Dari Mempelajari Keris Hingga Nuklir, Inilah 8 Program Studi yang Hanya Ada di Indonesia!

18 Februari 2018
|Galih Wisnu Brata
2SHARES

Indonesia memiliki ribuan institusi pendidikan tinggi, baik negeri maupun swasta. Dari ribuan institusi tersebut, beragam program studi ditawarkan, mulai dari jenjang diploma hingga jenjang pascasarjana. Dari semua institusi, ternyata ada lho yang menawarkan program studi atau prodi yang hanya terdapat di Indonesia. Bahkan, ada yang menjadi satu-satunya di dunia. Keren kan? Yuk simak!

1. Teknik Ekonomi Konstruksi, Universitas Bung Hatta

Universitas Bung Hatta terletak di provinsi Sumatera Barat. Di universitas yang bernaung di bawah Kopertis X ini ditawarkan program studi satu-satunya di Indonesia, Teknik Ekonomi Konstruksi. Program studi yang masuk Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ini tersedia untuk jenjang diploma III. Berdasarkan SK, mulai tahun 2015 hingga 28 Maret 2020, program studi Teknik Ekonomi Konstruksi berakreditasi B.

2. Teknik Nuklir, Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada merupakan universitas tertua di Indonesia. Selain itu, UGM juga menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia. Berbagai program studi ditawarkan di universitas yang berada di Yogyakarta ini. Bahkan, ada prodi yang satu-satunya di Indonesia, yaitu Teknik Nuklir, Fakultas Teknik yang diperuntukan bagi jenjang sarjana. Kalau kamu tertarik, bisa lho langsung daftar apalagi akreditasinya sudah mencapai A hingga 19 November 2018.

3. Astronomi, Institut Teknologi Bandung

Kalau berbicara astronomi pasti yang terlintas di benak kita adalah tata surya. Program studi Astronomi di Indonesia hanya ada satu. Prodi Astronomi ditawarkan oleh salah satu universitas terbaik di Indonesia, Institut Teknologi Bandung. Prodi Astronomi berada bernaung di bawah Fakultas MIPA. Prodi yang terakreditasi A hingga 27 Desember 2022 ini ditawarkan untuk jenjang sarjana, magister, dan dokteral. Wah, komplit abis.

4. Manajemen Properti dan Penilaian, Universitas Sumatera Utara

Program studi Manajemen Properti dan Penilaian berada di Universitas Sumatera Utara. Prodi satu-satunya di Indonesia ini ditawarkan untuk jenjang magister. Berdasarkan SK nomor 146/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2014, program studi ini terakreditasi B. Akreditasi tersebut berlaku sejak 2017 hingga 22 Mei 2019.

5. Demografi dan Pencatatan Sipil, Universitas Sebelas Maret

Di Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret ditawarkan Prodi Demografi dan Pencatatan Sipil yang menjadi prodi  satu-satunya di Indonesia. Program studi jenjang D-IV ini baru berjalan di tahun ajaran 2017/2018. Penerimaan mahasiswa baru untuk prodi ini dibagi menjadi dua program, yaitu program reguler dan program beasiswa. Program reguler dibuka untuk lulusan SMA sederajat dengan usia maksimal 25 tahun. Program beasiswa dibuka untuk PNS/CPNS di lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri yang masih lulusan SMA dan mendapat rekomendasi dari pimpinannya.

6. Teknik Perpipaan, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Teknik Perpipaan menjadi satu-satunya program studi yang ada di Indonesia. Program ini tersedia di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. Program studi ini hanya tersedia untuk jenjang D-IV. Akreditasi untuk Teknik Perpipaan adalah A. Akreditasi ini berlaku mulai 2018 hingga 3 Januari 2023.

7. Keris dan Senjata Tradisional, Institut Seni Indonesia Surakarta

Program studi Keris dan Senjata Tradisional tak hanya menjadi satu-satu di Indonesia, tetapi juga di dunia. Program studi ini bertujuan untuk melestarikan kekayaan tradisional. Prodi Keris dan Senjata Tradisional ditawarkan oleh Institut Seni Indonesia Surakarta, Jawa Tengah. Sayangnya, prodi ini masih terakreditasi C hingga Juni 2019.

8. Tarjamah, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah berada di provinsi DKI Jakarta. Di universitas yang bernaung di bawah Kopertis III ini menawarkan program studi Tarjamah. Tarjamah menjadi satu-satunya program studi di Indonesia. Prodi yang berada di bawah Fakultas Adab dan Humaniora ini tersedia untuk jenjang S1. Berdasarkan SK, prodi ini mengantongi akreditasi A yang berlaku sejak 2016 hingga November 2021.

Kalau kamu sedang bingung mau masuk prodi mana kalau kuliah, 8 prodi satu-satunya di Indonesia tersebut bisa jadi referensi. Keren kan bisa kuliah di prodi yang hanya ada di Indonesia? Dijamin, ilmu kamu akan jadi sangat unik, dan suatu saat mungkin jadi begitu dicari oleh yang membutuhkan.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
2SHARES