Dari Jualan Daging Kucing hingga PSK, Inilah 7 Pasar Unik di Indonesia!

20 September 2017
|Romlah Sundari
1.1 KSHARES

Jangan ngaku orang Indonesia kalau belum pernah datang atau setidaknya melihat pasar tradisional yang menjadi tempat tujuan banyak ibu-ibu Indonesia di pagi hari. Pasar tradisional memang menjadi sesuatu yang selalu ada di tiap daerah di Indonesia. Baik di kota-kota besar seperti Jakarta hingga di kota-kota kecil seperti Madiun, tidak ada kota di Indonesia di mana kita tidak dapat menemukan pasar tradisional. Pasar memang menjadi sesuatu yang penting bagi perkembangan peradaban masyarakat. Jika biasanya pasar tradisional menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari, seperti beras, telur, produk pembersih, hingga pakaian, namun di Indonesia yang memiliki keragaman budaya dalam masyarakatnya ini juga ternyata memiliki pasar-pasar yang unik dan "tidak biasa". Keunikan pasar-pasar tradisional di penjuru Indonesia ini tidak hanya terletak pada barang yang diperdagangkan di sana, melainkan juga terletak pada bentuk pasar itu sendiri.

Penasaran apa saja keunikan pasar-pasar tradisional di Indonesia? Cek daftar berikut, ya!

1. Pasar Beriman di Tomohon, Manado

Pasar yang satu ini menjadi unik karena pasar menjual berbagai daging hewan-hewan yang tidak biasa dikonsumsi, seperti daging kucing, anjing, kera, ular piton, hingga kelelawar.

2. Pasar Makale di Toraja

Jika di Pasar Beriman yang dijual adalah daging hewan-hewan yang tidak lazim, di Pasar Makale, komoditas yang dijual adalah babi dan kerbau. Di pasar ini, kita dapat melihat babi yang ditenteng dengan santainya di mana-mana.

3. Pasar Terapung Muara Kuin, di Banjarmasin

Dari sisi komoditas, tidak ada yang unik dari Pasar Muara Kuin ini. Namun, seperti namanya, yang unik adalah bahwa pasar ini terapung. Ya, penjual dan pembeli sama-sama menaiki perahu demi dapat bertransaksi di Pasar Muara Kuin ini.

4. Pasar Bolu di Toraja

Pasar Bolu merupakan pasar yang khusus menjual kerbau di Toraja. Pasar Bolu ini merupakan pasar kerbau terbesar di dunia dengan transaksi yang dapat mencapai ratusan juta untuk satu ekor kerbau.

5. Pasar Bisu di Sumatera Barat

Pasar Bisu di Sumatera Barat ini menggunakan metode transaksi yang unik, yaitu tradisi marosok. Dengan tradisi ini, transaksi di Pasar Bisu dilakukan dalam diam dan dengan isyarat tangan untuk berkomunikasi. Unik ya, tidak seperti kebanyakan pasar tradisional yang riuh akan suara penjual dan pembeli, pasar ini bertransaksi dengan isyarat tangan.

6. Pasar Kaget di Wamena

Di Wamena, terdapat pasar kaget yang digelar di tengah hutan Wamena. Pasar ini juga tidak menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari, melainkan berbagai barang-barang khas Wamena, seperti koteka, kalung, dan tombak.

7. Pasar Kembang di Yogyakarta

Siapa yang tidak tahu dengan "pasar" yang satu ini? Tidak seperti namanya, yang dijual di pasar kembang bukanlah kembang atau bunga beneran, melainkan "kembang desa" atau perempuan. Ya, pasar kembang merupakan kawasan lokalisasi besar di Yogyakarta yang justru menjajakan jasa layanan seks kepada para pengunjungnya.

Indonesia memang unik, ya! Nggak heran kalau pasar-pasar tradisional di Indonesia juga nggak kalah unik! Jadi, seperti apa pasar tradisional di daerahmu? Apakah ada yang unik seperti pasar-pasar di atas?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
1.1 KSHARES