Fakta Unik Indonesia di Belanda Ini Bikin Kamu Bangga Jadi Orang Indonesia

www.universiteitleiden.nl

Hubungan Indonesia dengan Belanda memang sudah terjalin selama ratusan tahun. Hubungannya memang sempat memilukan hati dengan cara menjajah Indonesia yang katanya selama 350 tahun. Setelah itu, Indonesia memang tetap memiliki keterkaitan khusus dengan Belanda hingga saat ini.

Walaupun cukup memberikan kenangan pahit di masa lampau, Belanda juga sedikit banyak memberikan pengaruh baik bagi Indonesia. Mungkin saja tanpa ada penjajahan Belanda, hidup Indonesia tidak akan seperti sekarang. Tidak ada orang-orang penggerak yang menginginkan derajat yang sama dengan para kulit putih pada masa itu. Tidak ada juga kemauan untuk belajar demi kemajuan seperti sekarang ini.

Peristiwa yang terjadi bertahun-tahun kebelakangan memang sudah wajarnya menjadi pembelajaran bagi kita semua. Banyak potongan-potongan sejarah dan peristiwa yang memang patut untuk dikenang. Hal yang sama juga dilakukan oleh Belanda. Beberapa peristiwa atau simbol Indonesia juga dikenang di sana, tepatnya di Leiden yang terletak di antara dua kota penting di Belanda yaitu Amsterdam dan Den Haag. Berikut ini YuKepo sudah merangkum beberapa potongan sejarah Indonesia yang ada di kota yang sarat akan sejarah ini yaitu Leiden.

1. Makam Irawan Soejono, Mahasiswa asal Indonesia berpredikat Pahlawan Nasional Belanda

www.goodnewsfromindonesia.id

Siapa yang sangka kalau ternyata ada orang Indonesia yang mendapatkan gelar pahlawan di Belanda. Beliau adalah Irawan Soejono yang merupakan seorang mahasiswa di Indonesia yang saat itu berkuliah di Leiden. Irawan terbunuh dalam pertarungannya memperjuangkan Belanda dalam melawan Nazi yang pada saat itu sedang berjaya.

Selama masa pendudukan Nazi sekitar tahun 1940 – 1945, Irawan menjadi salah satu orang yang paling dicari karena gerakan bawah tanahnya. Ia tertembak oleh salah satu polisi Nazi. Atas keberaniannya tersebut ia diberi gelar pahlawan oleh Kerajaan Belanda. Selain itu, namanya diabadikan sehingga menjadi sebuah nama jalan di Kota Osdorp, Amsterdam.

2. Puisi Chairil Anwar di tembok jalanan

www.goodnewsfromindonesia.id

Ternyata Leiden juga merupakan kota yang sarat dengan seni. Jalanan kota ini banyak dihiasi oleh mural-mural bertuliskan puisi di beberapa bangunan. Uniknya, ada salah satu puisi karya Chairil Anwar yang berjudul “Aku” terpampang di dinding bangunan. Selain puisi karya Chairil Anwar, ternyata ada juga syair lain yang berasal dari dalam negeri seperti Serat Kalatidha yang dikarang oleh Raden Ngabehi Ranggawasita dan lain-lain.

3. Gudang literasi tentang Indonesia

en.wikipedia.org

Siapa sangka ternyata Leiden ternyata memiliki kumpulan literatur yang cukup lengkap tentang Indonesia. Institusi tersebut bernama Koninklijk Instituut voor Taal en Volkenkunde (KITLV) atau yang dalam Bahasa Indonesia adalah Lembaga Studi Asia Tenggara dan Karibia Kerajaan Belanda.

Di perpustakaan ini hampir semua buku tentang Indonesia ada. Mulai dari catatan sejarah tentang berbagai bahasa, sastra, dan suku Indonesia bisa ditemukan di sini. Gak hanya itu, ternyata di sini  juga terdapat ratusan surat-surat Kartinia beserta lukisannya yang masih tersimpan rapi.

4. Museum Volkenkunde

www.bestemmingleiden.nl

Museum ini bisa dikatakan sebagai salah satu museum yang memiliki ruangan khusus untuk menyimpan koleksi tentang Indonesia. Koleksi tersebut meilputi peninggalan yang memiliki nilai sejarah tinggi seperti berbagai arca dari kerajaan nusantara, perhiasan tradisional hingga berbagai kain khas suku-suku di Indonesia. 

5. Bangunan tempat tinggal para pelajar Indonesia

www.goodnewsfromindonesia.id

Rumah yang berlokasi di Jalan Noordeinde no. 32 ini memang letaknya tidak jauh dari Universitas Leiden. Rumah tersebut merupakan saksi sejarah berdirinya Perhimpunan Indonesia kala itu. Salah satu yang pernah mendiami tempat tersebut adalah Ahmad Soebardjo yang merupakan pemimpin Perhimpunan Indonesia itu memang sering mengadakan pertemuan di rumahnya dalam melakukan pergerakan anti kolonialisme. 

6. Tempat lahirnya Perhimpunan Indonesia

historia.id

Indische Vereeniging adalah sebuah organisasi Perhimpunan Indonesia yang didirikan di Leiden. Organisasi yang diprakarsai oleh para pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Belanda ini berdiri sejak tahun 1908. Organisasi inilah merupakan cikal bakal perjuangan kemerdekaan Indonesia yang digerakkan oleh para pelajar. Dari organisasi inilah muncul tokoh-tokoh penting kemerdekaan Indonesia yaitu salah satunya Mohammad Hatta.

7. Patung doktor Indonesia pertama di Belanda

www.otonomi.co.id

Orang Indonesia pertama yang memperoleh gelar doktor adalah Husein Djajadiningrat. Beliau mendapatkan gelar tersebut dari Fakultas Humaniora Universitas Leiden. Ia merupakan salah satu tokoh intelektual yang sangat disegani di Belanda. Sebagai penghormatan terhadap dirinya, dibuatlah patung Husein yang kini diletakkan di Aula Universitas Leiden.

Habis lihat fakta unik Indonesia di Leiden, Belanda ini bikin kita bangga ya jadi orang Indonesia. Ada satu hal yang bisa kita pelajari dari beberapa fakta di atas, yaitu seberapa buruknya kisah kita dalam menghadapi Belanda di masa lalu, masih ada beberapa hal yang bisa bikin kita kuat seperti sekarang. Itu tidak lain adalah kemampuan untuk memaafkan. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Kurang Riset, 5 Adegan Medis Sinetron Indonesia Ini Terkesan Nggak Logis | Keepo.me

Kurang Riset, 5 Adegan Medis Sinetron Indonesia Ini Terkesan Nggak Logis | Keepo.me

Inilah Asal Muasal Warteg yang Belum Pernah Kamu Ketahui Sebelumnya

Inilah Asal Muasal Warteg yang Belum Pernah Kamu Ketahui Sebelumnya

Sederet Artis Ini Dulu Fisiknya Dihina, Kini Glow Up Dan Bikin Pangling | Keepo.me

Sederet Artis Ini Dulu Fisiknya Dihina, Kini Glow Up Dan Bikin Pangling | Keepo.me

Benarkah Ada Sentuhan Gaib di Ketok Magic? Inilah Asal Mula Ketok Magic Sebenarnya

Benarkah Ada Sentuhan Gaib di Ketok Magic? Inilah Asal Mula Ketok Magic Sebenarnya

Stress PPKM Diperpanjang, Dinar Candy Turun Ke Jalan Pakai Bikini, Terancam Bui 10 Tahun? | Keepo.me

Stress PPKM Diperpanjang, Dinar Candy Turun Ke Jalan Pakai Bikini, Terancam Bui 10 Tahun? | Keepo.me

Gak Konsisten! Namanya Bika Ambon Tapi Asalnya dari Medan, Apa Maksudnya?

Gak Konsisten! Namanya Bika Ambon Tapi Asalnya dari Medan, Apa Maksudnya?

loading