Dari Sumanto hingga Eyang Subur, Beginilah Nasib Para Tokoh Kontroversial Indonesia Kini

23 Agustus 2017
|Atik Kencana S.
0SHARES

Indonesia memang kadang gak bisa lepas dari yang namanya kontroversi, ya kan? Kalau kita kilas balik ke beberapa tahun belakang, ada beberapa tokoh kontroversial yang meramaikan jagat media, baik di dalam maupun di luar negeri. Para tokoh ini entah mau cari sensasi atau baru terbongkar sensasinya selama ini. Namun, sekarang-sekarang ini pemberitaan terhadap mereka justru malah menghilang dengan sendirinya bak ditelan bumi. Memang sudah habis masa-masa terkenalnya kali, ya?

Setelah bertahun-tahun pemberitaan tentang para tokoh yang mengundang kontroversi ini meredup, tentunya sekarang mungkin ada beberapa dari kita yang suka bertanya-tanya mengenai kondisi mereka saat ini. Seperti apa, ya, kira-kira? Apakah mereka sudah tobat dari isu yang dulu pernah tersebar? Apa mereka masih konsisten dengan hal kontroversial mereka? Yuk, langsung aja kita kepoin!

1. Lia Eden

Setelah beberapa tahun kasus Lia Eden sempat timbul dan tenggelam, Lia Eden hingga kini masih konsisten menyebarkan ajarannya. Lia Eden yang pernah mengaku sebagai rasul dan bisa bertemu dengan malaikat Jibril ini menyebarkan ajarannya melalui dunia maya. Situs resmi Komunitas Eden ini pernah diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia sejak tanggal 13 Juli lalu. Tak berhenti di situ, komunitas Eden ini tetap menyebarkan ajarannya melalui situs YouTube dengan channel “Eden The Heaven” yang semakin aktif. 

2. Sumanto

Masih ingat dengan kasus Sumanto kan? Pria asal Purbalingga, Jawa Tengah ini dulu sempat menghebohkan jagad media karena aksi kanibalismenya. Ia mengonsumsi daging manusia dengan alasan yang tidak logis, yakni untuk mendapatkan kesaktian. Namun, beda dulu dan sekarang. Sumanto yang kini direhabilitasi di sebuah pondok pesantren ini sudah menemukan titik pertaubatannya. Ia sudah bisa dianggap sebagai manusia normal. Kini sehari-hari ia mengisi hidupnya dengan berdakwah, didampingi oleh Kyai Supono yang merupakan pimpinan pondok tersebut.

3. Ryan Jombang

Masih ingat dengan kasus pembunuhan berantai yang dilakukan oleh Ryan Jombang? Aksi Ryan menjadi pembunuh berantai memang cukup menggegerkan seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Ryan membunuh sebanyak sebelas orang dan juga memutilasi mereka. Akibat ulahnya itu, Ryan dijatuhi hukuman mati. Kondisinya kini ia masih menanti hasil pengadilan. Ryan sempat mengajukan grasi kepada presiden, namun ditolak. Hingga kini, hukumannya masih jadi perundingan, apakan Ryan masih bisa lolos dari eksekusi mati atau hanya berakhir di jeruji besi.

4. Syekh Puji

Ulah Syekh Puji juga tidak kalah menghebohkan dengan kasus-kasus kontroversial lainnya. Syekh Puji menggegerkan masyarakat karena pada saat itu ia menikahi seorang gadis yang masih di bawah umur. Apalagi dulunya Syekh Puji ini suka sekali memamerkan harta kekayaannya yang berupa barang mewah. Setelah beberapa tahun tidak muncul di media, kini hidup Syekh Puji memang sudah berubah. Walaupun tetap kaya raya karena memiliki perusahaan besar, hidupnya tak lagi pamer. Ulfa, gadis cilik yang dinikahinya pun sudah tumbuh menjadi ibu muda yang cantik. Kehidupan rumah tangganya juga terlihat bahagia.

5. Eyang Subur

Rasanya masih banyak orang Indonesia yang ingat dengan tokoh kontroversial ini. Eyang Subur waktu itu sempat jadi viral di media akibat perseteruannya dengan sejumlah pihak. Pria ini juga diketahui memiliki banyak istri dan banyak harta. Namun, bagaimana keadaannya kini? Setelah melalui perseteruan yang pelik dengan Arya Wiguna dan Adi Bing Slamet, kini Eyang Subur lebih sering mengurung diri di kamarnya. Bahkan, untuk sekadar makan saja harus diantar ke kamarnya. Mungkin Eyang Subur ini sedang mengintrospeksi diri tentang apa yang sudah terjadi. 

Nah, itulah tadi kabar terbaru dari mantan orang paling kontroversial di Indonesia. Mereka hingga kini mungkin bisa hidup sedikit lebih tenang mengingat hingar bingar media tidak terlalu santer membicarakan mereka. Masalah berubah atau tidak, itu hak masing-masing. Soal pahala dan dosa kan bukan media yang menentukan. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
0SHARES