Dari Ditikung sampai TTM-an, Lagu Dangdut Pantura Ini Menggambarkan Kisah Orang Indonesia Banget!

27 Agustus 2017
|Romlah Sundari
0SHARES

Pernah nggak melakukan perjalanan panjang dengan bis antarkota? Biasanya, di sepanjang perjalanan panjang itu kamu akan dihibur dengan lagu-lagu dangdut pantura dan jujur aja, pasti ada di antara lagu-lagu dangdut koplo ini yang liriknya bikin kamu baper. Faktanya, lagu dangdut yang asli buatan orang Indonesia ini emang ngegambarin kehidupan orang Indonesia banget. Kasus-kasus yang diangkat dalam lagu-lagu ini memang senyatanya terjadi dalam keseharian kita. Lirik lagu dangdut pantura ini juga emang nyuarain isi hati kita dengan lugas, jadi kita yang dengerin langsung baper meskipun sering kali pilihan kata yang dipakai bikin kita heran dan geli.

Apalagi lagu-lagu dangdut pantura yang membicarakan tentang kisah percintaan antara dua insan. Duh, yang ini memang telak banget. Mulai dari kasus friendzone sampai ditinggal karena pasangan milih orang lain yang lebih kaya, semua dibahas dengan lengkap dalam khasanah lagu dangdut koplo. Nggak percaya? Nih, YuKepo buktikan kalau tujuh lagu dangdut ini ngewakilin kisah cinta orang Indonesia. Simak, ya!

1. Ditinggal karena belum mapan? Lagu "Kimcil Kepolen" ini tercipta khusus untukmu!

“Jare nek ra ninja raoleh dicinta” atau yang kalau diartikan ke bahasa Indonesia jadi 'Katanya kalau enggak (pakai motor) Ninja, nggak boleh dicinta'.

Ngaku, siapa yang pernah ditinggal pasangan karena belum mapan? Atau disuruh pisah sama orang tua karena pasangan belum mapan? Perkara cinta dan harta ini jadi isu yang makin kerasa ketika seseorang mendekati usia nikah di Indonesia. Kalau dulu waktu masih pacaran main-main, nggak peduli tuh pasangan punya uang atau nggak, yang penting cinta. Tapi, kalau pacaran yang serius dan memang mau menikah, tingkat kemapanan pasti jadi pertimbangan saat memilih pasangan.

2. Kamu yang punya pacar galak, lagu "Bojo Galak" ini pasti menyuarakan isi hatimu

“Kuat dilakoni lek rakuat ditinggal ngopi, tetep cinta senadyan bojoku galak,” lirik dari lagu "Bojo Galak" yang pernah dinyanyiin sama Via Vallen ini dalam bahasa Indonesia artinya adalah '(jika) kuat dilakukan kalau nggak kuat ditinggal ngopi, tetap cinta walaupun pacarku galak'.

Lagu yang satu ini menceritakan susahnya punya pasangan yang galak dan cemburuan. Jujur, pasti kamu atau orang yang kamu kenal juga pernah punya pacar yang posesif dan sukanya marah-marah. Nggak usah jauh-jauh deh, isu pasangan galak ini juga udah pernah diangkat jadi tema salah satu sinetron di Trans TV yang berjudul "Suami-suami Takut Istri". 

3. Muka pas-pasan? Sering nggak PD? Lagu "Bidadari Kesleo" ini mengisahkan penderitaanmu

“Sing penting lurus mlakumu, ngganteng atimu ngganteng sifatmu,” lirik lagu "Bidadari Kesleo" ini kalau diartikan dalam bahasa Indonesia jadi begini, 'Yang penting lurus jalanmu, ganteng hatimu ganteng sifatmu'.

Lagu yang baru ngetren beberapa waktu belakangan ini menyuarakan hati siapa pun yang merasa memiliki muka pas-pasan. Iya, emang ngeselin sih karena pembukaan lagu ini cenderung ngejek, tapi inti dari lagu ini sebenarnya adalah kita nggak perlu malu meskipun tampang kita nggak setampan Brad Pitt atau secantik Chelsea Islan. Emang bener banget sih, kita yang hidup di Indonesia dengan tampang pas-pasan sering kali jadi korban hujatan dan jadi sering nggak PD. Mau contoh nyatanya? Liat aja berapa banyak orang yang suka membully Andika Kangen Band meskipun dia santai-santai aja dan tetap bisa gonta-ganti pasangan.

4. Pacarmu ditikung teman sendiri? Lagu "Bojo Ketikung" ini memahami sakitnya hatimu

“Aku ra nyongko koe tego karo konco, jarene konco kentel bojoku tok sleding tekel” atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai berikut, 'Aku nggak nyangka kamu tega sama teman, katanya teman dekat (tapi) pacarku kamu sliding tackle'.

Apa masih perlu dijelaskan perkara tikung menikung pasangan ini? Kasus tikung menikung ini udah sering sekali terjadi di antara masyarakat Indonesia. Masih ingat dengan status viral seorang perempuan yang mengaku bahwa 47 hari pasca ia melahirkan, ia baru mengetahui kalau suaminya selingkuh dan sudah punya anak dengan perempuan lain? Ini nih kasus real di Indonesia, pasangan ditikung orang lain. Duh, diselingkuhin emang pait, apalagi sama teman sendiri.

5. Kamu yang terjebak friendzone pasti baper kalau dengar lagu "Konco Mesra"

 “Nganti kapan abot iki ora muk dukung, mung dadi konco mesra mergo kependem cinta,” petikan lagu terkenal yang dinyanyikan oleh Nella Kharisma ini jika diartikan ke bahasa Indonesia akan jadi begini, 'Sampai kapan berat (hati) ini tidak kamu dukung, cuma jadi teman mesra karena memendam cinta'.

Ngaku aja, pasti kita pernah ngerasain saat-saat jatuh cinta, tapi nggak sanggup mengungkapkan dan akhirnya cuma bisa jadi teman mesra biasa. Kasus friendzone ini emang nyesek banget, guys. Tapi, nggak bisa dinafikkan, kisah-kisah seperti ini ada di sekitar kita atau bahkan di kehidupan kita. Bisa jadi kita sendiri pernah secara nggak sadar nge-friendzone-in seseorang yang menyimpan rasa untuk kita. Karena itu, berhenti deh mendam-mendam perasaan hanya karena takut ditolak. Lebih baik diungkapkan dan ditolak daripada dipendam dan terjerumus dalam friendzone.

6. Jika kamu pernah dipermainkan perasaannya oleh seseorang, lagu "Ati Dudu Kos-kosan" ini pasti menohok tepat di ulu hati

“Rumangsa iki kos-kosan teko lungo atiku nggo dolanan,” lirik nyesek yang satu ini kalau diartikan dalam bahasa Indonesia kira-kira akan jadi seperti ini, 'Kamu kira ini kos-kosan, datang pergi hatiku dipermainkan'.

Pernah punya perasaan sama seseorang, namun orang itu datang dan pergi di kehidupan kita sesuka hati? Kadang dia datang dan bertingkah sangat manis hingga bikin kita baper, namun tiba-tiba saja dia hilang entah ke mana. Nah, lagu yang satu ini menyuarakan hati orang-orang yang dipermainkan perasaannya oleh orang lain dan percayalah, banyak orang Indonesia yang pernah mengalami ini.

7. Perihnya ditinggal nikah oleh pasangan digambarkan dengan sangat tepat oleh lagu "Ditinggal Rabi"

“Mbiyen tak tandur pari tukule suket teki, wes kadung tak pacari malah ditinggal rabi,” lagu yang satu ini sering dibawakan oleh orkes dangdut pantura dan jika diartikan ke bahasa Indonesia akan jadi begini, 'Dulu ku tanam padi tumbuhnya rumput teki, sudah terlanjur ku pacari malah ditinggal nikah'.

Ini pahit, tapi ini nyata. Mungkin kamu atau temanmu pernah merasakan yang satu ini. Sudah pacaran lama, merawat hubungan dengan baik, eh tiba-tiba pasangan malah menikah dengan orang lain yang bisa jadi baru saja dikenalnya. Misalnya saja kisah pernikahan Selmadena dan Haqy Rais, anak dari politisi terkenal Amien Rais. Untuk menikah dengan Haqy Rais, Selma harus rela meninggalkan Senna Indriarto, cowok yang telah dipacarinya selama enam tahun. Karena menurut Selma, pilihan untuk menikah dengan Haqy itu lebih realistis daripada harus menunggu Senna yang belum lulus. Duh, nyesek!

Gimana? Masih nggak percaya kalau lagu dangdut koplo ini ngewakilin kisah cinta orang Indonesia banget? Gih dengerin langsung aja, tapi nggak nanggung ya kalau nanti jadi baper.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES