Dari Hobi Ngetem hingga Nempel Quotes Berfaedah, Inilah 7 Kebiasaan Angkot di Indonesia!

04 Oktober 2017
|Romlah Sundari
0SHARES

Kehidupan di Indonesia mungkin akan terasa kurang seru jika tanpa kehadiran angkot. Bukan hanya menjadi sarana transportasi, angkot juga sering mewarnai kehidupan masyarakat Indonesia dengan berbagai cerita. Bagi kamu yang suka naik angkot, pasti hafal deh bagaimana angkot bisa membuat kita merasakan berbagai macam emosi yang campur aduk, mulai dari ketawa bahagia sampe teriak-teriak ketakutan. Namun, dari berbagai emosi yang kita rasakan, berkat angkot inilah hidup kita jadi lebih berwarna. Meskipun kadang angkot juga membuat kita kesulitan dengan kebiasaan-kebiasaan ajaib mereka.

Ya, angkot di Indonesia menjadi begitu spesial karena kendaraan umum ini punya kebiasaan-kebiasaan unik bin ajaib yang kayaknya cuma bisa ditemukan di Indonesia. Penasaran apa saja kebiasaan angkot Indonesia yang ajaib? Yuk, kepo!

1. Angkot di Indonesia hobi banget ngetem berjam-jam, jadi siap-siap telat, ya!

Kebiasaan yang satu ini kayaknya memang melekat banget sama angkot mana pun di Indonesia. Nggak di Jakarta, Jogja, maupun NTT sekalipun, angkotnya pasti doyan ngetem! Kalo udah ngetem, aduh, jangan harap deh bisa sampai di tempat tujuan tepat waktu! Mendingan kita hubungin orang yang nungguin kita di tempat tujuan kalo kita terjebak angkot yang ngetem deh daripada berharap angkotnya akan lekas mengantar kita ke tempat tujuan.

2. Mau sepenuh apa pun angkot, sopirnya akan selalu mengatakan kalau angkotnya kosong dan masih bisa dinaiki penumpang baru!

Jangan pernah percaya kata-kata manis sopir angkot yang bilang kalau angkotnya masih kosong dan penumpang baru masih bisa naik. Apalagi kalau kita sudah lihat ada penumpang yang bergelantungan di pintu atau bahkan duduk di atas angkot, nggak mungkin masih ada tempat kosong lagi. Kecuali kalau tubuhmu bisa diperkecil jadi seukuran semut, ya mungkin kamu masih bisa dapat tempat duduk di dalam angkot.

3. Kalau nggak lagi ngetem, sopir angkot sering bawa angkotnya bak pembalap F1 yang punya nyawa 9!

Nah, terlepas dari penderitaan terjebak angkot yang ngetem, jangan lega dulu. Masih ada penderitaan lain, karena begitu angkot jalan, sering kali kendaraan umum yang satu ini jalannya seperti dikemudikan oleh pembalap F1! Nggak cuma ngebut, angkot juga nggak segan nyalip sana sini meskipun jaraknya sangat mepet. Kayaknya memang sopir angkot itu punya sembilan nyawa!

4. Habis pusing dibawa ngebut dan kamu mau menghentikan penderitaan dengan turun dari angkot. Hati-hati karena saat menurunkan penumpang, angkot pun nggak berhenti!

Biasanya kalau mau turun dari angkot, kita akan memberi tahu kepada sopirnya untuk merapat ke kiri karena kita hendak turun. Angkot memang akan merapat ke kiri, tapi jangan harap angkot akan benar-benar berhenti berjalan demi dapat menurunkanmu di tempat tujuan dalam damai karena sopir angkot akan tetap injak gas tipis-tipis sembari menyuruhmu untuk melompat keluar!

5. Saat membayar angkot, selalu pakai uang pas karena kalau nggak, kelebihan uangmu kemungkinan besar nggak akan kembali!

Nah, soal uang memang sensitif. Kita mungkin sering nggak enak untuk menanyakan uang kembalian kita. Jadi, usahakan untuk selalu membayar dengan uang pasb atau kalau tidak, tanyakan dulu berapa tarifnya sebelum memberikan uang sehingga sopir angkot mau tidak mau akan mengembalikan kelebihan uangmu. Selain itu, angkot di Indonesia juga punya kebiasaan suka menaikan tarif angkot saat harga bbm naik, tapi enggan menurunkannya kembali saat harga bbm sudah turun lagi. Duh, tekor deh lama-lama!

6. Tapi, nggak semua kebiasaan angkot itu buruk, kok. Angkot juga punya kebiasaan untuk menempel quotes berfaedah di badan kendaraan yang bisa bikin kita terhibur!

Nah, ini adalah salah satu kebiasaan baik angkot di Indonesia. Bukan cuma hobi ngetem dan ngebut, angkot di Indonesia juga sering menghibur kita dengan berbagai kutipan unik yang terkadang berfaedah di badannya sehingga kita yang menaiki angkot atau yang membaca tulisannya dari luar akan merasa terhibur dan tertawa bahagia.

7. Selain menempel quotes berfaedah, angkot juga sering menghibur kita dengan alunan musik dangdut yang meskipun bukan genre kita banget, pasti akan terus terngiang dalam kepala!

Ini mungkin adalah salah satu cara bagi sopir angkot untuk menghibur penumpang yang kesal akibat ngetem terlalu lama atau jalan yang terlalu ngebut. Mungkin juga ini merupakan cara bagi sopir angkot menghibur dirinya sendiri yang kerap dibuat stres dengan setoran yang harus dikejar dan padatnya lalu lintas. Apa pun alasannya, tapi angkot memang selalu lekat dengan musik dangdut. Jujur saja deh, meskipun kita bukan penggemar musik dangdut, tapi lagu-lagu dangsut pasti selalu terngiang di kepala meskipun setelah kita turun dari angkot nanti.

Nah, itulah dia tujuh kebiasaan ajaib angkot di Indonesia. Bagaimanapun, moda transportasi yang satu ini memang berjasa banyak bagi kita yang tidak memiliki kendaraan pribadi. Karena itu, sabar-sabar aja ya menghadapi kelakuan angkot di Indonesia. Kalau dibawa asik, naik angkot di Indonesia itu sebenarnya seru, kok!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES