Denjaka, Pasukan Khusus Milik TNI AL yang Bikin Angkatan Laut Amerika Gentar!

nkri-sejati.blogspot.com

Denjaka, mungkin masih banyak masyarakat Indonesia yang asing dengan istilah tersebut. Denjaka merupakan singkatan dari Detasemen Jala Mangkara, sebuah pasukan khusus yang dimiliki oleh TNI AL Indonesia. Denjaka selalu berhasil membuat terpukau pasukan khusus lainnya ketika melakukan atraksi pada sebuah pertunjukkan di luar negeri, termasuk pasukan elit dari Navy SEAL Amerika Serikat.

Para anggota Navy SEAL yang memang secara rutin berlatih bersama Denjaka dibuat terhenyak lantaran melihat proses latihan dari Denjaka yang tergolong ekstrem dan sangat berbahaya. Misalnya, latihan para tembak menembak para personel dengan menggunakan peluru tajam yang dilakukan dalam jarak yang sangat dekat dan saling berhadapan, demo proses pembebasan teroris dengan cara terjun di atas atap gedung ataupun kapal kecil yang tengah berlayar di laut, dan lain-lain.

www.pulangkerja.info

Personel Denjaka ini memang terdiri atas orang-orang pilihan yang berasal dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Intai Amfibi Marinir (Taifib). Kehadiran Denjaka sebagai pasukan khusus antiteror dimulai ketika diterbitkannya Surat Keputusan KSAL No.Skep/2848/XI/1982 tertanggal 4 November 1982. 

Surat keputusan tersebut berisi tentang pembentukan Pasukan Khusus Angkatan Laut (Pasusla) yang tugasnya menanggulangi segala macam bentuk ancaman keamanan yang terjadi di wilayah perairan. Seperti ancaman pada transportasi laut sipil, kapal perang TNI AL, maupun lembaga atau instansi yang berada di pesisir atau tengah laut. Kategori dari ancaman bisa berupa macam-macam, yakni aksi klandestin, sabotase, pembajakan konvensional, serta penyanderaan. Pemimpin dari pasukan khusus ini pun harus berpangkat letnan kolonel. 

militerhebatdunia.blogspot.co.id

Pada awalnya, pasusla beranggotakan sebanyak 70 orang personel pilihan. Pimpinan dari pasusla ada di tangan Panglima Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) yang berkoordinasi dengan Korps Marinir, sedangkan wewenang penugasan berada di tangan KSAL. Pasusla memeroleh legalisasi melalui surat keputusan Panglima ABRI yang terbit pada tahun 1984. Sejak saat itu, Pasusla menjadi pasukan antiteror yang dikhususkan untuk menjaga wilayah perairan Indonesia dan pembinannya berada di bawah Komandan Korps Marinir.

Istilah Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) secara resmi mulai digunakan setelah penerbitan Surat Keputusan KSAL No.Kep/42/VII/1997 tertanggal 31 Juli 1997. Meski terbit pada tanggal 31 Juli, namun tanggal 4 November-lah yang dipilih sebagai hari jadi satuan elit yang bermarkas di Bhumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan ini.

 

satelitpost.com

Selain ilmu bertempur, Denjaka juga dibekali dengan ilmu kejiwaan dan analisis satuan khusus. Sebelum melancarkan serangan, pasukan ini akan mengutus tim pendahulu yang bertindak sebagai negosiator dengan kawanan teroris. Jika upaya negosiasi gagal, Unit Serbu akan segera terjun ke lapangan. Unit Serbu ini terdiri atas tiga tim, yakni tim atas air, bawah air, dan lintas udara. Masing-masing tim beranggota 12 personel dengan spesialisasi yang beragam, mulai dari penjinak bahan peledak, medis, teknologi informasi hingga komunikasi elektronik.

Sandi yang digunakan pun sangat beragam. Misalnya, isyarat operasi disandikan dengan kata “KILAT”, dilanjutkan dengan kata “CERAH”, dan penundaan dengan kata “MENDUNG”. Waktu yang diperlukan Denjaka untuk melakukan satu kali operasi pun terbilang singkat, yakni tidak lebih dari 15 menit. Mulai dari masuk ke lokasi sasaran, mengadakan serangan dadakan, hingga evakuasi para personel.

www.gettyimages.com

Persenjataan yang dimiliki satuan khusus ini juga tergolong sangat lengkap, terutama untuk persenjataan jarak dekat. Misalnya saja pistol otomatis SiG Sauer P-226/P-228 kaliber 9mm, pistol mitraliur Uzi kaliber 9mm, senapan tembak runduk SG-550 kaliber 5,56mm, dan senapan otomatis MP5 dengan beragam variannya. Tak hanya bertugas dalam operasi antiteror dan antisabotase, Denjaka juga dapat terlibat dalam berbagai operasi khusus lainnya berdasarkan komando dari Panglima TNI yang bahkan penugasannya sering kali tidak tercatat secara resmi oleh Markas Besar TNI. 

Waw, keren banget ya pasukan Denjaka ini. Dengan hadirnya pasukan khusus ini, diharapkan perairan Indonesia menjadi aman dari segala macam bentuk atau aksi terorisme. Pokoknya, jaya terus TNI kita tercinta!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Jokowi Resmikan Monumen Kapsul Waktu, Tempat Menyemai Mimpi Anak-Anak Indonesia - Keepodotme

Jokowi Resmikan Monumen Kapsul Waktu, Tempat Menyemai Mimpi Anak-Anak Indonesia - Keepodotme

Megah Banget, Begini Menakjubkannya Pura Meru yang Terbesar dan Tertua di Lombok!

Megah Banget, Begini Menakjubkannya Pura Meru yang Terbesar dan Tertua di Lombok!

Filler Puting dan Citra Payudara Ideal - Keepodotme

Filler Puting dan Citra Payudara Ideal - Keepodotme

Wow, Kekuatan TNI Menjadi yang Terbaik di Asia Tenggara. Indonesia Makin Disegani Dunia!

Wow, Kekuatan TNI Menjadi yang Terbaik di Asia Tenggara. Indonesia Makin Disegani Dunia!

Ingin Memanjakan Karyawan, Perusahaan Ini Bikin Aturan Cuti Khusus  Untuk Masturbasi.  - Keepodotme

Ingin Memanjakan Karyawan, Perusahaan Ini Bikin Aturan Cuti Khusus Untuk Masturbasi.  - Keepodotme

Penyerangan Gereja Santa Lidwina Bedog dan 5 Kasus Serupa. Benarkah Indonesia Darurat Toleransi?

Penyerangan Gereja Santa Lidwina Bedog dan 5 Kasus Serupa. Benarkah Indonesia Darurat Toleransi?

loading