Foto-foto Ini Membuktikan Kehebatan Kereta Indonesia Dulu, Tapi Sekarang Kok Belum Secanggih Jepang?

id.wikipedia.org

Kereta api memiliki sejarah yang sangat panjang. Moda transportasi tua yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu ini menjadi salah satu moda transportasi modern pertama yang ada sebelum munculnya bis dan pesawat karena telah terlebih dahulu menjadi sarana transportasi umum yang banyak digunakan oleh masyarakat. Di Indonesia sendiri, kereta api telah ada sejak masa pra kemerdekaan. Pertama kali kereta diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1864 saat dimulainya pembuatan jalur kereta api di Desa Kemijen yang akan menghubungkan desa tersebut dengan Desa Tanggung. Pembuatan rel pertama yang sukses ini lantas dilanjutkan dengan pembangunan jalur kereta api di wilayah-wilayah lain hingga menyebar ke seluruh Indonesia.

Kereta api menjadi moda transportasi pilihan Belanda untuk mengangkut berbagai hasil bumi dengan mudah. Oleh karena itu, jalur kereta api buatan Belanda menghubungkan kota-kota besar dan daerah-daerah penghasil komoditas pilihan Belanda. Pembangunan jalur kereta api di Indonesia ini menjadi begitu pesat dari tahun 1864 hingga tahun 1900. Tidak heran jika pada tahun 1939 atau 75 tahun setelah pembangunan jalur kereta api pertama terdapat sepanjang 6.811 kilometer jalur kereta api di Indonesia meskipun kini panjangnya menyusut menjadi 5.910 km.

Sejarah panjang kereta api Indonesia ini kini bisa kita pelajari di Museum Kereta Api yang ada di Ambarawa, Semarang. Nah, sebelum berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa, yuk kita napak tilas kehebatan kereta api Indonesia dulu lewat foto-foto berikut ini!

1. Inilah kereta listrik pertama di Indonesia

www.brilio.net

Kereta listrik pertama kali ada di Indonesia pada tahun 1925. Kereta ini menghubungkan daerah Weltevreden atau yang kini kita kenal sebagai Jakarta Pusat dengan Tandjoengpriok atau kini lebih akrab kita sebut sebagai daerah Tanjung Priok. Kehadiran kereta listrik ini menjadi cikal bakal kereta listrik di Jakarta.

2. Lokomotif listrik jadul Indonesia ternyata kece juga, ya!

www.brilio.net

Foto di atas merupakan foto dari salah satu lokomotif listrik pertama di Indonesia, yaitu lokomotif ESS 3201 yang dibuat oleh pabrik Werkspoor Belanda. Lokomotif ini dulu melayani jalur dari Batavia atau Jakarta menuju Buitenzorg atau Bogor. Entah bagaimana sejarahnya, namun lokomotif ESS 3201 ini sering dijuluki Si Bon Bon atau Djokotop oleh masyarakat. Kini, Si Bon Bon sudah tidak lagi beroperasi sejak tahun 1976 dan menjadi aset bersejarah yang dirawat oleh PT. KAI.

3. Begini penampakan suasana di stasiun dulu

www.brilio.net

Foto ini diambil di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, pada tahun 1950. Dulu memang Batavia atau Jakarta telah memiliki beberapa stasiun yang menghubungkan dari satu daerah ke daerah lain. Tidak heran bila Batavia memiliki perkembangan jalur kereta api yang lebih maju karena kota ini dulu memang menjadi pusat kegiatan pemerintahan Hindia-Belanda.

4. Meski begitu, kota lain juga memiliki stasiun dan kereta yang menuju ke sana, kok.
www.brilio.net

Biarpun memang perkembangan kereta api di Jakarta lebih pesat, namun bukan berarti kota-kota lain terlupakan. Sebagai bukti, foto di atas diambil di Stasiun Balapan Solo yang tentu saja berada di Solo. Kereta yang berada di foto tersebut merupakan KRD Kudaputih yang dulu melayani trayek Yogyakarta-Solo. Kereta yang dijuluki Turangga Seta ini adalah kereta api pertama yang dijalankan oleh Indonesia sendiri dan tidak berada di bawah manajemen Belanda. Kini, KRD Kudaputih sudah digantikan dengan kereta Prambanan Ekspres atau yang sering kita kenal sebagai Prameks.

5. Selain di pulau Jawa, kereta api juga dikembangkan di pulau-pulau lain, salah satunya di Sumatera
www.brilio.net

Perkembangan kereta api di Pulau Jawa memang cenderung lebih cepat, namun di pulau lain juga terdapat beberapa jalur kereta api. Di Sumatera Selatan, jalur kereta api mulai dibangun pada tahun 1914. Foto di atas merupakan foto lokomotif E 10 60 atau yang lebih dikenal sebagai Mak Itam saat melintas di atas jembatan Plat Baja di Lembah Anai, Sumatera Selatan. Tidak hanya di Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan Barat juga telah memiliki jalur kereta api yang beroperasi saat itu.

6. Biarpun Kereta Api Indonesia memiliki sejarah yang cukup panjang, namun nyatanya kini kereta api tidak lagi menjadi moda transportasi pilihan rakyat

www.vidio.com

Dilansir dari vidio.com, perkembangan kereta api di Indonesia belum mencapai potensi maksimalnya dan bahkan mengalami penurunan. Jika dulu jalur kereta api panjangnya mencapai 6.811 kilometer, kini jalur kereta api yang masih beroperasi di Indonesia hanya tinggal 5.910 kilometer. Beban transportasi di Indonesia pun belum merata dan masih cenderung mengandalkan moda transportasi angkutan darat lainnya seperti mobil dan bus. Sementara itu, jumlah penggunaan kereta bahkan lebih kecil angkanya dibandingkan jumlah penggunaan pesawat sebagai moda transportasi. Masyarakat Indonesia nampaknya memang belum sepenuhnya menyadari keunggulan kereta api sebagai moda transportasi.

7. Padahal, jika bisa dikembangkan dengan lebih baik, bisa saja kelak Indonesia memiliki jalur kereta api yang nyaman seperti MRT di Jepang

howibecametexan.com

Meski belum dimaksimalkan penggunaannya di Indonesia, namun kereta api sebenarnya merupakan pilihan moda transportasi yang menguntungkan, lho. Selain lebih irit energi karena sekali berjalan dapat mengangkut banyak penumpang sekaligus, kereta api juga bebas macet dan lebih minim kecelakaan. Tentu saja pembangunan infrastruktur kereta di Indonesia akan membutuhkan biaya yang besar dan waktu yang tidak sebentar. Namun, pembangunan ini bisa menjadi investasi yang menguntungkan di kemudian hari karena meningkatkan efisiensi dan dapat menyelesaikan berbagai persoalan transportasi di Indonesia. Mungkin, bisa saja suatu saat, Indonesia memiliki kereta yang nyaman seperti MRT yang ada di Jepang dan negara-negara maju lainnya.

Nah, gimana? Mau mulai membiasakan diri naik kereta, guys?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Hati-hati! Sederet Masalah Kesehatan Ini Mengintai Perempuan di Usia 30an - Keepodotme

Hati-hati! Sederet Masalah Kesehatan Ini Mengintai Perempuan di Usia 30an - Keepodotme

Heboh Kontrak Freeport Diperpanjang, Kira-kira Gambaran Kerusakan Alam Papua Ini Berubah Nggak, Ya?

Heboh Kontrak Freeport Diperpanjang, Kira-kira Gambaran Kerusakan Alam Papua Ini Berubah Nggak, Ya?

Luar Biasa! Cuma Seniman Berbakat yang Bisa Ngegambar dengan Hasil Keren Begini! - Keepodotme

Luar Biasa! Cuma Seniman Berbakat yang Bisa Ngegambar dengan Hasil Keren Begini! - Keepodotme

Johny Indo, Robin Hood Indonesia yang Kabur dari Nusakambangan Kini Menjadi Juru Dakwah

Johny Indo, Robin Hood Indonesia yang Kabur dari Nusakambangan Kini Menjadi Juru Dakwah

Style Meggemaskan dari Lesty Kejora buat Referensi OOTD - Keepodotme

Style Meggemaskan dari Lesty Kejora buat Referensi OOTD - Keepodotme

Jauh Sebelum Jack Ma, Tokoh Asing Ini Sudah Lebih Dulu Menjadi Penasihat Indonesia

Jauh Sebelum Jack Ma, Tokoh Asing Ini Sudah Lebih Dulu Menjadi Penasihat Indonesia

loading