Dari Ujung Barat Hingga Ujung Timur, Inilah 8 Tempat di Indonesia yang Diakui UNESCO!

www.yukepo.com

Untuk dapat terus melestarikan tempat-tempat penting di dunia, UNESCO memiliki salah satu program yang disebut sebagai Situs Warisan Dunia. Selain mendaftar tempat-tempat atau situs-situs penting yang ada di dunia, badan khusus PBB ini juga memberikan dana dan bantuan agar keberadaan tempat-tempat penting yang masuk daftar tersebut dapat terus dijaga dan dilestarikan. UNESCO juga membuka kesempatan yang luas pada semua negara yang ingin mengajukan tempat pentingnya. Sudah banyak tempat-tempat di dunia ini yang masuk daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Delapan di antaranya adalah dari negara kita tercinta. Tempat mana sajakah itu? Yuk, kepo satu-satu.

.

1. Taman Nasional Komodo

bisniswisata.co.id

Taman nasional yang terletak antara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores ini menjadi situs Warisan Dunia UNESCO kategori alam sejak tahun 1991. Kawasan yang memiliki luas total 1.817 km² ini merupakan satu-satunya habitat komodo saat ini dan menjadi habitat bagi 277 spesies hewan yang berasal dari Asia dan Australia.  

2. Candi Borobudur

medium.com

Siapa coba yang tidak mengenal mahakarya warisan Buddha di Indonesia satu ini. Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia yang selesai dibangun sekitar tahun 825 M oleh dinasti Syailendra. Candi yang terletak di Magelang ini menjadi situs Warisan Dunia kategori budaya yang telah diresmikan UNESCO sejak tahun 1991.

3. Candi Prambanan

www.thehistoryhub.com

Selain Candi Borobudur, UNESCO pada tahun yang sama juga menetapkan Candi Prambanan sebagai situs Warisan Dunia kategori budaya. Candi yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Sleman dan Kabupaten Klaten ini merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia dan sekaligus menjadi candi Hindu terindah di Asia Tenggara.

4. Taman Nasional Ujung Kulon
www.wacana.co

Kawasan konservasi seluas 122.956 hektare yang terletak di bagian paling barat Pulau Jawa ini diresmikan sebagai salah satu situs Warisan Dunia UNESCO kategori alam pada tahun 1991. Situs yang dilindungi ini adalah habitat bagi badak bercula satu, badak jawa yang hampir punah. Sekitar 50—60 badak jawa hidup di kawasan yang juga dinobatkan sebagai Taman Warisan ASEAN ini.

5. Sangiran
www.indonesia-heritage.net

Sangiran adalah salah satu situs arkeologi yang menjadi salah satu situs penting di dunia untuk mempelajari fosil manusia. Pada tahun 1991, Sangiran dikukuhkan menjadi situs Warisan Dunia UNESCO dalam kategori budaya. Di situs yang terletak antara Kabupaten Sragen dan Karanganyar ini, kita dapat menyaksikan sejumlah diorama dan informasi mengenai manusia purba dan hewan purba yang hidup di Sangiran sekitar 1 juta tahun yang lalu.

6. Taman Nasional Lorentz

www.pesonaindo.com

Selain memperoleh predikat sebagai situs Warisan Dunia UNESCO kategori alam sejak tahun 1999, taman nasional yang terletak di Papua ini juga menyandang gelar sebagai taman nasional terbesar di Asia Tenggara dengan luas 2,4 juta hektare. Saking luasnya, belum semua kawasannya dipetakan. Bangganya lagi, keanekaragaman hayati di kawasan yang terdapat gletser tropika ini ternyata terlengkap di Asia Pasifik, lho.

7. Hutan Hujan Tropis Sumatra

www.wacana.co

Dikukuhkan sebagai situs Warisan Dunia kategori alam pada tahun 2004, kawasan yang memiliki luas 2,5 juta hektare ini menjadi habitat Rafflesia arnoldii dan beberapa spesies hewan yang hampir punah, seperti harimau Sumatra dan orang utan Sumatra. Kawasan hutan lindung ini terdiri dari tiga taman nasional di Sumatra, yaitu Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Taman Nasional Kerinci Seblat, dan Taman Nasional Gunung Leuser.

8. Subak

www.indonesiananelok.com

Subak adalah sistem pengairan unik yang ada di Bali. Sawah-sawah dengan sistem subak dibuat bertingkat-tingkat. Tidak sembarangan dibuat begitu saja, subak diatur oleh pemuka adat setempat yang juga sekaligus seorang petani. UNESCO telah menetapkan subak di Bali ini sebagai salah satu situs Warisan Dunia dalam daftar kategori budaya pada tahun 2012.

Sampai sejauh ini, masih delapan tempat di Indonesia yang masuk dalam jajaran Situs Warisan Dunia UNESCO. Kita doakan saja semoga Kota Tua Jakarta segera masuk daftar karena pada tahun 2018 ini, Kota Tua Jakarta telah dijadwalkan untuk disidangkan. Ke depan, semoga situs-situs lainnya di Indonesia yang telah diajukan juga bisa masuk daftar, ya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Inilah Program Ekonomi Andalan Kedua Kubu Dalam Pilpres - Keepodotme

Inilah Program Ekonomi Andalan Kedua Kubu Dalam Pilpres - Keepodotme

Sedih! Lima Moda Angkutan Jakarta Ini Kini Tinggal Kenangan. Apa Saja ya?

Sedih! Lima Moda Angkutan Jakarta Ini Kini Tinggal Kenangan. Apa Saja ya?

Hubungan Cinta Tetap Langgeng Menjelang Pilpres 2019? Ini Caranya! - Keepodotme

Hubungan Cinta Tetap Langgeng Menjelang Pilpres 2019? Ini Caranya! - Keepodotme

Jalan Terindah di Indonesia Ini Bisa Bikin Capekmu Hilang Saat Melintasinya

Jalan Terindah di Indonesia Ini Bisa Bikin Capekmu Hilang Saat Melintasinya

Kalau Kamu Masih Saja Jomblo? Berarti Kamu Udah Masuk ke Dalam Lingkaran Setan Menyesatkan ini - Keepodotme

Kalau Kamu Masih Saja Jomblo? Berarti Kamu Udah Masuk ke Dalam Lingkaran Setan Menyesatkan ini - Keepodotme

Fakta dan Mitos Burung Garuda sebagai Lambang Negara, Apakah Benar-Benar Ada?

Fakta dan Mitos Burung Garuda sebagai Lambang Negara, Apakah Benar-Benar Ada?

loading