Bikin Bangga, Inilah Beberapa Orang Indonesia yang Memiliki Hak Paten Dunia

www.kabarin.co

Anggapan yang menyebutkan bahwa orang Indonesia termasuk dalam kalangan orang bodoh rasanya bisa ditepis dengan kemunculan banyak prestasi. Prestasi yang tidak hanya diakui di dalam negeri, tapi juga di luar negeri. Bukan perkara mudah memang untuk menghasilkan prestasi semacam itu. Mengingat persaingan antar negara juga sangat ketat.

Indonesia memang bangkit dari keterpurukan semenjak zaman kolonial. Taring Indonesia mulai muncul dalam ajang-ajang prestisius dunia. Bukan hanya mengharumkan nama bangsa, tapi juga seakan memberikan semangat motivasi bagi rakyat Indonesia yang lain untuk berprestasi.

Bukan tanpa bukti, kali ini YuKepo mau kasih tau kamu beberapa orang Indonesia yang memiliki hak paten dunia atas penemuan-penemuannya. Penemuan yang bisa dimanfaatkan oleh orang banyak, tak hanya di Indonesia tapi juga di kancah dunia. Siapa saja mereka? Yuk langsung kita kepoin aja!

1. Prof. Nelson Tansu

www.youtube.com

Mungkin nama ini hanya banyak dikenal oleh kalangan ilmuwan baik dalam maupun luar negeri. Prof. Nelson Tansu merupakan pakar teknologi nano yang menjadi kunci perkembangan sains di masa depan. Pria yang lahir pada tanggal 20 Oktober 1977 ini mampu memberdayakan sinar laser dengan penggunaan listrik yang sangat hemat. Bayangkan saja, bila biasanya sinar laser memperlukan 100 watt tenaga listrik, di tangan Prof. Nelson laser tersebut hanya membutuhkan 1,5 watt. 

2. Prof. Dr. Khoirul Anwar

vivanews1.rssing.com

Siapa yang sangka bahwa kemunculan sistem telekomunikasi 4G yang bisa kita rasakan sekarang ini ternyata lahir dari pria kelahiran Kediri 1978 lalu. Tidak cukup sampai di situ, patennya yang kedua ia mencoba menduduki kecepatan yang lebih tinggi dengan menghilangkan guard interval (GI). Menurut beberapa ilmuwan hal itu tidak akan berhasil karena frekuensi akan bertabrakan. Namun dengan penggunaan algoritma yang dikembangkan, Prof. Khoirul mampu menghilangkan interferensi tersebut.

3. Prof. Dr. Ken Kawan Soetanto

www.berkuliah.com

Gak hanya satu atau dua, profesor kelahiran Surabaya ini mematenkan sebanyak 31 penemuannya untuk bidang farmasi, interdisipliner ilmu elektronika dan kedokteran. Kehebatannya ia mampu menggabungkan empat disiplin ilmu yang berbeda dengan dibuktikannya empat gelar doktor yang dimilikinya. Keempat bidang itu adalah bidang elektronik terapan dari Tokyo University of Technology, Ilmu Farmasi di Science University of Tokyo, Ilmu kedokteran dari Tohoku University hingga Ilmu Pendidikan di Waseda University. Berapa lama ya dia belajarnya?

4. Johny Setiawan, Ph. D

siradel.blogspot.co.id

Siapa yang sangka bahwa Johny Setiawan, Ph.D ini adalah seorang penemu planet pertama yang mengelilingi bintang baru yang bernama TW Hydrae. Hal yang sangat spektakuler ini menjadi perbincangan di antara astronom karena dari 270 planet yang ada di luar tata surya tidak ada satupun yang muncul dari sebuah bintang muda. 

5. Prof. Dr. Yow-Pin Lim

www.providencejournal.com

Yow-Pin Lim merupakan pendiri Chief Scientific Officer Pro Thera Biologics yaitu sebuah perusahaan yang berada di Rhode Island, Amerika Serikat. Riset yang dihasilkan oleh beliau menyumbang banyak kontribusi pada pemahaman terhadap suatu molekul kompleks pada fungsi organ manusia dan juga berbagai penyakit seperti anthrax, sepsis dan kanker. Hak paten yang diperoleh oleh Lim diantaranya adalah Preparative Electrophoresis Device and Methods for Detecting Cancer of the Central Nervous System yang menjadi acuan utama di rumah sakit Amerika Serikat.

6. Prof. Dr. Ing. BJ Habibie

www.campusnesia.co.id

Kalau yang satu ini dirasa sudah kenal semua ya. Beliau pernah menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia yang keempat. Siapa yang sangka bahwa pria kelahiran 21 Mei 1998 ini memiliki 46 hak paten dalam bidang Aeronautika. Pria yang menjabat sebagai presiden selama 518 hari ini pernah teribat dalam proyek perancangan pesawat terbang antara lain Fokker 28, N-250, N-2130 dan kendaraan militer Transall C-130. 

Nah, itulah tadi 6 orang Indonesia yang memiliki hak paten di dunia. Kehadiran 7 orang tersebut seperti memberi semangat baru untuk berprestasi lagi bagi para pemuda tentunya. Keberhasilan mereka menjadi contoh nyata bagi bangsa Indonesia bahwa kita bukanlah bangsa yang malas dan bodoh. Diharapkan kedepannya akan muncul lagi para ilmuwan-ilmuwan Indonesia yang siap menghantarkan dunia pada pembaharuan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Kekurangan Fisik Bukan Halangan, 7 Aktor Bertubuh Mungil Ini Sukses Berkarier di Dunia Hiburan | Keepo.me

Kekurangan Fisik Bukan Halangan, 7 Aktor Bertubuh Mungil Ini Sukses Berkarier di Dunia Hiburan | Keepo.me

7 Makanan Fermentasi Khas Indonesia ini Bukti Kejeniusan Kuliner Indonesia

7 Makanan Fermentasi Khas Indonesia ini Bukti Kejeniusan Kuliner Indonesia

Terjerat Tali, Seekor Paus Datangi Kelompok Nelayan Seakan Minta Pertolongan! | Keepo.me

Terjerat Tali, Seekor Paus Datangi Kelompok Nelayan Seakan Minta Pertolongan! | Keepo.me

Kawasan Pecinan yang Ada di Indonesia Ini Bukti Toleransi Antaragama

Kawasan Pecinan yang Ada di Indonesia Ini Bukti Toleransi Antaragama

Kann Trichan "Iron Man" dari Thailand yang Tangannya Nggak Pernah Melepuh | Keepo.me

Kann Trichan "Iron Man" dari Thailand yang Tangannya Nggak Pernah Melepuh | Keepo.me

Sejarah Musik Dangdut di Indonesia ini Membuktikan Bahwa Dangdut Adalah Musik Dinamis

Sejarah Musik Dangdut di Indonesia ini Membuktikan Bahwa Dangdut Adalah Musik Dinamis

loading