Dari Perampok Sampai Pembunuh Berantai, Inilah 5 Penjahat Legendaris di Indonesia yang Menakutkan!

18 Januari 2018
|Galih Wisnu Brata
46SHARES

Seseorang dikenal dan dikenang oleh banyak orang biasanya karena memiliki prestasi atau jasa yang besar. Misalnya saja, Rudi Hartono disebut sebagai pebulutangkis legendaris karena prestasinya dan Ir. Soekarno disebut tokoh legendaris karena perjuangannya melawan penjajah. Akan tetapi, ada juga lho orang yang disebut legendaris karena kejahatannya. Inilah 5 orang Indonesia yang dikenang sebangai penjahat legendaris.

1. Dukun AS

Dukun AS memiliki nama asli Nasib yang kemudian berubah menjadi Ahmad Suradji (AS). Dukun AS pernah menghebohkan Indonesia bahkan dunia karena menjadi pelaku pembunuhan terhadap 42 orang wanita. Penjahat ini diduga melakukan pembunuhan untuk memperkuat ilmu hitamnya. Kejahatannya terbongkar setelah ditemukan mayat wanita bernama Sri Kemala Dewi yang juga pernah menjadi pasiennya. Pada 27 April 1998, ia dijatuhi hukuman mati yang dilaksanakan pada 10 Juli 2008.

2. Johnny Indo

Johnny Indo dikenal sebagai bos gangster sekaligus Robin Hood. Penjahat yang benama asli Yohanes Herbetus Eijkenboom ini lahir di Garut, 6 November 1948. Tahun 1970-an, ia bersama dengan ke-12 temannya membentuk geng bernama Pacinko, Pasukan Cina Kota. Ia dikenal sebagai perampok yang hasilnya dibagikan kepada rakyat miskin. Aksinya yang paling menghebohkan terjadi tahun 1979 di Cikini. Dalam aksinya tersebut ia tertangkap dan dimasukkan ke LP Nusakambangan. Setelah 14 tahun dihukum, ia keluar dan menjadi penceramah.

3. Kusni Kasdut

Kusni Kasdut bernama asli Waluyo. Kusni Kasdut dulunya seorang pejuang kemerdekaan. Ia menjadi penjahat dan pernah membuat heboh Indonesia karena mencuri permata di Museum Nasional Jakarta. Ia menyamar sebagai polisi, melumpuhkan penjaganya, dan menyandera beberapa pengunjung. Kusni Kasdut juga pernah merampok pedagang Arab, Ali Badjened. Sama halnya dengan Johnny Indo, Kusni Kasdut juga disebut Robin Hood karena hasil rampokannya dibagikan ke rakyat kecil. Pada akhirnya, Kusni Kasdut ditangkap dan divonis mati. Namun, sebelum menjalani hukumannya ia bertobat dan menjalani kehidupan dengan relijius.

4. Mat Peci

Mat Peci adalah seorang perampok asal Garut, Jawa Tengah. Julukan Mat Peci didapatnya karena ia selalu mengenakan peci. Tahun 1970-an, Mat Peci sering melakukan kejahatan, mulai dari merampok hingga membunuh. Ia pernah ditangkap dan dipenjara. Namun, hal itu tak membuatnya jera. Bahkan, kabarnya Mat Peci malah memperdalam ilmunya saat ia dipenjara yang menjadikannya semakin sulit ditangkap. Tahun 1978, Mat Peci tewas karena diberondong peluru di Stasiun Kereta Api Leles, Kecamatan Kadungora, Garut. Kisahnya ini diangkat ke layar lebar dan Rachmat Hidayat dipercaya memerankan tokoh Mat Peci.

5. Slamet Gundul

Samsul Gunawan dan Slamet Santosa adalah nama lain dari Slamet Gundul. Slamet Gundul masuk daftar pencarian orang. Direktur Reserse Mabes Polri, Koesparmono Irsan, memerintahkan seluruh jajarannya untuk menangkap Slamet Gundul, baik dalam keadaan hidup maupun mati. Slamet Gundul masuk DPO karena ia adalah bos dari sekawanan perampok bersenjata api yang mengincar para nasabah bank. Pada Januari 1987, Slamet Gundul tertangkap dalam aksi penyergapan di rumah yang dikontraknya.

Tak perlu kita contoh aksi kejahatan kelima sosok di atas. Yang perlu dicontoh adalah kesungguhan mereka untuk menjadi legendaris di bidangnya. Tapi kita cukup jadi legenda di bidang yang baik-baik aja ya guys. Inget jangan jadi jahat, tapi jadilah legendaris.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
46SHARES