Begini Perbandingan 10 Lambang Kota Indonesia Dulu dan Sekarang, Kayak Game of Thrones!

29 November 2017
|Muhammad Sidiq Permadi
0SHARES

Lambang adalah sesuatu yang dapat dikatakan sebagai sebuah simbol yang mencerminkan nilai-nilai yang terkandung di dalam suatu kelompok atau organisasi. Dengan adanya sebuah lambang, suatu kelompok memiliki identitas tersendiri yang membedakan mereka dengan kelompok yang lain. Lambang dalam hal ini bisa dalam bentuk yang bermacam-macam. Misalnya dalam sebuah geng, lambang yang digunakan biasanya berupa tato; dalam sebuah pertandingan sepak bola, kartu merah adalah lambang yang memiliki makna pengusiran terhadap seorang pemain; dan sebagainya. Jadi, lambang itu bisa berupa gesture, gambar, maupun warna.

Indonesia sebagai wilayah yang dihuni oleh berbagai macam suku, adat, dan kebudayaan juga harus memiliki lambang sebagai identitas mereka. Lambang yang dipilih adalah warna merah dan putih dalam bentuk bendera. Selain itu, karena Indonesia ini terdiri atas beberapa wilayah yang tentunya memiliki kebudayaan yang berbeda-beda, maka sangat wajar jika lambang dari wilayah yang satu berbeda dengan wilayah lainnya. Selain untuk menunjukkan identitas mereka, lambang tersebut juga memiliki makna filosofis yang cukup mendalam, baik mengenai sejarah terbentuknya wilayah tersebut atau berbagai harapan ingin diwujudkan oleh wilayah tersebut. Nah, dalam artikel kali ini, YuKepo ingin mengajak kamu semua melihat berbagai lambang kota yang ada di Indonesia. Tentunya dengan sedikit sentuhan perbandingan, yakni antara lambang kota yang dahulu dengan yang sekarang. Penasaran seperti apa wujud serta perubahan yang dimiliki oleh lambang kota ini pada zaman dahulu hingga sekarang? Daripada berlama-lama, mending langsung aja, yuk kita kepo!

1. Semarang

2. Jakarta

3. Bandung

4. Makassar

Yap, itulah tadi sepuluh perbandingan antara berbagai lambang kota pada zaman kolonial dengan zaman sekarang. Ada yang berbeda banget, ada pula yang gak terlalu berbeda. Namun baik lambang kota zaman dahulu maupun zaman sekarang sama-sama mengandung makna serta nilai filosofisnya tersendiri. Karena Indonesia terdiri atas beragam budaya serta bentang alam yang berbeda di tiap daerahnya, maka memang sangat wajar jika gambar yang terdapat dalam lambang tersebut hampir menunjukkan kekuatan yang terdapat pada wilayah itu sendiri. Menurutmu, lambang kota mana yang paling keren?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
0SHARES