Bukannya Mendidik, 15 Soal Ujian Ini Malah Bikin Bodoh

18 April 2018
|Iswara Aji Pratama

Setiap orang yang bersekolah pasti pernah merasakan yang namanya ujian. Mulai dari anak Paud atau TK sampai S3 harus melalui ujian yang diberikan agar bisa dilihat perkembangan logikanya. Soal-soal ujian pada masing-masing jenjang pendidikan gak mungkin sama isinya, setiap jenjang punya tingkat kesulitan yang berbeda pula. Akan tetapi, terkadang si pembuat soal ujian atau katakanlah guru pun turut bingung ketika menciptakan soal yang akan diberikan lho. Para pendidik ini dituntut untuk menyesuaikan materi sekolah dengan konteks yang ada ketika soal tersebut dibuat. Tujuan penyesuaian itu dilakukan agar murid bisa menggunakan teori yang sudah diberikan dan menerapkannya pada kondisi di zaman sekarang.

Karena kesulitan penyesuain tersebut, makanya muncul berbagai soal yang dirasa gak masuk akal, dan bahkan gak mendidik. Padahal kalau dipikir-pikir lagi, kenapa ujian yang diberikan bentuknya gak praktik aja yah? Kan pada akhirnya semua yang kita serap dari sekolah harus bisa kita terapkan dalam kehidupan nyata. Menghadapi masalah hidup gak semata-mata selesai cuma dengan menggunakan teori doang. Di bawah ini YuKepo udah ngumpulin berbagai soal ujian nyeleneh yang dirasa kurang pantas untuk disebut sebagai "soal ujian" karena hampir atau tidak sama sekali memiliki bobot pendidikan. Yah semoga aja soal-soal kayak gini gak muncul lagi di masa-masa selanjutnya. Cekidot!

1. Kalau yang ini sebenernya gak ada masalah dengan soalnya, tapi karena yang ngetik soal ngantuk, alhasil pilihan jawabannya pun salah ketik

2. Oh ternyata lagunya Anji udah bisa dipertimbangkan sebagai lagu nasional ya jadi layak untuk masuk ke dalam soal ujian? Gokil nih gurunya

3. Yailah ini soal apaan dah? Males banget mikir ini yang buat soal, gimana Indonesia mau maju kalau ujian sekolahnya begini

4. Karena sinetron GGS cukup populer, makanya dimasukkan ke dalam soal ujian ya? Padahal KPI aja menegur ini sinetron karena sifatnya gak mendidik
5. Udah jelaslah ya jawabannya itu E, Kimochi Waru, kayaknya ini soal terinspirasi dari sosok Miyabi dah

6. Iya benar sekali jawabannya adalah C, benar-benar soal yang susah dan menguras tenaga untuk berpikir

7. Bagus sekali pilihan jawaban yang diberikan, lebih baik susu itu tidak diminum, dilihat aja ya!

8. Help memang tombol yang sangat baik, dia selalu suka membantu jika kita sedang memiliki kesulitan

9. Semua benar! Harapan adalah hidup itu sendiri, tapi jangan terlalu berharap karena bisa sakit hati
10. Tuh kan, mentang-mentang lagi populer batu akik, soal ujian pun isinya mesti batu akik, gila batu

11. Benar, jawaban yang menarik! Soal ini pasti dibuat di lingkungan sekolah perkotaan, di mana ibu para murid sibuk kerja dan pembantu menjadi orang tua pengganti

12. Biar gak ketinggalan zaman, soal bahasa Indonesia pun harus dikaitkan dengan tokoh zaman sekarang, yakni Al Gazali

14. Bonus: Soal yang bikin baper bentuknya begini nih, gak perlu diisi, cukup direnungin aja

Kalau soal ujian di Indonesia modelnya kayak gini semua, gimana ya kira-kira nasib generasi penerus bangsa? Bisa makin buruk atau jadi lebih baik sih. Kalau dilihat dari sudut pandang yang berbeda, soal yang mengambil tokoh-tokoh zaman sekarang, dan sinetron bisa juga membuat para murid jadi lebih peka mengenai keadaan yang ada di sekitar dia. Ya semoga aja harapan baik itu kejadian ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Iswara Aji Pratama
Gak Punya Quote Nih!
SHARES