Chandra Sembiring, Dokter Indonesia Pertama yang Belajar Kedokteran Alam Liar di Everest! Keren!

13 Desember 2017
|Meidiana
0SHARES

Mungkin selama ini ini kita selalu berpikir bahwa tempat praktik dokter hanya terbatas di rumah sakit dan laboratorium alias di dalam ruangan saja, tapi nyatanya nggak melulu begitu, lho. Ada kok dokter dengan spesialisasi tertentu yang justru menjadikan alam bebas sebagai tempat praktiknya. Salah satunya adalah Dokter Chandra Sembiring Meliala.

Tidak cuma itu, dr. Chandra Sembiring bahkan menjadi dokter sekaligus orang pertama asal Indonesia yang mengikuti pelatihan medis alam liar di Gunung Everest, Nepal. Wah, seperti apa sih sosok dan kisah dr. Chandra Sembiring yang telah membanggakan Indonesia ini? Yuk, simak bersama.

 

Pada tahun 2016, dr. Biring berhasil mewujudkan cita-citanya menjadi salah satu dokter yang terpilih untuk mengikuti pelatihan medis alam liar (wilderness medicine) bersama dokter profesional dari seluruh dunia di Gunung Everest, Nepal. Dikutip dari Liputan6.com, dengan mengikuti pelatihan tersebut, dokter lulusan Universitas Padjajaran yang berasal dari Sumatra Utara tersebut berharap bahwa esok Indonesia juga bisa seperti negara maju yang memiliki dokter yang selalu siap sedia menolong masyarakat yang hidup di pedalaman atau dikelilingi alam liar. Selama ini, menurutnya, ketika terjadi wabah di tempat terpencil atau yang medannya sulit, seperti gunung dan laut, dokter di Indonesia seringkali belum siap mental untuk melaksanakan tugasnya.

Selama berada di Nepal, banyak kegiatan yang diikuti dan dipelajari oleh dokter yang aktif terjun langsung dalam bencana-bencana yang melanda Indonesia ini. Di Kathmandu, ibu kota Nepal yang sekaligus akses utama untuk mencapai jalur pendakian Gunung Everest, dr. Biring mendapatkan kuliah dari ahli wilderness medicine dan travel medicine.

Kemudian, dr. Biring ditempatkan di HRA (Himalayan Rescue Association)  di Pheriche, salah satu pos medis di jalur pendakian Everest. Selain untuk mendukung pendakian Everest pada musim semi 2016 kemarin,  HRA juga menjadi tempat belajar dr. Biring selama sekitar tiga bulan mengenai kedokteran di alam liar (wilderness medicine) dengan spesialisasi penyakit di ketinggian (high altitude medicine). 

Selain belajar ilmu kedokteran di alam liar, pria dengan julukan Dokter Gunung ini juga belajar manajemen sistem di alam liar juga, lho. Keren banget deh dokter kebanggan Indonesia satu ini. Semoga ke depan, ilmu yang didapat dr. Biring dapat segera membawa perubahan, terutama perubahan yang lebih baik lagi dalam pelayanan medis di negara yang rawan bencana alam seperti Indonesia ini, ya.

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Meidiana
"Bahagia bersama senandika."
0SHARES