi nama sekolah yang aneh di Indonesia, hanya saja belum terekspos media. Memang unik sih nama SD di atas. Kok bisa kepikiran ya memberi nama SD seperti itu? 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
100 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
SHARES