Bukan Mobil Mewah Biasa, Simak Mobil Presiden RI dari Soekarno Hingga Jokowi

otomotif.tempo.co

Pernah gak sih kamu lihat iring-iringan mobil Presiden RI melintas? Kalau pernah pasti kamu juga lihat dong seberapa banyak penjaga yang ada di sekeliling presiden? Malah kadang suka bikin jalanan macet ya. Pernah juga gak sih kamu perhatiin mobil presiden RI yang lagi melintas? Kelihatannya biasa aja ya? Sebenernya gak biasa sama sekali lho.

Mobil Presiden RI memang sekilas terlihat seperti mobil mewah biasa. Tapi kamu tau gak ternyata banyak alat-alat keamanan yang disertakan di setiap inchi mobil tersebut? Wajar sih, presiden gitu lho. Walaupun sudah dikelilingi oleh para Paspampres, cuma tetap aja mobil dinas presiden RI juga harus dirancang seaman mungkin untuk menghindari presiden dari bahaya. Penasaran kan mobil seperti apa sih yang digunakan oleh Presiden RI dari Soekarno hingga Jokowi? Yuk simak di bawah ini!

1. Buick-8 – Soekarno

tirto.id

Soekarno memang selalu punya gaya yang kece kalau soal mobil. Mobil Buick 8 ini adalah mobil hasil rampasan ke penjajah Jepang. Hasil rampasan yang keren ya. Mobil ini merupakan mobil pertama Soekarno paska proklamasi hingga tahun 1949. Mobil yang dirilis pada tahun 1939 ini memiliki daya mesin berkapasitas 5247 cc. Eits tenang, mobil kepresidenan Soekarno bukan hanya mobil Buick ini. Masih ada juga mobil Mercy 600, Chrysler Imperial dan lain-lain. Banyak deh.

2. Mercedes-Benz 500SEL tahun 1987 – Soeharto

fastnlow.net

Mobil dengan tipe limousine keluaran tahun 1987 ini digunakan oleh Presiden RI ke-2 yaitu Soeharto. Hebatnya, spesifikasi mobil ini disetarakan dengan mobil Presiden Amerika Serikat pada saat itu Bill Clinton dan Ratu Elizabeth II. Sistem keamanan mobil ini juga bisa dikatakan canggih lho, body mobil ini dilengkapi dengan kaca anti peluru setebal 3 inchi dan juga dilengkapi baja dan platina hitam yang tahan sekalipun diberondong peluru dan digempur mortir. Pokok’e enak zamanku toh?

3. Mercedes-Benz S600 tahun 1994 – Soeharto, Habibie, Gus Dur, Megawati, SBY

travel.tribunnews.com

Mobil ini adalah mobil dinas kepresidenan RI terlama yang perna digunakan. Pasalnya, mobil ini digunakan oleh 5 Presiden RI. Mobil ini pertama kali digunakan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1995 dan berlanjut hingga kepemimpinan Presiden SBY periode pertama. Ya bisa dihitung lah siapa aja yang pakai mobil mewah ini. By the way, mobil ini juga dilindungi oleh sistem keamanan yang canggih lho. Body dan kaca yang anti peluru. Jadi gak usah takut kena tembak atau serangan mortir lah kalau naik mobil ini. Aman kok.

4. Mercedes-Benz S600 tahun 2008 – SBY

bramantiosetiaku.blogspot.co.id

Mobil ini digunakan oleh Presiden SBY pada masa pemerintahan periode keduanya. Mobil ini sudah memegang lisensi B6/B7 yang berarti sudah menggunakan standar proteksi keamanan tertinggi yang ada di mobil. Mobil ini juga aman kok dari peluru dan ledakan bom. Selain memiliki body yang anti peluru, mobil ini juga disertai oleh tabung oksigen sebagai perlindungan dari gas beracun.

5. Mercedes-Benz S600 Pullman Guard – Jokowi

beritaindonesiaweb.blogspot.co.id

Nah ini nih mobil yang digunakan oleh Presiden Jokowi. Mobil ini mewah ini merupakan mobil teraman yang di dunia yang memang digunakan oleh para pemimpin negara. Sama dengan mobil Mercy S600 punya SBY, mobil ini juga mengantongi lisensi keamanan B6/B7. Gak hanya memiliki body dan kaca yang anti peluru. Mobil ini juga kuat terhadap ledakan. Mobil ini apabila kempes atau bocor ternyata masih bisa melaju sejauh 60 km.

Demi keamanan sang presiden, mobil ini juga dilengkapi oleh sistem pemadam kebakaran yang mampu mengunci titik penyebaran api. Soal sensor jangan ditanya lagi, mobil ini juga dilengkapi oleh panic alarm system untuk memberitau saat ada ancaman. Keren banget deh. 

Wajar aja sih ya namanya juga mobil dinas presiden. Udah pasti soal keamanan juga menjadi faktor yang harus selalu ada dalam setiap langkah sang presiden. Karena kalau sampai presiden sampai celaka, wah kestabilan negara juga jadi terancam toh?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Predator Seksual di Dating Apps Kembali Terkuak, Sudah Makan Korban Hingga 150 Orang! | Keepo.me

Predator Seksual di Dating Apps Kembali Terkuak, Sudah Makan Korban Hingga 150 Orang! | Keepo.me

Miris, Tergerus Modernisasi Suku Pedalaman di Indonesia ini Akan Punah

Miris, Tergerus Modernisasi Suku Pedalaman di Indonesia ini Akan Punah

Mengira Dibawakan Bekal Makanan Idaman, Isinya Justru Bikin Warganet Auto Ngakak | Keepo.me

Mengira Dibawakan Bekal Makanan Idaman, Isinya Justru Bikin Warganet Auto Ngakak | Keepo.me

Simak 10 Mobil Antik Soekarno yang Bikin Gayamu Makin Berkelas

Simak 10 Mobil Antik Soekarno yang Bikin Gayamu Makin Berkelas

Inilah Sosok Dewi Keke, Wanita yang Jadi Istri Kedua Azis Gagap | Keepo.me

Inilah Sosok Dewi Keke, Wanita yang Jadi Istri Kedua Azis Gagap | Keepo.me

Indonesia Patut Bangga, Prestasi Kontingen Garuda Berhasil Ciptakan Perdamaian Dunia

Indonesia Patut Bangga, Prestasi Kontingen Garuda Berhasil Ciptakan Perdamaian Dunia

loading