Cimande, Kampung Pencak Silat dan Pengobatan Patah Tulang

05 November 2017
|Mohammad Syahrial
0SHARES

Kalau kamu pernah patah tulang, pasti ada aja yang nyaranin kamu buat pergi ke cimande. Di sana sarangnya ahli-ahli tulang. Tapi, ahli tulang cimande ini bukan dokter, mereka ahli tulang tradisional yang diwariskan ilmu pertulangan dan kesehatan-kesehatan lainnya secara turun-temurun. Sekali dua kali dibatek, tulang kamu balik lagi. Emang ajaib deh para ahli tulang cimande. Tapi, gak cuma terkenal dengan para ahli tulangnya, silat cimande juga terkenal seantero Indonesia dan bahkan sampai ke luar negeri. Salah satu aliran silat tertua di Indonesia ini disegani oleh aliran silat lainnya. Nah, kali ini YuKepo bakal ngebahas Cimande, kampung pencak silat dan pengobatan patah tulang. Mau tau kayak gimana? Yuk, langsung aja kepoin!

Leluhur Cimande yang bernama Abah Khaer memiliki peran penting dan berjasa besar bagi daerah Cimande, tempat dirinya tinggal. Abah Khaer mahir “maenpo” alias maen poho yang artinya gerakan menipu setelah sukses mengalahkan banyak jawara dari berbagai penjuru. Beliau juga meminta kepada murid-muridnya untuk menyebarkan ilmu “maenpo”, mulai dari wilayah Pasundan hingga ke berbagai penjuru Nusantara, bahkan ada pula masyarakat luar Indonesia yang tertarik untuk belajar ilmu silat ke Cimande.

Sejak saat itu, ilmu pencak silat terus menerus diwariskan oleh leluhur kepada generasi-generasi penerusnya. Hingga kini, silat Cimande menjadi salah satu aliran silat tertua di Indonesia dan banyak perguruan silat, baik itu di Indonesia maupun luar negeri mengadopsi jurus-jurus silat Cimande. Kini pun banyak perguruan silat yang mengajarkan silat Cimande sebagai dasarnya.

Ternyata bukan cuma silat yang terkenal dari Cimande. Daerah itu pun dikenal sebagai sarangnya para ahli pengobatan tulang tradisional. Kalau soal kemampuannya memperbaiki tulang mah gak perlu diraguin lagi deh, secara para master tulang berasal dari Cimande ini. Mereka bisa memperbaiki tulang serusak apa pun. Mulai dari terkilir, tulang geser, hingga patah tulang. Hebatnya lagi, jika berobat di Cimande, gak butuh waktu lama supaya tulang kembali normal. Beda banget sama waktu pemulihan yang dibutuhkan kalau kita ke rumah sakit. Harganya pun jauh lebih murah ketimbang rumah sakit, lho!

Ketenaran urut atau pijat Cimande berpengaruh psositif bagi minyak urut cimande. Minyak cimande menjadi incaran banyak orang dari berbagai wilayah. Di era digital ini pun banyak yang menjual minyak cimande melalu website atau media sosialnya. Tapi, hati-hati terhadap barang palsu, ya!

Itu dia bahasan kali ini mengenai Cimande, kampung pencak silat dan pengobatan tradisional patah tulang. Buat kamu yang mau belajar silat atau membetulkan tulang yang tidak betul, boleh dicoba nih buat ke Cimande. Tapi, kalau kamu mau main aja, gak ada salahnya juga. Pintu Cimande selalu terbuka untuk siapa aja, kok.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES