Dari Mafia Asia Hingga Surga Dunia,12 Julukan Ini Pernah Disematkan Pada Indonesia!

27 Januari 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Banyak masyarakat Indonesia yang memandang sebelah mata negerinya sendiri. Walau begitu, sebenarnya Indonesia memiliki berbagai prestasi dan keistimewaan. Berbagai prestasi dunia pun pernah diraih oleh Indonesia. Karena hal-hal itulah, Indonesia mendapat berbagai julukan dari dunia. Apa aja ya julukan yang disematkan dunia kepada Indonesia? Berikut ini ulasannya.

1. Nusantara

Pada masa kejayaan Majapahit, Indonesia mendapat julukan Nusantara. Wilayah Nusantara membentang dari Pulau Sumatra hingga Papua. Bahkan, Thailand pun dulunya masuk wilayah Nusantara karena menjadi daerah kekuasaan Majapahit.

2. Zamrud Khatulistiwa

Indonesia memang dilewati oleh garis khatulistiwa. Maka dari itu, tak salah jika julukan Zamrud Khatulistiwa dilekatkan ke Indonesia. Tak hanya karena dilalui garis khatulistiwa, pemandangan hijau yang tampak dari atas seperti zamrud juga menjadi alasannya.

3. Negara Agraris

Lahan pertanian di Indonesia memang sangatlah luas. Karena alasan tersebut, orang Indonesia banyak yang bekerja di sektor pertanian. Kedua hal itu membuat Indonesia dijuluki negara agraris. Akan tetapi, saat ini lahan pertanian mulai berkurang dan pekerjaan di sektor pertanian mulai ditinggalkan.

4. Negara Seribu Pulau

Negeri kita tercinta ini terdiri dari 17.800 pulau. Fantastis bukan? Jumlahnya ini menjadikan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Tak hanya itu, sebutan negara seribu pulau juga disematkan kepada Indonesia.

5. Negara Maritim

Sebagai negara kepulauan, tentunya Indonesia di kelilingi oleh luasnya lautan. Pantas saja jika Indonesia disebut sebagai Negara Maritim. Laut pun dijadikan ladang mata pencaharian oleh orang Indonesia.

6. Negara Nyiur

Karena berbentuk pulau-pulau, pastinya punya banyak pantai kan? Pantai-pantai di Indonesia banyak ditumbuhi pohon kelapa. Jadi tak salah kan kalau julukan Negara Nyiur melekat kepada Indonesia.

7. Negara Seribu Candi

Julukan Negara Seribu Candi dimiliki Indonesia bukan hanya karena Indonesia memiliki banyak candi. Julukan ini didapatkan Indonesia karena candi Borobudur yang ada di Jawa Tengah pernah menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia.

8. Negara Megabiodiversitas

Berbagai jenis flora dan fauna bisa ditemukan di Indonesia. Spesies purba dan spesies langka, seperti komodo, anggrek hitam, dan Raflessia Arlnodi, juga bisa ditemukan di Indonesia. Ya, itulah alasan Indonesia dijuluki Negara Megabiodiversitas.

9. Heaven Earth

Negara-negara di dunia ini ternyata banyak yang iri lho dengan Indonesia. Kekayaan alam yang melimpah dan pemandangan yang fantastis adalah penyebabnya. Kedua hal tersebut menjadikan Indonesia disebut sebagai Heaven Earth atau surga dunia.

10. Paru-Paru Dunia

Julukan paru-paru dunia diberikan oleh Amerika Serikat dan Singapura terhadap Indonesia. Pasalnya, di Kalimantan terdapat hutan yang berfungsi sebagai penopang udara bersih untuk dunia. Maka dari itu, hutan di Kalimantan sudah seharusnya dilindungi.

11. Macan Asia

Negara-negara Asia dulu pernah berpendapat bahwa Indonesia berpotensi untuk menjadi negara adidaya. Hal itu membuat negara-negara Asia menyebut Indonesia sebagai Macan Asia. Namun, saat ini julukan tersebut berganti menjadi Macan Asia Tertidur karena Indonesia dianggap belum menunjukkan taringnya di mata Asia.

12. Mafia Asia

Indonesia sering menjadi penggerak dalam membahas masalah-masalah yang ada di kawasan Asia. Untuk itu, sebutan mafia Asia diberikan kepada Indonesia.

Keren kan? Julukan-julukan tersebut merupakan bentuk cara pandang dunia terhadap Indonesia. Harapannya, Indonesia akan jauh semakin lebih baik dari julukan yang disematkan. Yuk, semangat bangun negeri!

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES