Cerita Cinta The Smiling General: Dijodohkan dengan Ibu Tien, Soeharto Grogi Bukan Kepalang!

www.pinterest.com

Soeharto, presiden kedua Republik Indonesia ini dipenuhi oleh berbagai kontroversi. Bahkan, hingga ajal menjemputnya, kontroversi tersebut tetap menggaung, khususnya di mata para sejarawan. Soeharto memang berhasil membuat Indonesia berada dalam dilema. Sikapnya yang otoriter selama memimpin NKRI sedikit membuat pergolakan di tanah air berkurang. Namun di sisi yang lain, kebijakannya tersebut membuat mereka yang berpikir kritis seakan terkukung dalam sebuah penjara. Mungkin inilah salah satu bentuk ketidaksempurnaan manusia.

Berbicara mengenai Soeharto, tampaknya ada satu hal pasti yang membuat semua orang, baik yang pro maupun yang kontra, berdecak kagum, yakni perihal kehidupan pernikahannya bersama Siti Hartinah atau yang dikenal dengan sebutan Ibu Tien. Seperti apa kisah cinta Soeharto dengan Siti Hartinah hingga membuat semua orang kagum? Langsung aja kita simak bersama.

1. Cinta monyet Soeharto dan Hartinah

www.pinterest.com

Pertemuan mereka berdua berawal dari salah satu sekolah yang ada di Wonogiri. Pada saat itu, Soeharto merupakan kakak tingkat dari Hartinah, sedangkan Hartinah satu tingkat dengan adik sepupu Soeharto yang bernama Sulardi. Soeharto tampaknya belum menaruh perasaan kepada Hartinah. Namun, justru Hartinah yang kepincut dengan Soeharto. Bahkan, ketika meledek Sulardi, ia mengatakan jika Sulardi kelak akan menjadi adik iparnya.

2. Perjuangan mereka di medan pertempuran

presidentliamarliana.blogspot.com

Soeharto yang telah tumbuh dewasa sangat aktif dalam dunia kemiliteran. Sementara Hartinah pun ikut dalam sebuah organisasi perjuangan perempuan, seperti Laskar Wanita Indonesia (Laswi) serta Palang Merah Indonesia (PMI). Meski berbeda dan terpisah jauh, mereka berdua sama-sama berjuang demi membela Negara Indonesia.

3. Keluarga Prawirowiardjo sebagai mak comblang

www.profilpedia.com

Ketika Soeharto menginjak usia 26 tahun, sang paman, Prawirowiardjo mulai menyinggung Soeharto perihal masalah pernikahan. Bahkan, istri dari Prawirowiardjo yang merupakan adik dari Pak Karto, ayah Soeharto terus memaksa Soeharto agar segera menikah.

"Tetapi, siapa pasangan saya? Saya balik bertanya kepada mereka. Saya tidak punya calon," ujar Pak Harto dalam otobigrafi 'Soeharto: Pikiran, Ucapan, dan Tindakan Saya' halaman 43-45.

Ibu Prawiro pun menenangkan Soeharto dan mengatakan jika ia telah menyiapkan jodoh yang tepat untuknya.

"Kamu masih ingat dengan Siti Hartinah, teman satu kelas adikmu, Sulardi, waktu di Wonogiri?" tanya Ibu Prawiro.

"Tetapi, bagaimana bisa?" kata Pak Harto kembali bertanya.

"Apa dia akan mau? Apa orang tuanya akan memberikan? Mereka orang ningrat. Ayahnya, Wedana, pegawai Mangkunegaran," ungkap Pak Harto dengan perasaan minder.

“Keadaan sudah berobah, nak,” ungkap sang bibi.

4. Hari pernikahan Soeharto dan Hartinah
arsip121.blogspot.com

Tak disangka-sangka, ternyata pinangan Soeharto disambut baik oleh keluarga Hartinah. Perempuan itu pun menerima lamaran Soeharto dengan penuh suka cita. Kabarnya, Hartinah telah menolak pinangan dari para pria terpandang hanya demi Soeharto. Alasannya sangat sederhana: Karena ia telah mendengar cerita tentang Soeharto sewaktu bertugas di PMI.

Soeharto seakan tak percaya dengan kenyataan yang dialaminya. Di satu sisi ia masih tidak percaya jika Hartinah mau menerima pinangannya. Di sisi lain ia sangat bahagia karena keputusan tersebut.

"Agak kikuk juga, sebab sudah lama saya tidak melihat Hartinah dan keragu-raguan masih ada pada saya, apakah dia akan benar-benar suka kepada saya," tutur Pak Harto.

Tepat pada 26 Desember 1947 pernikahan Soeharto dan Hartinah digelar di Solo. Meski menikahi anak dari keluarga terpandang, pernikahan mereka berjalan dengan sangat sederhana. Pencahayaan pun hanya bermodalkan lilin-lilin agar tidak mengundang perhatian Belanda yang kala itu tengah gencar-gencarnya melakukan agresi militer di Indonesia. Tiga hari berselang, Soeharto memboyong Hartinah ke kota tempatnya bertugas, yakni di Yogyakarta.

Begitulah cerita cinta The Smiling General dan permaisurinya, Siti Hartinah atau Ibu Tien. Sungguh romantis ya mereka? Kamu sendiri kisah cintanya seperti apa nih dengan pasanganmu yang sekarang? Apakah romantis juga seperti kisah Mantan Presiden RI yang satu ini?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Bisa Dijadikan Pengganti Mentega, Berikut Sederet Fakta Buah Alpukat - Keepodotme

Bisa Dijadikan Pengganti Mentega, Berikut Sederet Fakta Buah Alpukat - Keepodotme

Dari Ujung Barat Hingga Ujung Timur, Inilah 8 Tempat di Indonesia yang Diakui UNESCO!

Dari Ujung Barat Hingga Ujung Timur, Inilah 8 Tempat di Indonesia yang Diakui UNESCO!

Hal Menyenangkan yang Biasa Dilakukan ketika Hujan Turun, di Masa Kecil vs Sekarang - Keepodotme

Hal Menyenangkan yang Biasa Dilakukan ketika Hujan Turun, di Masa Kecil vs Sekarang - Keepodotme

Sedih! Lima Moda Angkutan Jakarta Ini Kini Tinggal Kenangan. Apa Saja ya?

Sedih! Lima Moda Angkutan Jakarta Ini Kini Tinggal Kenangan. Apa Saja ya?

Miliki Wajah dan Tampilan Baru, Pinterest Disebut Melirik Gaya Khas Instagram - Keepodotme

Miliki Wajah dan Tampilan Baru, Pinterest Disebut Melirik Gaya Khas Instagram - Keepodotme

Jalan Terindah di Indonesia Ini Bisa Bikin Capekmu Hilang Saat Melintasinya

Jalan Terindah di Indonesia Ini Bisa Bikin Capekmu Hilang Saat Melintasinya

loading