Ditangkap Bawaslu Karena Diduga Palsukan Ijazah, Inilah Sosok Bakal Cagub Sumut, JR Saragih!

nusantaranews.co

Keputusan mengejutkan dibuat oleh Bawaslu baru-baru ini. Pasalnya, Bakal Calon Gubernur Sumatra Utara, JR Saragih atau Jopinus Ramli Saragih ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan pemalsuan legalisir fotokopi ijazah oleh Tim Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Sumatera Utara (Sumut).  Menurut penuturan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut Kombes Pol, Andi Rian, JR Saragih diduga telah memalsukan legalisir fotokopi ijazah SMA Iklas Prasasti. Menurutnya, JR diindikasi telah memalsukan legalisir ijazah demi memuluskan langkahnya untuk menjadi calon kepala daerah di Pilgub Sumut 2018. "Iya betul [JR Saragih tersangka], terkait Legalisasi palsu terhadap ijazah," ujar Andi seperti yang dikutip dari Tirto.id, Senin (19/3/2018).

Berita mengenai penangkapan dari kader Partai Demokrat ini sempat membuat publik heboh. Lalu, siapa sebenarnya Jopinus Ramli Saragih itu? Berikut infonya buat kamu semua. Yuk, kepo!

1. JR Saragih adalah seorang bupati

www.satuharapan.com

Pria yang lahir pada 10 November 1968 di Medan, Sumatra Utara ini merupakan seorang Bupati Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatra Utara untuk peridoe 2016-2021. Pada periode sebelumnya, Saragih juga terpilih untuk memimpin masyarakat di Kabupaten Simalungun. Pada Pilkada tahun 2010 Pada pilkada serentah tahun 2015 kemarin, Saragih bersama wakilnya, Amran, terpilih dengan perolehan 120.625 suara (34, 69%). Mereka berhasil mengalahkan calon lainnya, seperti Tumpak Siregar-Irwansyah Damanik (92.402 suara atau 26,57%), Evra Sasky Damanik-Sugito (67.435 suara atau 19,39%), Nuriaty Damanik-Posman Simarmata (59.874 suara atau 17,22%), dan Lindung Gurning-Soleh Saragih (7.416 suara atau 2,13%).

2. Lulusan Sekolah Perwira Prajurit Karir (Sepa PK) TNI

www.merdeka.com

Meski sempat beredar kabar jika Saragih merupakan lulusan Akmil, namun nyatanya adalah ia merupakan lulusan Sekolah Perwira Prajurit Karir (Sepa PK) TNI. Hal itu ditegaskan kembali melalui pernyataan yang dilontarkan oleh Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat Brigjen Alfret Denny Teujeh.

JR Saragih menempuh pendidikan Sekolah Perwira Prajurit Karir TNI (Sepa PK TNI) yang pendidikannya diselenggarakan di dalam lingkungan Akademi Militer yang berlangsung selama 1 tahun,” kata Alfret seperti yang dikuti dari Tirto.id.

3. Gagal lolos di Pilkada Sumut 2018

news.metro24jam.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Utara memutuskan untuk tidak meloloskan pasangan Saragih-Ance sebagai Cagub-Cawagub peserta Pilkada Sumut 2018. KPU menilai jika pasangan tersebut tidak memenuhi syarat untk menjadi Calon Gubernur (Cagub) Sumut sesuai dengan poin-poin yang tertera di persyaratan. KPU Sumut memang telah membuat berita acara Nomor 95/PL.03-BA/12/Prov/III/2018 yang berisi keputusan tentang sebab kegagalan dari pasangan JR Saragih-Ance Selian yang tidak lain karena tidak memenuhi persyaratan.

Semula, KPU Sumut telah menetapkan pasangan JR Saragih-Ance Celian tidak memenuhi syarat untuk mengikuti Pilgub Sumut 2018. Pihaknya menilai jika berkas salinan legalisir STTB dan ijzah milik Saragih tidak sah. Padahal, legalisir STTB dan ijazah itu sebelumnya pernah ia gunakan ketika memenangkan Pilkada Bupati Simalungun pada 2010 dan 2015 silam.

4. Ditetapkan sebagai tersangka
medan.tribunnews.com

Polemik yang menimpa Saragih tidak hanya di situ. Ia pun kemudian ditetapkan sebagai tersangka pemalsuan legalisir fotokopi ijazah yang digunakannya sebagai syarat menjadi calon kepala daerah di Pilgub Sumut 2018.

Berdasarkan hasil gelar perkara yang dilakukan oleh Tim Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Sumut, JR Saragih diduga melanggar Pasal 184 Undang-undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada. Pihak Gakkumdu Sumut pun denga segera mengirimkan surat panggilan terhadap J. R. Saragih terkait dugaan ini. JR Saragih direncanakan akan diperiksa pada Senin, 19 Maret 2018.

5. Penjelasan Bawaslu terkait status tersangka J. R. Saragih
www.tribunnews.com

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara menegaskan kembali jika status tersangka yang tersemat pada Jopinus Ramli Saragih bukan karena penggunaan ijazah palsu, melainkan karena penggunaan dokumen palsu, yakni fotokopi legalisir ijazah SMA. "Suku Dinas Pendidikan Jakarta Pusat kan sampai sekarang tak ada pernyataan bahwa ijazah itu palsu, maka keluar Surat Keterangan Pengganti Ijazah (SKPI) untuknya. Dokumen kelengkapan calon itu yang diduga palsu," tegas Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan.

Dengan status tersangka yang kini melekat pada diri JR Saragih, kini pria 49 tahun tersebut harus berurusan dengan hukum. Duh, semacam udah jatuh tertimpa tangga sih ini, ya! Semoga lekas terselesaikan ya perkaranya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Sempat Menipu Presiden, Inilah Kabar Hoaks Paling Menghebohkan di Indonesia. Jangan Sampai Ketipu!

Sempat Menipu Presiden, Inilah Kabar Hoaks Paling Menghebohkan di Indonesia. Jangan Sampai Ketipu!

Berdasar Survei, Inilah 7 Kota Paling Layak Huni di Indonesia! Ada Kotamu Nggak?

Berdasar Survei, Inilah 7 Kota Paling Layak Huni di Indonesia! Ada Kotamu Nggak?

Banyak Dipertanyakan dan Dikritik, Begini Seluk Beluk Program Rumah DP 0 Rupiah Anies-Sandi!

Banyak Dipertanyakan dan Dikritik, Begini Seluk Beluk Program Rumah DP 0 Rupiah Anies-Sandi!

Diduga Penasihat Spiritual Soeharto Hingga Berpenampilan Nyentrik, Inilah Sosok Jenderal Soedjono Hoemardani!

Diduga Penasihat Spiritual Soeharto Hingga Berpenampilan Nyentrik, Inilah Sosok Jenderal Soedjono Hoemardani!

Bank BRI Dibobol Ratusan Juta dengan Metode Skimming. Waspada, Kita Bisa Jadi Korban!

Bank BRI Dibobol Ratusan Juta dengan Metode Skimming. Waspada, Kita Bisa Jadi Korban!

Sering Bikin Kesel Karena Susah Disalip, Inilah 5 Fakta Unik Mobil Tangki Pertamina!

Sering Bikin Kesel Karena Susah Disalip, Inilah 5 Fakta Unik Mobil Tangki Pertamina!

loading