Cantiknya Nggak Ketulungan! 9 Istri Presiden Soekarno Ini Bakal Bikin Kamu Jatuh Hati!

21 November 2017
|Iswara Aji Pratama
274SHARES

Selain ahli dalam menaklukkan penjajah, Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno juga ahli dalam menaklukan hati perempuan. Bagaimana tidak, jika pada umumnya seorang lelaki hanya memiliki satu atau dua istri, Soekarno mampu mempunyai sembilan istri. Akan tetapi kalau dihubungkan dengan konteks pada saat itu kayaknya wajar-wajar aja sih.

Ada beberapa alasan mengapa Soekarno beristri lebih dari dua, pertama ia seorang pejuang yang harus mondar-mandir ke seluruh negeri untuk mengajak rakyat bangkit dan melawan penjajah. Sewajarnya seorang manusia, membutuhkan kasih sayang dari lawan jenis, oleh sebab itu ia menikahi beberapa perempuan di daerah-daerah yang dia kunjungi. Ia butuh support dan motivasi dari orang yang mencintainya, dan tempat untuk mencurahkan keluh kesahnya. Lagipula, seorang istri pada zaman tersebut mungkin gak bisa diajak untuk ikut mondar-mandir karena alasan keamanan, atau alasan lainnya jadi gak bisa selalu ada di samping Soekarno. Kedua, statusnya sebagai pemimpin perjuangan membuat para wanita jadi kepincut oleh kharisma yang dimiliki oleh Soekarno. Daripada kamu penasaran, mending langsung kita kepoin kecantikan para istri Soekarno di bawah ini. Yuk scroll ke bawah.

1. Oetari Tjokroaminoto, istri pertama Soekarno

Oetari adalah anak dari HOS Tjokroaminoto yang menjadi role model Soekarno pada saat itu. Alasan dibalik Soekarno menikahi Oetari adalah untuk meringankan beban Tjokroaminoto yang pada saat itu tengah dirundung duka karena istri tercintanya meninggal dunia.   

2. Inggit Ganarsih, istri kedua Soekarno

Setelah bercerai dengan Oetari, Soekarno pindah ke Bandung. Ia tinggal di sebuah rumah kost yang dimiliki oleh Inggit Ganarsih. Waktu itu Soekarno berusia 20 tahun dan masih menjadi mahasiswa. Karena paras ayu yang dimiliki oleh Inggit dan kesediaan Inggit dalam mendukung Soekarno, akhirnya Soekarno memutuskan untuk menikahi Inggit yang 33 tahun lebih tua dari dirinya. Selama 20 tahun mereka hidup bersama dan berakhir ketika Soekarno jatuh hati pada Fatmawati. Inggit minta diceraikan karena gak mau dipoligami.

3. Fatmawati, istri ketiga Soekarno

Ketika berada di pengasingan, tepatnya di Bengkulu, Soekarno bertemu dengan seorang wanita yang bernama Fatmawati, putri dari tokoh Muhammadiyah di Bengkulu. Pada saat itu, Soekarno lebih tua 22 tahun dari Fatmawati. Kalau istri yang satu ini kamu pasti tau lah ya, karena di pelajaran sekolah namanya sering diungkit sebagai penjahit bendera Indonesia pertama.   

4. Hartini, istri keempat Soekarno

Bung Karno bertemu dengan Hartini di Jawa Tengah. Waktu itu Hartini statusnya adalah seorang janda beranak lima. Walaupun bahtera rumah tangga mereka tidak harmonis, namun Hartini tetap bertahan hingga Bung Karno menghembuskan nafas terakhirnya di tahun 1970.    

5. Kartini Manoppo, istri kelima Soekarno

Ketika melihat lukisan karya Basuki Abdullah, Bung Karno terpikat oleh kecantikan model yang ada dalam lukisan tersebut, yang tidak lain adalah Kartini. Pada waktu itu, Kartini bekerja sebagai pramugari di Garuda Indonesia. Karena Kartini berasal dari keluarga terpandang di Sulawesi Tenggara, ia memilih untuk menutupi pernikahannya dengan Soekarno. Tahu aja ya Bung Karno nyari istrinya pramugari, ya cantik lah.    

6. Ratna Sari Dewi, istri keenam Soekarno

Gak cuma di dalam negeri, kisah percintaan Soekarno juga merambah ke luar negeri, yakni ke Jepang. Pertemuan Ratna dengan Soekarno terjadi di Tokyo. Pada waktu itu Bung Karno menginap di Hotel Imperial dan dikenalkan dengan Naoko Nemoto alias Ratna Dewi. Waduh cantik banget dah istri Soekarno yang ini, parah!

7. Haryati, Istri ketujuh Soekarno

Percintaan mereka dimulai ketika Haryati bekerja sebagai staff Sekretaris Negara di Bidang Kesenian. Mereka menikah pada tahun 1963. Namun, hanya berlangsung tiga tahun karena Soekarno menceraikan Haryati karena merasa gak cocok lagi. Aduh Bung, kok kayak pacaran aja pake gak cocok segala.  

8. Yurike Sanger, istri ke delapan Soekarno

Nah ini cukup ekstrem. Jarak usia yang ada pada Soekarno dan Yurike yakni 40 tahun lebih tua Soekarno! Yurike dilamar Soekarno di tahun 1964. Namun sayangnya, bahtera rumah tangga mereka juga cuma sebentar, yakni tiga tahun. Aduh Bung, singkat banget waktu yang ditempuh.

9. Heldy Djafar, istri ke sembilan Soekarno

Waktu menikah dengan Soekarno, Heldy masih berusia 18 tahun, sementara Soekarno berusia 65 tahun. Gila! Kayak kakek sama cucu ya? Hubungan mereka pun gak bertahan lama karena kondisi pada saat itu kian memburuk dan Soekarno ditahan di dalam penjara, maka Heldy memutuskan untuk berpisah dan menikah dengan pria lain. Sedih deh!

Cantik-cantik kan istri Sang Proklamator? Hebat emang Bung Karno. Ya kisah percintaan Soekarno dijadikan pelajaran aja buat kamu yang mau menikah. Coba dipikir matang-matang supaya gak selesai di tengah jalan. Lagian kalau kamu gak punya duit, emangnya bisa punya istri sembilan kayak Soekarno?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Iswara Aji Pratama
Gak Punya Quote Nih!
274SHARES