Berhasil Bikin Takut Tentara Belanda, Inilah 5 Kehebatan Pasukan Hantu di Kalimantan. Dahsyat!

www.netralnews.com

Dari beberapa bangsa yang pernah menjajah Indonesia di masa lalu, perlawanan terhadap Belanda-lah yang paling berat dan panjang. Karena itu, banyak pula cerita tentang perang melawan Belanda, termasuk cerita mengenai kehebatan perang orang Dayak. Saking hebatnya, mereka sampai bikin Belanda kewalahan dan kocar-kacir. Bahkan, Belanda menjuluki pasukan perang Dayak sebagai pasukan hantu. Emang kira-kira apa aja sih penyebab orang Dayak begitu hebat dalam berperang, sampai dijuluki pasukan hantu? Dikutip dari berbagai sumber, berikut jawabannya. Simak bareng, yuk!

1. Sangat menguasai medan

tirto.id

Hutan adalah bagian dari kehidupan dan keseharian orang Dayak. Sejak lahir hingga dewasa, mereka berada di lingkungan hutan sehingga hutan sudah dikenal bagaikan telapak tangan mereka sendiri. Jadi, ketika pasukan Belanda masuk ke hutan dan menyerang, orang Dayak dapat menang dengan mudah karena mereka sudah sangat menguasai medan. Itulah salah satu penyebab Belanda tidak bisa menguasai wilayah-wilayah pedalaman di Kalimantan.

2. Fisik yang sudah sangat terlatih dengan sendirinya

beritagar.id

Orang Dayak memang tidak memperoleh pelatihan militer khusus seperti halnya pasukan Belanda, tetapi mereka adalah pasukan perang yang tidak kalah kuat dan hebat. Secara alamiah, kemampuan fisik orang Dayak sudah sangat terlatih. Hidup di lingkungan alam yang keras telah membuat orang Dayak pandai mengenali keadaan, cekatan dalam membaca tanda bahaya, sergap, dan memiliki kemampuan berburu yang hebat.

3. Kemampuan bergerak secepat hantu

koleksicerita1.blogspot.co.id

Hidup di tengah hutan tidak lepas dari serangan hewan buas dan bahaya lainnya sehingga orang Dayak menjadi terbiasa bergerak cepat dan pandai berkamuflase untuk menghindari segala bentuk bahaya. Bagi pasukan perang Dayak, kemampuan itu juga berlaku untuk mengatasi dan mengecoh pasukan Belanda. Mereka dapat tiba-tiba muncul lalu menghilang dengan cepat. Saking cepat pergerakannya, pasukan Belanda sampai menjulukinya pasukan hantu.

4. Motivasinya yang sangat kuat
www.kaskus.co.id

Dalam apa pun itu, termasuk perang, motivasi dan niat tentu saja memegang peranan nomor satu. Sekuat apa pun fisik, strategi, dan senjata perang, kalau motivasi dan niatnya rendah, ya tetap bakal mudah untuk dikalahkan. Wah, kalau orang Dayak mah jangan dipertanyakan lagi karena motivasi, niat, dan semangat juangnya sudah pasti sangat tinggi. Prinsip mereka adalah “tidak bakal mengusik kalau tidak diusik”, jadi begitu pasukan Belanda mengusik mereka, makin mantap deh motivasi untuk menyerang baliknya.

5. Senjata sumpit yang sangat mematikan
beritagar.id

Ini nih senjata tradisional andalan orang Dayak yang nggak kalah hebat dari senapan sniper. Apalagi kalau bukan sumpit beracun! Di masyarakat Dayak, sumpit adalah senjata mematikan yang biasanya digunakan untuk berburu hewan. Anak panah yang disumpit ini biasanya dibubuhi racun ganas sehingga hewan yang terkena bidikan sumpit ini akan  langsung kejang dan terkencing-kencing, bahkan langsung tewas jika tidak segera diobati. Ketika berperang dengan Belanda, senjata ini telah berhasil membuat banyak prajurit Belanda terkapar. Kedahsyatan racun anak panah sumpit inilah yang membuat pasukan Belanda kemudian takut mengusik wilayah orang Dayak.

Kemampuan perang pasukan Dayak emang top. Jangan berani-berani mengusik orang Dayak deh kalau gitu. Nggak cuma orang Dayak sih, intinya kalau kita nggak mau diusik ya jangan mengusik kehidupan orang lain. Mudah, kan? Tapi dalam hidup, bukankah itu prinsip yang cukup utama?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Geger Komikus Jepang Menyindir Jokowi, Inilah Nasib 5 Orang yang Pernah Menghina Beliau!!

Geger Komikus Jepang Menyindir Jokowi, Inilah Nasib 5 Orang yang Pernah Menghina Beliau!!

Sampai Memprotes Museum Asia Afrika, Begini Kekaguman Nelson Mandela Terhadap Bung Karno!

Sampai Memprotes Museum Asia Afrika, Begini Kekaguman Nelson Mandela Terhadap Bung Karno!

Mengintip Gaya Menteri Susi Saat Kalahkan Sandiaga Uno di Ajang Festival Danau Sunter

Mengintip Gaya Menteri Susi Saat Kalahkan Sandiaga Uno di Ajang Festival Danau Sunter

Inilah 10 Judul Berita Koran Paling Gila yang Bisa Bikin Pembacanya Juga Ikutan Gila

Inilah 10 Judul Berita Koran Paling Gila yang Bisa Bikin Pembacanya Juga Ikutan Gila

Begini Kisah Sjafruddin, Mantan Presiden Indonesia yang Membelot Jadi Pemberontak dan Terlupakan. Miris!

Begini Kisah Sjafruddin, Mantan Presiden Indonesia yang Membelot Jadi Pemberontak dan Terlupakan. Miris!

Brebes Tertimpa Bencana Longsor Hebat, Begini Foto-Foto Keadaannya Kini. Duh, Ingin Nangis!

Brebes Tertimpa Bencana Longsor Hebat, Begini Foto-Foto Keadaannya Kini. Duh, Ingin Nangis!

loading