Bung Karno Tinggalkan Harta yang Cukup Untuk Bayar Utang Negara? Bener Nggak ya?

03 Februari 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Ir. Soekarno memang sosok yang banyak dikagumi oleh masyarakat. Kharisma dan wibawa yang dimiliki telah menjadikannya sebagai sosok yang pantas diidolakan. Ia juga dianggap sebagai pemimpin yang baik untuk Indonesia. Tak hanya itu, kisah misteri juga menyelimuti kehidupan Presiden Pertama Indonesia ini.

Konon, Presiden Soekarno memiliki hubungan batin dengan Penguasa Pantai Selatan, Ratu Kidul. Tongkat komando miliknya pun katanya memiliki kekuatan misterius. Tak selesai sampai di situ, rumor harta peninggalan Soekarno pun merebak di masyarakat. Soekarno dikabarkan menyimpan harta yang banyak yang digunakan untuk membangun negeri ini. Berbagai pencarian pun telah dilakukan. Lantas, benarkah harta itu memang ada?

Bung Karno dikatakan meninggalkan berbagai logam mulia, uang, dan bermacam pusaka untuk Indonesia. Harta itu didapatkan Bung Karno dari sumbangan raja-raja terdahulu dan rampasan perang. Kabarnya, nilai harta peninggalan tersebut bisa melunasi semua utang Indonesia dan bisa untuk membangun Indonesia. Sayangnya, tidak semua orang bisa mengambil harta tersebut. Harta tersebut dijaga oleh makhluk gaib. Yang bisa mengambilnya hanya mereka yang memegang kunci amanah.

Kunci amanah, menurut para ahli spiritual, diberikan secara langsung oleh Bung Karno. Bung Karno telah menitipkan kunci amanah ke beberapa orang secara acak. Dengan kunci amanah, harta karun Soekarno bisa ditemukan.

Soenuso Goroyo Soekarno alias Satrio Piningit mengaku telah mendapatkan harta karun milik Soekarno. Mantan anggota TNI ini mempunyai ratusan keping emas lantakan yang bergambar Soekarno dengan berat tiap kepingnya 8 ons. Selain itu, ia juga memiliki emas putih lantakan bertuliskan JM Mathey London. Deposito bertanggal 16 Agustus 1945 yang dikeluarkan oleh BPUPKI pun ia miliki.

Tak hanya Goroyo, Hj. Dewi SN juga mengaku sebagai pemegang kunci amanah. Hj. Dewi mendapatkan harta peninggalan Bung Karno saat bertapa di Gunung Galunggung. Dalam pertapaannya, ia mendapatkan mustika rantai bumi serta peti berisi emas batangan dan logam mulia. Sayangnya, semua harta tersebut hilang saat akan dibawa pulang. Menurut Dewi, harta tersebut belum saatnya untuk dikeluarkan.

Walaupun berbagai cerita tentang penemuan harta Soekarno muncul, Soekarno mengaku tak pernah meninggalkan harta. Pengakuan tersebut terdapat dalam buku Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat Indonesia tulisan Cindy Adams. Saat keluar dari istana Negara saja, Bung Karno hanya memakai kaos oblong dan hanya memakai bungkusan berisi bendera pusaka. Sejarawan Asvi Warman Adam membenarkan penyataan Bung Karno tersebut. Asvi menambahkan bahwa kalau Bung Karno memiliki timbunan emas, tak seharusnya beliau menjual mobilnya saat kekurangan dana dalam pembangunan patung Pancoran.

Bukan hanya emas, uang milik Bung Karno sebesar 1,74 triliun dikabarkan disimpan di Bank Swiss. Kabar ini merebak setelah muncul di Kronen Zeitung, koran lokal di Australia. Namun, setelah diadakan penelusuran, kabar tersebut hanyalah isapan jempol belaka.

Banyak banget ya uang peninggalan Bung Karno? Sayangnya, masih belum bisa dibuktikan kebenarannya. Bahkan, ada yang udah terbukti hanya isapan jempol semata. Terlepas dari masalah harta peninggalan, Ir. Soekarno masih tetap menjadi idola di hati masyarakat Indonesia hingga kini. Bener kan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES