Freeport Menolak Proposal Indonesia, Begini Isi Surat Penolakannya yang Dibilang Angkuh oleh Pengamat!

www.konfrontasi.com

Freeport memang terkenal sebagai perusahaan tambang "bandel" yang selalu bikin pusing pemerintah Indonesia. Nggak cuma isi kontrak karyanya aja yang merugikan pemerintah Indonesia dengan sistem bagi hasil yang nggak seimbang, Freeport juga bandel telah mencemari lingkungan dengan tidak membangun smelter atau instalasi pemurnian limbah tambang sehingga selama ini limbah Freeport terbuang langsung ke sungai di Papua yang mengakibatkan lingkungan di sekitar sungai mati dan masyarakat yang tinggal di sekitar sungai tidak bisa lagi memanfaatkan air sungai untuk keperluan sehari-hari, seperti mencuci dan masak.

Beberapa waktu lalu, Freeport kembali bandel dengan menolak proposal pemerintah Indonesia terkait skema divestasi saham antara Indonesia dengan Freeport. Memang bulan Agustus lalu dikabarkan Indonesia telah bersepakat dengan PT Freeport Indonesia bahwa mereka akan melaksanakan divestasi saham sebesar 51% yang berarti Freeport akan memberikan sahamnya kepada Indonesia sebesar 51%. Sebenarnya, keuntungan beralihnya saham Freeport dari tangan asing ke Indonesia adalah sebagai bentuk nasionalisasi PT Freeport Indonesia sehingga pembagian deviden saham akan lebih besar mengalir ke Indonesia.

Namun, lagi-lagi Freeport menolak skema ini melalui sebuah surat yang ditulis oleh Adkerson selaku Bos Besar PT Freeport Indonesia. Isi surat ini disebut angkuh oleh Pengamat Hukum Sumber Daya Alam dari Universitas Tarumanegara, Ahmad Redi, karena memperlihatkan keengganan PT Freeport Indonesia untuk mengikuti peraturan yang berlaku di Indonesia serta perhatian perusahaan tambang multinasional tersebut yang hanya berfokus pada keuntungannya semata dan tidak memperhatikan kepentingan nasional Indonesia. Penasaran seperti apa isi surat penolakannya? Simak daftar berikut, ya!

1. Freeport menolak divestasi saham dilangsungkan paling lambat dilakukan pada 31 Desember 2018

bisnis.liputan6.com

Pemerintah Indonesia menawarkan skema divestasi saham sebesar 51% yang berlangsung sampai tanggal 31 Desember 2018. Akan tetapi, PT Freeport Indonesia menolak dengan alasan bahwa mereka tidak memiliki kewajiban untuk divestasi dalam Kontrak Karya perusahaan mereka saat ini.

2. Freeport menolak divestasi saham dengan penghitungan keuntungan sampai tahun 2021

indonesiaexpat.biz

Pemerintah mengajukan penghitungan harga saham PT Freeport Indonesia untuk divestasi saham berdasarkan penghitungan keuntungan perusahaan multinasional tersebut sampai tahun 2021 mendatang. Namun PT Freeport menolak karena mereka memiliki hak kontrak untuk beroperasi di Indonesia sampai tahun 2041 sehingga akan lebih adil jika penghitungan divestasi saham mencakup keuntungan hingga tahun 2041.

3. Freeport menolak mekanisme divestasi dengan cara penerbitan saham baru

www.suratkabar.id

Pemerintah meminta mekanisme divestasi dengan cara penerbitan saham baru oleh PT Freeport Indonesia. Namun, PT Freeport bersikeras untuk melakukan divestasi dengan jalur pencatatan saham di bursa atau Initial Public Offering sehingga saham dijual melalui pelelangan dan harga saham tentu bisa jadi lebih tinggi dari yang telah ditentukan

4. Freeport menolak permintaan pemerintah untuk mendapatkan hak 51% dari total produksi di semua bidang

palembang.tribunnews.com

Permintaan pemerintah ini tidak benar-benar ditolak oleh PT Freeport Indonesia, namun mereka mensyaratkan bahwa divestasi dilakukan berdasarkan harga pasar yang adil (Fair Market Value), yakni berdasar pada penghitungan keuntungan PT Freeport Indonesia hingga tahun 2041.

5. Freeport menegaskan bahwa mereka menolak proposal skema divestasi saham di penutup surat
industri.bisnis.com

Dalam poin kelima surat penolakan PT Freeport Indonesia, Pemerintah Indonesia dinyatakan meminta akses pihak BUMN Indonesia terhadap data-data milik PT Freeport Indonesia. Perusahaan multinasional ini menyatakan bahwa mereka tengah menyiapkan sebuah wadah agar BUMN juga dapat mengakses data perusahaan, namun juga menekankan bahwa mereka merasa proposal skema divestasi saham dari pemerintah Indonesia tidak konsisten dengan hasil diskusi mereka saat perpanjangan kontrak beberapa waktu lalu.

Nah, kalau begini menurutmu siapa yang bandel? Pemerintah Indonesia atau PT Freeport Indonesia? Bagaimanapun, sebagai dua entitas yang memiliki kepentingan, aksi penolakan seperti ini adalah cara bagi PT Freeport Indonesia untuk mempertahankan kepentingan mereka dan pemerintah Indonesia sepatutnya juga mempertahankan kepentingan nasional dengan tidak bersikap lembek terhadap PT Freeport Indonesia. Sudah saatnya Indonesia tegas!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
5 Film Hollywood Terbaik yang Dibintangi oleh Musisi Terkenal - Keepodotme

5 Film Hollywood Terbaik yang Dibintangi oleh Musisi Terkenal - Keepodotme

Wow, GO-JEK Menjadi Salah Satu Perusahaan Paling Berpengaruh di Dunia, Lho

Wow, GO-JEK Menjadi Salah Satu Perusahaan Paling Berpengaruh di Dunia, Lho

Foto Cewek Berlatar Belakang Rumah Angker ini Simpan 'Penampakan' yang Bikin Hati Kesel Minta Ampun! - Keepodotme

Foto Cewek Berlatar Belakang Rumah Angker ini Simpan 'Penampakan' yang Bikin Hati Kesel Minta Ampun! - Keepodotme

Polri Akan Ganti Warna Pelat Nomor Kendaraan, Wah Jalanan Bakal Makin Warna-Warni Nih!

Polri Akan Ganti Warna Pelat Nomor Kendaraan, Wah Jalanan Bakal Makin Warna-Warni Nih!

Semuanya Dilakukan Sendiri, Foto Prewedding Unik Ini Bisa Jadi Inspirasi - Keepodotme

Semuanya Dilakukan Sendiri, Foto Prewedding Unik Ini Bisa Jadi Inspirasi - Keepodotme

Dari Haram Jual Beras hingga Punya Stasiun TV Sendiri, Inilah Uniknya Kasepuhan Ciptagelar!

Dari Haram Jual Beras hingga Punya Stasiun TV Sendiri, Inilah Uniknya Kasepuhan Ciptagelar!

loading