Bukan Sambal Biasa, Sambal Khas Daerah di Indonesia Ini Bikin Lidahmu Terbakar

19 April 2017
|Atik Kencana S.

Sudah jadi kebiasaan bagi orang Indonesia untuk makan nasi hangat disertai dengan sambal yang bikin mulutmu bergetar dan lidahmu terbakar. Lauk menjadi hal yang ada di posisi nomor sekian apabila kamu dihadapkan pada nasi pulen hangat beserta sambal yang pedasnya asyik. Makan pakai tempe tahu aja udah nikmat banget asalkan sambalnya juara.

Kali ini YuKepo udah merangkum tentang sambal-sambal khas daerah Indonesia yang siap membakar lidahmu. Eitsss, bukan hanya perkara ulek cabai dan bawang aja. Ada ramuan yang lainnya yang bikin sambal ini makin mantap. Penasaran? Yuk langsung kepoin aja!

1. Sambal Roa

Sambal ini bukan sembarang sambal. Soalnya sambal ini dibuat dengan dicampurkan daging ikan Roa yang terkenal di daerah Sumatera Utara. Gak sembarangan dimasak, biasanya ikan Roa ini sebelumnya diasap supaya lebih enak dan lebih awet. Tahu sendiri kan kalau orang Manado itu suka sekali dengan cita rasa pedas? Cobain deh sambal ini.

2. Sambal Tempoyak

Durian memang memiliki daya tarik tersendiri di mata orang Indonesia. Buah yang berbau menyengat ini memang banyak penggilanya di Indonesia. Gak heran kalau banyak makanan yang dipadu-padankan dengan durian. Salah satunya ya sambal tempoyak ini. Tempoyak merupakan hasil fermentasi dari durian. Hasil fermentasi ini bila dicampur dengan cabai maka akan jadi tempoyak. Sambal ini populer sekali di daerah Sumatera Selatan dan Bengkulu. 

3. Sambal Dabu-dabu

Sambal Dabu-dabu ini memang populer di Manado selain sambal Roa. Sambal ini menawarkan cita rasa pedas dan segar. Bedanya, cabai, bawang dan tomat pada sambal ini tidak digiling melainkan hanya diiris kecil-kecil. Rasa segarnya didapatkan dari perasan jeruk nipis. Cocok banget untuk teman makan seafood nih. 

4. Sambal Matah

Bagi yang suka dengan makanan Bali pasti kenal dengan sambal yang satu ini. Hampir sama dengan sambal dabu-dabu, sambal matah ini tidak digerus atau digiling. Melainkan hanya diiris tipis-tipis. Penggunaan daun jeruk purut dan batang serai di sambal ini juga menambahkan cita rasanya yang khas.

5. Sambal Colo-colo

Penggila masakan Ambon pasti familiar dengan sambal yang satu ini. Sambal khas tanah Maluku ini memang biasanya disajikan bersama ikan Colo-colo. Sekilas memang hampir sama dengan sambal yang sering kita jumpai, namun sambal ini menawarkan sensasi rasa pedas dan asam dari perasan jeruk nipis yang segar. 

6. Sambal Honje

Sambal khas dari tanah Sunda tepatnya Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten ini memang unik dibandingkan dengan sambal-sambal lainnya. Penggunaan kecombrang atau honje ini memang merupakan sejenis rempah yang membuat rasa sambal ini menjadi unik. Berniat mencoba? Silahkan datang ke kota asalnya.

7. Sambal Andaliman

Sambal khas Batak ini memang menggunakan bahan yang disebut sebagai andaliman sebagai bahan utamanya. Andaliman merupakan buah yang bentuknya mirip merica dengan warna hijau dan rasanya yang sedikit pedas. Gak hanya untuk sambal, buah andaliman ini memang sering digunakan masyarakat Batak sebagai bahan masakan.

Nah itulah tadi beberapa sambal khas daerah di Indonesia yang beda dengan sambal-sambal lainnya. Sambal-sambal ini dijamin bisa bikin lidahmu terbakar. Selain itu, sambal-sambal tersebut dijamin bisa bikin nafsu makanmu meningkat. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
SHARES