Berbagai Upacara Pemakaman di Indonesia ini Bikin Kamu Makin Hormat Sama Leluhur

www.brilio.net

Berhubung Indonesia memang memiliki budaya yang cukup kental, gak heran kalau masih banyak dilakukan upacara baik untuk kelahiran, pernikahan bahkan hingga kematian. Setiap daerah pasti memiliki perbedaan mengenai upacara tersebut. Kali ini YuKepo mau bahas mengenai upacara pemakaman yang dilakukan di Indonesia. Upacara ini dilakukan berdasarkan adat dan budaya masing-masing daerah dengan segala keunikannya. Saking uniknya, tradisi kematian ini seringkali menjadi daya tarik domestik maupun mancanegara untuk melihatnya. Penasaran tradisi seperti apa? Yuk langsung aja kepoin.

1. Ngaben – Bali

student.unud.ac.id

Upacara pemakaman yang berasal dari Bali ini memang sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia. Upacara kematian ini dilakukan dengan maksud untuk mengirim jenazah kepada kehidupan yang akan datang. Ngaben juga menjadi simbol menyucikan roh atau jiwa yang sudah meninggal sebelum kembali ke Sang Pencipta. Dalam upacara ini, hampir tidak ada isak tangis yang mengiringi jenazahnya karena kematian ini dianggap sebagai gerbang menuju kehidupan kembali (reinkarnasi) atau sang roh akan menemukan tempat peristirahatan terakhir (Moksha) di mana roh tersebut sudah bebas dari reinkarnasi dan roda kematian.

2. Rambu Solo – Toraja

www.boombastis.com

Rambu Solo merupakan sebuah upacara pemakamanbagi budaya Toraja. Upacara kematian ini dilakukan sebagai simbol penghormatan terhadap leluhur yang sudah meninggal. Masyarakat Toraja percaya bahwa ada kehidupan “dunia” setelah meninggal dan di tempat itulah para leluhur mereka berada dalam keabadian. Selain sebagai upacara kematian, Rambu Solo juga berfungsi sebagai upacara penyempurnaan kematian. Menurut mereka, upacara inilah yang menjadi penentu kelangsungan roh para leluhur mereka setelah meninggal, akankah jadi arwah gentayangan, arwah setingkat dewa atau arwah pelindung. 

3. Potong Jari – Suku Dani

travel.detik.com

Tradisi upacara pemakaman yang paling sadis mungkin ada di Suku Dani, Lembah Baliem, Papua. Upacara pemakaman di suku ini mewajibkan seseorang untuk memotong jarinya ketika ada keluarga yang meninggal. Hal ini merupakan simbol rasa duka cita yang mendalam terhadap berpulangnya salah satu anggota keluarga. Tradisi ini lebih banyak dilakukan oleh para wanita, walaupun gak menutup kemungkinan untuk laki-laki juga ikut memotong jarinya ketika sang istri tidak memiliki orang tua dan sanak saudara. 

4. Saur Matua – Sumatera Utara

batak-network.blogspot.co.id

Saur Matua merupakan prosesi kematian yang dilakukan untuk jenazah yang sudah mencapai umur yang bisa dikatakan tua. Dalam arti lain jenazah tersebut sudah menikahkan seluruh anaknya terlebih secara adat dan sudah memiliki keturunan. Jadi, tidak semua orang batak bisa dimakamkan dengan adat ini. Perbedaan jenazahnya cukup terlihat jelas, biasanya tangan jenazah ditelungkupkan di atas perut, kalau Saur Matua tangan jenazahnya diletakkan di samping badan.  

 

 

5. Tiwah – Suku Dayak

www.topsy.fr

Tiwah merupakan upacara pemakaman yang dilakukan oleh Suku Dayak di Kalimantan Tengah. Upacara ini dilakukan dengan menyucikan dan memindahkan jasad dari liang kubur menuju ke suatu tempat yang disebut Sandung. Upacara ini dilakukan setelah orang yang sudah meninggal setelah sekian lama, gak heran kalau hanya sisa tulang belulang. Upacara ini dilakukan dengan maksud meluruskan jalan roh orang yang sudah meninggal menuju Lewu Tatau atau surga sehingga dapat mencapai kehidupan yang damai. 

6. Sirang-sirang – Batak Sembiring

www.boombastis.com

Sirang-sirang merupakan upacara pemakaman yang dilakukan dengan cara kremasi. Upacara Sirang-sirang ini dilakukan oleh masyarakat Batak Suku Karo dengan marga Sembiring. Bedanya dengan upacara kremasi lainnya, proses kremasi pada upacara Sirang-sirang ini hanya dilakukan oleh seorang dukun dan 4 orang sindapur (pembakar mayat), sementara anggota keluarganya harus kembali ke rumah. Setelah selesai dikremasi, abu jenazah harus segera dibuang ke sungai terdekat, gak lupa sisa-sisa upacara kematian tersebut juga harus segera dibersihkan agar tidak dimanfaatkan oleh orang yang menganut ilmu hitam.

7. Brobosan – Jawa

www.youtube.com

Jawa memang gak pernah lepas dari tradisinya yang masih dipegang teguh hingga sekarang ini. Sama seperti daerah lain, Jawa juga memiliki tradisi upacara kematian yang terbilang unik. Nama upacara kematian ini adalah Brobosan. Upacara Brobosan ini bertujuan untuk memberikan penghormatan yang terakhir kalinya pada jenazah sebelum dimakamkan.

Tata cara melakukan Brobosan ini adalah ketika keranda sudah ada di luar rumah tepatnya setelah selesai dibacakan doa sebelum berangkat ke pemakaman. Kemudian keranda ini diangkat dengan posisi yang lebih tinggi dan dalam keadaan berhenti. Selanjutnya setiap anggota keluarga melintas melalui bawah keranda satu per satu dengan urutan anak laki-laki tertua disusul dengan anak perempuan dan cucu-cucunya. Berjalannya juga tidak sembarangan, harus sebanyak tiga kali dan searah jarum jam. 

Memang gak sembarangan ya mengenai upacara pemakaman yang ada di Indonesia. Beberapa upacara di atas bahkan bisa menghabiskan dana hingga ratusan juta rupiah karena rangkaian acaranya yang banyak. Semoga upacara-upacara seperti ini gak akan hilang dimakan zaman ya. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Manfaat Daun Sirsak untuk Obat, dan Khasiatnya untuk Wanita | Keepo.me

Manfaat Daun Sirsak untuk Obat, dan Khasiatnya untuk Wanita | Keepo.me

'Belum Makan Kalau Belum Makan Nasi', Inilah Kebiasaan Makan Nasi Orang Indonesia

'Belum Makan Kalau Belum Makan Nasi', Inilah Kebiasaan Makan Nasi Orang Indonesia

19 Arti Mimpi yang Paling Sering Dialami Oleh Orang. Ternyata Punya Makna Tersendiri | Keepo.me

19 Arti Mimpi yang Paling Sering Dialami Oleh Orang. Ternyata Punya Makna Tersendiri | Keepo.me

Tak Banyak Berubah, Berikut Perbandingan Kehidupan Suku Dayak Kalimantan Dulu dan Sekarang

Tak Banyak Berubah, Berikut Perbandingan Kehidupan Suku Dayak Kalimantan Dulu dan Sekarang

Mengenal Berbagai Jenis Ucapan Belasungkawa dalam Berbagai Agama dan Bahasa | Keepo.me

Mengenal Berbagai Jenis Ucapan Belasungkawa dalam Berbagai Agama dan Bahasa | Keepo.me

Kehebatan Soekarno Sudah Dimilikinya Sejak Kecil Hingga Maut Menjemput

Kehebatan Soekarno Sudah Dimilikinya Sejak Kecil Hingga Maut Menjemput

loading